Manfaat Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi yang Perlu Anda Tahu

Berkumur dengan garam mungkin cara rumahan yang paling banyak dilakukan saat sakit gigi. Namun, ada cara lain yang tak kalah efektif, yakni dengan minyak cengkeh.
Manfaat Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi yang Perlu Anda Tahu

Klikdokter.com, Jakarta Munculnya sakit gigi memang dapat membuat penderitanya tersiksa. Umumnya seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasa tidak nyaman, terutama saat beraktivitas.

Berkumur dengan air garam hangat mungkin menjadi pengobatan rumahan yang sering dilakukan saat sakit gigi. Namun, masih ada cara lainnya yang tak kalah efektif, yakni dengan menggunakan minyak cengkeh.

Sebenarnya, apa manfaat minyak cengkeh untuk sakit gigi? Seberapa efektifkah? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Atasi Sakit Gigi

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kandungan cengkeh dapat meringankan sakit gigi. Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang berasal dari keluarga pohon myrtaceae dan mengandung bahan aktif eugenol.

Bahan ini dapat berperan sebagai obat bius alami dengan mematikan sinyal saraf pemicu sakit. Nyeri pun bisa berkurang, termasuk sakit gigi. Tak hanya itu, eugenol memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa nyeri akibat peradangan tersebut.

Dalam Journal of Dentistry, dilaporkan bahwa minyak cengkeh mampu menggantikan peran obat benzocaine untuk meredakan nyeri ringan. Benzocaine sendiri adalah obat bius lokal yang bekerja menghambat sinyal saraf di tubuh. 

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

1 dari 3

Efek Samping Penggunaan Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh
loading

Minyak cengkeh hanya boleh dimanfaatkan sebagai obat luar yang dioles pada gigi. Kendati aman digunakan untuk mengatasi sakit gigi, penggunaan yang berulang atau terlalu sering dan tidak sengaja tertelan dapat memiliki efek samping.

Berikut efek samping minyak cengkeh yang bisa terjadi:

  • Kerusakan pada gusi
  • Kerusakan jaringan lunak di dalam mulut
  • Menimbulkan sensitivitas dan iritasi serta merusak jaringan gigi
  • Sakit tenggorokan
  • Rasa panas terbakar pada mulut, hidung dan tenggorokan
  • Sakit perut
  • Sariawan
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah

Minyak ini juga tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki kelainan darah. Sebab, senyawa eugenol dalam minyak cengkeh dapat menghambat proses pembekuan darah dalam tubuh. Selain itu, minyak ini tidak boleh digunakan pada anak-anak, ibu hamil, lansia, dan mereka yang mempunyai penyakit tertentu.

Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi. Berlebihan dalam penggunaannya justru dapat memperburuk keadaan. Ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter gigi agar mendapat petunjuk yang tepat.

Artikel Lainnya: Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Gigi

2 dari 3

Cara Menggunakan Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi

Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi
loading

Minyak cengkeh adalah produk yang diekstrak dan dipekatkan dari suatu tanaman. Untuk menggunakannya, Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tuang beberapa tetes minyak cengkeh dengan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam piring.
  • Rendam kapas steril yang sudah digulung kecil dengan minyak tersebut.
  • Peras kapas untuk membuang kelebihan minyak.
  • Oles secara perlahan pada daerah yang terasa sakit atau letakkan bola kapas pada area tersebut selama beberapa saat.
  • Ulangi kembali langkah di atas jika rasa sakit pada gigi muncul lagi.

Minyak cengkeh bukanlah solusi utama untuk mengatasi sakit gigi. Minyak ini hanya menekan saraf tertentu agar rasa sakit hilang sementara waktu. Oleh karena itu, Anda tetap mesti ke dokter gigi untuk mengobati gigi yang bermasalah secara total.

Baca Juga

Kini, Anda sudah tahu bahwa manfaat minyak cengkeh untuk sakit gigi memang terbukti. Namun, agar rasa sakit tak muncul kembali, sebaiknya periksakan kondisi Anda ke dokter gigi untuk dicari penyebabnya sehingga dapat ditangani dengan tepat.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat cengkeh untuk sakit gigi? Silakan berkonsultasi melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Getah Jarak untuk Mengatasi Nyeri Sakit Gigi

Info Sehat
29 Mei

Daftar Makanan yang Efeknya Buruk bagi Gigi

Info Sehat
13 Mei

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengatasi Gigi Sensitif

Info Sehat
14 Apr

Otak Tak Mampu Bedakan Sumber Rasa Sakit Gigi, Mengapa?

Info Sehat
03 Apr

Ancaman Karies Mengintai Para Atlet

Info Sehat
20 Mar

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk