Ini Beberapa Tes Kesehatan Gigi untuk Masuk Sekolah Kedinasan

Saat daftar ujian masuk ke sekolah kedinasan, biasanya calon siswa akan melakukan tes kesehatan gigi. Apa saja yang dokter lakukan saat pemeriksaan gigi?
Ini Beberapa Tes Kesehatan Gigi untuk Masuk Sekolah Kedinasan

Klikdokter.com, Jakarta Ingin mendaftar dan lulus seleksi masuk sekolah kedinasan? Biasanya ada beberapa jenis tes yang harus dilakukan terlebih dahulu, salah satunya tes kesehatan gigi. Apa saja yang dapat dilakukan pada tes kesehatan gigi untuk masuk sekolah kedinasan? Yuk, baca informasi selengkapnya di sini agar jangan sampai gagal tes.

Tes Kesehatan Gigi untuk Masuk ke Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan merupakan jalur yang banyak diminati oleh para siswa-siswi selepas sekolah menengah atas (SMA). Dengan menjadi siswa di sekolah kedinasan, karier ke depan menjadi Pegawai Negeri Sipil akan lebih mudah. Hal ini terjadi karena setelah sekolah kedinasan biasanya mahasiswa langsung bekerja di lembaga negara tersebut. 

Namun untuk lulus seleksi masuk sekolah kedinasan tidak mudah, Anda harus melalui berbagai persyaratan dan tes. Antara lain seperti tes persyaratan umum, tes administrasi, tes psikologi, tes wawancara, tes kesehatan, dan tes kesamaptaan. 

Dari sederet persyaratan dan tes yang diberikan untuk sekolah kedinasan, tidak sedikit peserta yang gagal hanya pada tes kesehatan, terutama tes kesehatan gigi. Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya informasi mengenai kondisi kesehatan gigi apa saja yang harus dicapai saat tes masuk.

Artikel lainnya: Rontgen Gigi, Apa Manfaatnya?

1 dari 3

Pemeriksaan yang Dilakukan Saat Tes Kesehatan Gigi

Pemeriksaan yang Dilakukan Saat Tes Kesehatan Gigi
loading

Tes kesehatan gigi yang dilakukan untuk masuk sekolah dinas biasanya hanya pemeriksaan ringan, namun cukup menyeluruh. Dikutip dari Mayo Clinic, ada beberapa hal yang akan dilakukan dokter saat pemeriksaan atau tes kesehatan gigi.

  1. Dokter akan memeriksa adanya kerusakan gigi seperti adanya noda, gigi keropos, gigi berlubang, dan juga tambalan gigi, bila ada.
  2. Pemeriksaan gusi juga akan dilakukan dokter. Fungsinya untuk mengetahui apakah ada peradangan dalam mulut yang bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi Anda.
  3. Melakukan pemeriksaan gigitan untuk memeriksa adanya kelainan bentuk rahang. Pemeriksaan bentuk rahang dapat dilakukan dengan menemukan adanya kelebihan dan kekurangan jumlah gigi di dalam mulut Anda.
  4. Dokter dapat menyarankan pemeriksaan rontgen gigi dengan sinar X-ray atau melakukan tes medis lainnya.
  5. Saat tes kesehatan gigi, dokter juga akan mencari tanda-tanda kanker mulut. Dokter gigi akan memeriksa area di bawah rahang Anda, leher, bagian dalam bibir atau bagian dalam pipi, sisi lidah, dan juga langit-langit mulut Anda, 
  6. Selama pemeriksaan berlangsung, dokter gigi dapat menanyakan tentang masalah kesehatan yang Anda alami. Umumnya, kondisi kesehatan secara keseluruhan akan memengaruhi bagian gigi dan mulut. 

Misalnya, jika Anda menderita diabetes, Anda berisiko terkena penyakit gusi.  Selain itu, dokter juga akan menanyakan obat-obatan apa yang Anda konsumsi. Ini karena beberapa obat dapat memengaruhi kesehatan mulut dan gigi. 

2 dari 3

Tips agar Lulus Tes Kesehatan Gigi

Tes Kesehatan Gigi
loading

Beberapa sekolah kedinasan ada yang memberikan tes kesehatan gigi sangat ketat. Namun, beberapa ada juga yang tidak terlalu ketat. Jika Anda ingin lulus tes dengan mulus, sebaiknya periksakanlah kondisi gigi anda ke dokter jauh-jauh hari sebelum pendaftaran.

Pemeriksaan dan membersihkan gigi ke dokter rutin setiap enam bulan sekali juga dapat mencegah kegagalan tes kesehatan saat mendaftar sekolah dinas.

Baca Juga

Pemeriksaan dan pengobatan gigi di dokter dapat membantu mencegah kondisi kesehatan mulut bertambah parah. Dokter gigi juga dapat langsung menemukan masalah atau kerusakan gigi yang bisa segera diperbaiki. 

Tidak lupa juga, sebisa mungkin jaga kesehatan gigi anda dengan cara mengurangi minum kopi dan tidak merokok. Pastikan juga setiap hari Anda selalu menyikat gigi dua kali dalam sehari menggunakan pasta gigi sesuai kondisi kesehatan gigi Anda. Hal di atas dilakukan agar anda tidak mempunyai kendala saat melakukan tes kesehatan gigi untuk sekolah kedinasan.

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Gigi Susu Anak Tak Kunjung Tanggal, Perlukah Khawatir?

Info Sehat
05 Jan

Pengaruh Susu Bisa Bikin Gigi Anak Rusak, Ini Faktanya!

Info Sehat
04 Jan

Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama? Ini Akibatnya!

Info Sehat
04 Jan

Kiat Cegah Gigi Tonggos pada Anak Sejak Kecil

Info Sehat
02 Jan

Membersihkan Gigi Bayi, Bagaimana Caranya?

Info Sehat
23 Des

1 KOMENTAR

Avatar
Hervin
1 Tahun Lalu

dok saya puny keluhan gigi bungsu tumbuh disaat sudh tidk ad tempt lagi n separoh gigi sy yg tumbuh maksankeluar lewat daging dibelakang gusi saya ... saya mengalami kesakitan tpi blkm ad pembengkakan. dok... apa solusi terbaikny dok mohon penjelasany..????

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk