6 Tips Ampuh Merawat Rambut Diwarnai

Cat rambut bisa membuat rambut menjadi rusak. Tapi jangan khawatir, lakukan tips merawat rambut diwarnai berikut agar tetap terjaga kesehatannya.
Tips Merawat Rambut (Foto; Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Cat rambut telah lama digunakan di dunia kecantikan. Selain mengikuti warna tren, menggunakan pewarna rambut juga bisa menutupi uban. Meski bermanfaat untuk mempercantik fisik, cat rambut mengandung sejumlah zat kimia yang bisa merusak rambut. Oleh karena itu, merawat rambut diwarnai perlu rutin dilakukan.

Tak heran jika banyak orang justru memiliki rambut rusak setelah mengecat rambut. Tapi jangan khawatir, terdapat beberapa cara perawatan agar rambut tetap sehat walau telah diwarnai.

Baca Juga

Dijelaskan oleh dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, berikut penjelasannya:

1. Gunakan Vitamin Rambut

Ada banyak vitamin rambut yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan nutrisi rambut yang hilang setelah dicat. Bentuk vitaminnya pun bermacam-macam, mulai dari vitamin rambut yang berbentuk minyak, spray, hingga vitamin yang diminum. Pilihlah vitamin yang memang sudah tepercaya, agar hasilnya pun maksimal.

Artikel menarik: Kenali Arti Kondisi Rambut bagi Kesehatan Tubuh Anda

2. Gunakan Sampo Khusus

Dr. Nabila menyarankan, sampo yang digunakan harus sampo khusus untuk rambut dicat. Hal ini berguna untuk menutrisi kembali rambut yang rusak setelah diwarnai.

“Dalam sampo khusus rambut dicat, biasanya nutrisi dan vitaminnya lebih banyak dan kelembapannya pun lebih tinggi ketimbang jenis sampo lainnya,” ujar dr. Nabila pada KlikDokter.

3. Jangan Bilas Rambut dengan Air Panas

Air panas bisa membuat rambut menjadi semakin kering dan mengangkat lapisan kutikula luar. Selain lebih kering, warna rambut juga semakin cepat memudar dan tidak tahan lama. Oleh karena itu, sesuaikan suhu air saat mencuci rambut. Gunakan air suam-suam kuku atau dingin saat membilas.

4. Gunakan Kondisioner

Pemakaian kondisioner khusus untuk rambut diwarnai dapat melembapkan rambut. Produk ini juga membantu melindungi dan mencegah warna rambut cepat memudar.

 

1 dari 2

Selanjutnya

loading

5. Gunakan Hair Mask

Menggunakan Hair Mask
loading

Selain kondisioner, penggunaan hair mask atau masker rambut juga diperlukan untuk melembapkan dan merawat rambut yang patah akibat dicat. Caranya, usapkan hair mask pada ujung rambut secara merata. Diamkan selama 2-3 menit dan bilas menggunakan air dingin. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Artikel menarik: Ketahui 5 Penyebab Rambut Rontok

6. Potong Rambut

“Jika dalam 3 bulan rambut Anda semakin rusak dan kering, maka sebaiknya Anda memotong ujung rambut. Sehingga, rambut yang rusak dapat hilang dan tidak memperburuk kondisi serta penampilan rambut,” jelas dr. Nabila.

Prosedur Mengecat Rambut

Jenis cat rambut yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua, yaitu berbahan dasar alami dan berbahan dasar kimia. Cat rambut alami atau natural biasanya digunakan untuk mengubah warna rambut dengan melapisi batang rambut dengan warna yang baru.

Meski berbahan dasar natural, cat rambut alami tidak menjamin 100% aman digunakan oleh setiap orang. Pada beberapa orang berkulit sensitif, penggunaan cat rambut jenis ini bisa menyebabkan reaksi alergi.

Baca Juga

Sedangkan, cat rambut berbahan dasar kimia terdiri dari beberapa jenis antara lain cat rambut temporer, bleaching, dan permanen. Ketika melakukan pengecatan pada rambut, lapisan terluar dari batang rambut (cuticle) harus dibuka oleh amonia. Sehingga, bahan kimia dari cat rambut dapat masuk ke dalam batang rambut.

Cat rambut kimiawi mengandung peroksida. Zat ini berperan melakukan oksidasi pada rambut untuk mengeluarkan warna alaminya, lalu digantikan dengan warna yang sesuai

Itulah tips merawat rambut diwarnai. Sebelum memutuskan untuk mengecat rambut, pertimbangkan dengan baik jenis bahan dasar cat rambut yang akan digunakan. Jika memiliki riwayat kulit sensitif atau alergi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

(FR/RPA)

 

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Mengenali Alergi Sperma pada Wanita

Info Sehat
08 Des

Ini Hubungan antara Alergi Jagung dan Peningkatan Sel Darah Putih

Info Sehat
04 Des

Penyebab Pusing setelah Makan Kerang, Padahal Tidak Alergi

Info Sehat
07 Okt

BAB Bayi Berbusa, Bahayakah?

Info Sehat
06 Okt

Bolehkah Menjemur Pakaian di Dalam Rumah?

Info Sehat
25 Sep

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk