Tak Terduga, Ini Manfaat Biji Nangka dan Cara Makan yang Benar

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 27 Dec 2019, 18:35 WIB
Beberapa orang sangat suka mengonsumsi biji nangka. Tentunya, ini hal yang tak wajar bagi Anda. Namun sebenarnya, bagian dari buah nangka ini kaya manfaat.
Tak Terduga, Ini Manfaat Biji Nangka dan Cara Makan yang Benar

Klikdokter.com, Jakarta Ketika berbicara buah nangka, orang pasti tertuju pada daging buahnya yang manis. Nyatanya, biji buah nangka juga bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat yang tidak terduga. Akan tetapi, ketahui cara mengonsumsinya yang tepat.

Buah nangka biasanya mulai banyak dijual ketika musim hujan seperti sekarang ini. Tak hanya dimakan langsung, buah nangka juga biasanya dijadikan campuran seperti pada es campur dan es teler. Sementara itu, buah yang usianya masih muda sering dimasak sebagai sayur.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons dari KlikDokter, buah yang satu ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah nangka mengandung vitamin C dan A yang baik untuk kekebalan tubuh dan kesehatan mata. 

Buah berwarna hijau ini juga mengandung magnesium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang dan sel darah. Namun, satu kelemahan buah ini adalah tidak cocok bagi Anda yang punya masalah mag

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

Nangka termasuk buah yang tinggi akan kandungan serat. Perlu diketahui, penderita mag sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berserat tinggi dikarenakan dapat membuat lambung bekerja ekstra. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

1 of 3

Manfaat Biji Nangka

Biji Nangka
Biji Nangka

Selain daging buahnya, nangka juga biasa dimanfaatkan bijinya. Biasanya, untuk bisa menikmatinya, bagian biji tersebut harus direbus terlebih. Baik dijadikan campuran makanan lainnya atau direbus biasa saja, biji nangka nikmat disantap.

Biji nangka mengandung pati, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan tingkat tinggi. Satu porsi 1 gram (28 gram) biji nangka mengandung beberapa nutrisi berikut ini. 

  • Kalori: 53.
  • Karbohidrat: 11 gram.
  • Protein: 2 gram.
  • Lemak: 0 gram.
  • Serat: 0,5 gram.
  • Riboflavin: 8% dari referensi asupan harian. 
  • Tiamin: 7% dari referensi asupan harian. 
  • Magnesium: 5% dari referensi asupan harian. 
  • Fosfor: 4% dari referensi asupan harian. 

Biji-biji ini juga mengandung dua vitamin B konsentrasi tinggi, yaitu tiamin dan riboflavin. Keduanya membantu memberi energi pada tubuh Anda serta melakukan fungsi-fungsi penting lainnya. Selain itu, biji nangka menawarkan serat dan pati resisten. 

Keduanya melewati tubuh Anda tanpa dicerna dan bertindak sebagai makanan bagi bakteri usus bermanfaat. Serat dan pati resisten telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan yang kuat, termasuk kontrol rasa lapar, penurunan kadar gula darah, dan peningkatan pencernaan, dan sensitivitas insulin.

2 of 3

Berikut Manfaat Biji Nangka Bagi Tubuh Anda

Biji Nangka
Biji Nangka
  1. Memiliki Efek Antimikroba

Dalam pengobatan tradisional, biji nangka kadang-kadang digunakan untuk meredakan diare. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa biji nangka mungkin memiliki efek antibakteri. Satu studi menemukan bahwa permukaan biji nangka ditutupi dengan partikel-partikel kecil yang bertindak sebagai agen antibakteri.

Partikel itu diuji dengan bakteri umum, seperti E. coli. Peneliti menyimpulkan bahwa biji nangka berpotensi untuk dikembangkan menjadi agen terapi untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh makanan.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik, Makan Buah Sebelum atau Setelah Makan?

  1. Memiliki Sifat Antikanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji nangka mungkin memiliki beberapa sifat antikanker. Hal ini diyakini karena tingkat senyawa dan antioksidan tanaman yang mengesankan. Mereka kaya akan antioksidan, khususnya flavonoid, saponin, dan fenolik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa tanaman ini dapat membantu memerangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, dan bahkan memperbaiki kerusakan DNA. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa ekstrak biji nangka mengurangi pembentukan pembuluh darah kanker sebesar 61%..

  1. Dapat Membantu Pencernaan

Sama seperti kebanyakan jenis biji lainnya, biji nangka mengandung serat larut dan tidak larut. Serat tercerna dan membantu menormalkan gerakan usus dengan menambahkan kotoran ke feses Anda, membuatnya lebih lembut dan meningkatkan frekuensi.

Terlebih lagi, serat dianggap sebagai prebiotik yang artinya membantu memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus Anda. Bakteri usus bermanfaat ini membantu mendukung pencernaan yang sehat dan fungsi kekebalan tubuh.

Sejumlah penelitian juga telah menemukan bahwa meningkatkan asupan serat dapat membantu meringankan sembelit. Selain itu, serat dapat membantu melindungi terhadap penyakit radang usus dan meringankan gejala wasir.

  1. Dapat Mengurangi Kadar Kolesterol

Penelitian juga menunjukkan bahwa biji nangka dapat menurunkan kadar kolesterol Anda. Efek ini kemungkinan besar disebabkan kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi.

Peningkatan kadar kolesterol LDL (buruk) dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan peningkatan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, kadar HDL (baik) kolesterol yang lebih tinggi diketahui memiliki efek perlindungan jantung.

Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak biji nangka telah menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), dibandingkan dengan tikus yang makan lebih sedikit biji nangka.

Itu adalah manfaat dari biji nangka yang mungkin selama ini tidak Anda duga. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengonsumsinya. Namuni ingat, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Makan secukupnya saja.

(AYU/RPA)

Lanjutkan Membaca ↓