8 Superfood Ini Diprediksi Bakal Tren di 2020

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 10 Jan 2020, 14:55 WIB
Banyak sekali makanan yang masuk dalam kategori superfood. Beberapa di antaranya bahkan diprediksi bakal menjadi tren di tahun 2020.
Alpukat

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki tahun 2020, tak hanya tren fashion yang berubah, tapi juga makanan –termasuk superfood. Ya, beragam makanan super diramalkan akan booming tahun ini. Superfood sendiri adalah istilah yang digunakan untuk bahan makanan alami yang kaya nutrisi.

Asupan istimewa ini tak melulu terdiri dari bahan makanan impor, seperti blackberry dan raspberries. Banyak juga bahan makanan dengan kearifan lokal atau asli Indonesia yang bisa disebut superfood.

Beberapa di antaranya, seperti pernah dijelaskan dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, adalah ikan gabus, daun kelor, dan bekatul. Sudah sehat, makanan ini relatif murah untuk didapatkan.

1 of 2

Tren Superfood 2020

Nah, tentu Anda penasaran apa saja kumpulan makanan superfood yang bakal hits di tahun ini? Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Makanan fermentasi

Yoghurt
Yoghurt

Makanan fermentasi alias yang mengandung mikroorganisme, seperti bakteri dan ragi diramalkan akan menjadi tren superfood nomor satu untuk tahun 2020.

Misalnya saja, yoghurt, kefir, tempe, hingga kimchi. Makanan jenis ini mengandung probiotik alami yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh.

Artikel lainnya: Pilihan Superfood untuk si Kecil 6 Bulan ke Atas

  1. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Alpukat telah lama dipahami sebagai makanan kaya akan nutrisi. Buah yang identik dengan warna hijau ini mengandung hampir 20 vitamin dan nutrisi penting.

Tak berhenti di sana, buah berdaging lembut ini juga sumber lemak jenuh, serat, kalium, vitamin E, dan vitamin B yang sangat baik.

  1. Biji-bijian

Biji Chia
Biji Chia

Makanan jenis biji-bijian diprediksi bakal populer tahun ini. Salah satu yang sangat terkenal adalah biji chia.

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, biji chia kaya kandungan serat, asam lemak omega-3, protein berkualitas tinggi, dan beberapa mineral serta antioksidan.

  1. Buah Eksotis

Buah Kiwi
Buah Kiwi

Buah-buahan eksotis seperti kiwi, belimbing, dan buah naga mengandung serat, vitamin, serta mineral yang sama dengan buah lokal.

Di sisi lain, warna yang cerah, membuat buah-buahan ini menawarkan fitonutrien yang berbeda. Menambahkannya pada menu harian Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Bit

Bit
Bit

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BmedSc, Hons dari KlikDokter, buah bit adalah sumber zat besi, mineral penting untuk mengatasi kurang darah.

"Zat besi diperlukan dalam membentuk sel darah merah dan membantu menambah darah. Salah satu jenis mineral ini dapat diperoleh dari makanan atau suplemen zat besi. Penyerapan zat besi juga akan lebih optimal jika disertai dengan vitamin C," ujar dr. Alberta.

"Kabar baiknya, buah berwarna merah cerah ini juga banyak mengandung vitamin C. Jadi, zat besi dari buah bit akan lebih mudah diserap tubuh," dia menambahkan.

Artikel lainnya: 7 Superfood untuk Diabetes

  1. Teh hijau dan matcha

Teh Hijau
Teh Hijau

Minum teh hijau dan matcha sedang tren beberapa tahun belakangan. Tampaknya, hal ini masih akan berlanjut di tahun ini.

Teh hijau dan matcha diketahui memiliki banyak kandungan antioksidan. Senyawa ini diketahui baik untuk melawan efek radikal bebas di tubuh.

  1. Kunyit

Bubuk Kunyit dan Kunyit
Bubuk Kunyit dan Kunyit

Kunyit tentu bukan barang asing di dapur sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak hanya sebagai bumbu dapur, tanaman berimpang ini jamak digunakan sebagai obat di Indonesia sejak lama.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition, curcumin —antioksidan aktif dalam kunyit— punya banyak manfaat sehat. Manfaat yang bisa Anda dapat antara lain membantu melindungi jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan metabolisme.

  1. Microgreens

Bayam
Bayam

Ini pada dasarnya, microgreens adalah versi bayi dari sayuran hijau yang biasa Anda santap, seperti kangkung, bayam, dan sawi. Hanya saja, daunnya biasanya lebih kecil.

Dikemas dengan vitamin dan mineral, microgreens saat ini lebih mudah ditemukan di toko bahan makanan dan swalayan. Konsumsi sayuran mini ini bakal bikin Anda lebih sehat di tahun 2020.

Itu adalah kumpulan makanan superfood yang diprediksi akan menjadi tren di tahun ini. Anda dapat memvariasikannya dengan makanan lain dalam menu harian Anda. Ingin tahu superfood lainnya? Jangan ketinggalan info sehatnya hanya di aplikasi KlikDokter!

[HNS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓