Cek Dulu, Ini Makanan yang Bisa Redakan Rematik!
searchtext customer service

Ngilu di Sendi Kambuh? Konsumsi Makanan Ini untuk Redakan Rematik

Ternyata meredakan rematik bukan hanya lewat obat dan terapi saja, Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan berikut ini. Apa saja, ya?
Aneka Buah Berry (Foto: Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda sering merasa nyeri di daera persendiani? Jika ya, bisa jadi Anda terkena rematik. Secara umum, rematik memang sulit untuk disembuhkan. Namun, dengan mengonsumsi makanan yang tepat,  risiko dan gejalanya bisa berkurang. Itu sebabnya, yuk, intip beberapa makanan yang ampuh redakan gangguan persendian ini.

1 dari 3

Peran Buah dan Sayur

Aneka Buah dan Sayur (Foto: Shutterstock)
loading

Rematik atau dalam bahasa medisnya adalah Artritis Reumatoid (AR) merupakan suatu penyakit autoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Bagian tubuh yang paling sering mengalami peradangan ini adalah tangan, pergelangan tangan, kaki dan juga lutut. 

Meski demikian, penyakit ini bisa saja menyerang area lainnya. Misalnya, paru-paru, pembuluh darah, dan juga kulit. Jika tidak diobati dengan cepat, maka rematik bisa menyebabkan terjadinya erosi tulang, menghancurkan jaringan persendian, dan menimbulkan kerusakan permanen. 

Dijelaskan oleh dr. Fiona Amelia MPH dari KlikDokter, rematik sendiri sebenarnya sulit untuk disembuhkan. Bahkan, kemungkinan untuk sembuh total pun sangat sedikit. Namun, jika diobati secara benar maka risiko yang mungkin diakibatkan karena rematik sendiri dicegah. 

Artikel lainnya: Sama-sama Bikin Nyeri Sendi, Ini Beda Asam Urat dan Rematik 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rematik adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Menurut dr. Fiona, mengonsumsi jus buah dan sayuran merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan antioksidan yang diperlukan guna meredakan rematik. 

“Rematik bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya karena terdapat radikal bebas dalam tubuh. Untuk melawan serangan radikal bebas itulah, diperlukan antioksidan. Di sinilah peran sayuran dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan sangat diperlukan,” ujar dr. Fiona Amelia. 

Tidak hanya memenuhi asupan antioksidan dalam tubuh. Namun, rutin minum jus sayur dan buah juga bisa menurunkan berat badan yang juga penting untuk kesehatan pengidap rematik. 

“Sel-sel lemak dalam tubuh mengandung hormon leptin yang dapat memperberat peradangan. Karenanya, semakin sedikit sel lemak, maka semakin sedikit pula kadar leptin yang bersirkulasi dalam darah,” tambah dr. Fiona. 

Menurutnya, jus paling baik untuk pengidap rematik berasal dari sayuran. Sayuran yang kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan betakaroten serta mineral, bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Untuk itu, Anda bisa minum jus wortel, paprika, dan tomat secara rutin untuk meredakan rematik. 

Artikel Lainnya: 5 Faktor Pencetus Rematik yang Wajib Diketahui

Tidak hanya itu, sayuran seperti brokoli, bunga kol dan kembang kol juga baik untuk meredakan rematik karena mengandung sulforaphane. Fungsi zat ini adalah untuk menghambat proses peradangan dan kerusakan tulang rawan pada osteoarthritis

Keluarga dari buah berry, jeruk, lemon, semangka dan anggur juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C yang bisa mengurangi pegal, kaku dan tegang pada sendi. 

“Anggur mengandung pula senyawa resveratrol yang memiliki potensi anti-peradangan yang sangat kuat. Berbagai studi menemukan bahwa komponen ini memiliki cara kerja yang sama seperti ibuprofen yang sering digunakan untuk mengatasi rematik,” jelasnya.

2 dari 3

Makanan yang Bisa Meredakan Rematik Selain Sayur

Kacang almond (Foto: Shutterstock)
loading

Selain sayur dan buah, mengonsumsi kacang, biji-bijian dan gandum juga bisa membantu meredakan gejala dan risiko yang mungkin ditimbulkan oleh rematik. 

Menurut dr. Valda Gracia dari KlikDokter, mengonsumsi gandum dan kacang-kacangan bisa membantu menurunkan kadar protein C-reaktif (tanda peradangan dalam tubuh) karena mengandung serat yang tinggi. 

Selain itu, biji-bijian juga juga mengandung lemak tidak jenuh, protein, asam folat dan magnesium yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, otot dan sistem kekebalan dalam tubuh. 

Selain itu, mengonsumsi ikan juga baik untuk meredakan rematik. Beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 bisa mengurangi protein C-reaktif dalam tubuh. Selain itu, omega-3 dalam ikan juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang berisiko tinggi untuk penyakit jantung.

Baca Juga

Dr. Valda menyarankan agar Anda bisa makan sekitar tiga sampai empat ons ikan setiap minggunya. Anda bisa makan ikan salmon dan ikan tuna untuk memenuhi kebutuhan omega-3 dalam tubuh. 

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa membantu Anda meredakan rematik. Meski penyakit Artritis Reumatoid sulit disembuhkan, tapi gejala dan risikonya bisa diturunkan. Selamat mencoba! 

(RPA/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Tangkal Nyeri Sendi dengan Obat yang Tepat

Info Sehat
14 Feb

Mandi di Malam Hari, Bermanfaat atau Tidak?

Info Sehat
20 Des

Mandi Malam Sepulang Kerja, Apa Risikonya bagi Kesehatan?

Info Sehat
12 Des

Jari Tangan Bengkak, Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya

Info Sehat
08 Des

5 Menu Sehat untuk Penderita Artritis

Info Sehat
12 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat