Makanan Sehat bisa Buat Hidup jadi Lebih Bahagia, Benarkah?

Oleh Tamara Anastasia pada 25 Dec 2019, 11:30 WIB
Mendapatkan hidup yang bahagia itu tidak susah-susah amat kok! Salah satu caranya adalah dengan konsumsi makanan sehat! Bagaimana bisa?
Iulustrasi Makanan Sehat

Klikdokter.com, Jakarta Biasanya, suasana hati seseorang banyak dipengaruhi oleh situasi lingkungan sekitar. Namun ternyata, bukan itu saja penentu suasana hati yang baik. Faktanya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat suasana hati dan hidup jadi lebih bahagia. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. 

Asupan-asupan yang sehat memang dipercaya bisa menurunkan tingkatan stres dalam diri. Stres sendiri tidak hanya mempengaruhi raut wajah, tapi juga kesehatan fisik dan mental. Jadi, apa pun alasannya, jangan pernah abaikan stres yang sedang Anda alami. 

Dari KlikDokter, dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter menjelaskan bahwa stres jangka pendek bisa mengakibatkan sakit kepala, kram perut, hingga buat Anda jadi terserang flu. Adapun stres dalam jangka panjang bisa berdampak pada sistem pencernaan, reproduksi, hingga imunitas. 

Kondisi-kondisi inilah yang nantinya bisa membuat hidup Anda jadi lebih murung dan tidak bahagia. Dia pun menegaskan, memiliki pola makan sehat dipercaya mampu menurunkan kadar stres dan membuat hidup jadi lebih bahagia.

“Hal ini karena tubuh mendapatkan cukup nutrisi, termasuk mineral, vitamin, antioksidan dan lainnya yang dapat meningkatkan fungsi kerja organ dalam tubuh. Tubuh pun akan terlindungi dari segala macam penyakit dan membuat hormon bahagia jadi lebih meningkat,” ujar dr. Seruni. 

Misalnya saja, ketika tubuh seseorang mengalami kekurangan vitamin D dan vitamin B12, orang tersebut cenderung mengalami bad mood. Kekurangan dua jenis vitamin ini diketahui bisa membuat sistem kerja otak jadi tidak maksimal. 

1 of 2

Makanan Sehat yang Bikin Hidup Lebih Bahagia 

Makanan Sehat yang Bikin Hidup Lebih Bahagia 
Wanita sedang Mencuci Buah dan Sayur

Anda tentu ingin bahagia sekaligus sehat, bukan? Nah, makanan-makan di bawah ini wajib masuk dalam daftar Anda!

  • Buah dan Sayuran 

Buah dan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi dipercaya mampu membantu otak memproduksi zat kimia yang disebut dengan dopamin. Ini adalah hormon yang berperan dalam meningkatkan sistem kerja otak dan memperbaiki suasana hati. Buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi termasuk blackberry dan blueberry

Artikel Lainnya: 10 Makanan Sehat ini Tidak Boleh Anda Makan Berlebihan

Selain itu, makanan yang mengandung lemak tidak jenuh dan vitamin C tinggi, seperti alpukat dan jeruk, juga mampu meningkatkan suasana hati dan buat diri jadi lebih rileks dalam waktu yang singkat,” dia menambahkan. 

Bayam dan brokoli kaya juga akan asam folat, yang dapat mengurangi rasa lelah dan kecemasan. Sayuran juga dapat meningkatkan konsentrasi sebagai akibat dari guncangan mood akibat suasana hati tak menentu.

  • Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3

Beberapa jenis ikan, seperti salmon, kaya asam lemak omega-3, khususnya yang disebut EPA. Asam lemak omega-3 ini telah terbukti dapat meningkatkan kinerja otak Anda dan mengurangi depresi

Orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko depresi, serangan jantung, dan stroke yang lebih rendah dibandingkan yang tidak. Selain mengurangi depresi, makan ikan juga dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

  • Makanan yang Mengandung Protein 

Protein dalam telur mengandung bobot gizi yang membantu tubuh menjaga gula darah Anda serta membantu menjaga suasana hati agar tetap optimistis. Konsumsi telur, daging, dan beberapa produk susu lainnya dalam batas wajar serta tidak boleh berlebihan.

  • Minum Air Putih yang Cukup

Cukupkah Sahur Hanya Minum Air Putih? (ShotPrime-Studio/Shutterstock)
Cukupkah Sahur Hanya Minum Air Putih? (ShotPrime-Studio/Shutterstock)

Saat sedang stres, perubahan suasana hati pasti akan terjadi. Bukan hanya buat hidup jadi tidak bahagia, tapi kondisi kesehatan fisik juga bisa menurun. Untuk mengatasi hal ini, hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah minum air putih. 

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter, stres berkaitan dengan penurunan kadar serotonin, dimana hormon ini dibentuk dengan bantuan asam amino triptofan di otak.

Untuk mengatasi masalah ini, otak butuh asupan air yang cukup. Saat Anda kurang minum, proses “penyembuhan” ini bisa ikut terganggu.

“Saat produksi hormon dari kelenjar adrenal menjadi tak cukup, produksi aldosteron juga menurun. Akhirnya, ini mengakibatkan Anda kekurangan cairan serta penurunan elektrolit. Oleh karena itu, minumlah air putih paling tidak 2 liter, atau sekitar delapan gelas dalam sehari,” ujar dr. Nitish.

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, Anda masih ragu mengonsumsi makanan sehat setiap hari? Ingat ya, makanan sehat selain menyehatkan fisik Anda, juga bisa bikin hidup lebih bahagia. Tapi jangan lupa imbangi dengan olahraga dan pola hidup sehat lainnya, ya. 

[HNS/AYU]

Lanjutkan Membaca ↓