4 Alasan Mencuci Wajah Sebelum Tidur Itu Penting!

Oleh Hotnida Novita Sary pada 13 Jan 2020, 20:25 WIB
Kelelahan usai bekerja membuat Anda enggan membersihkan wajah sebelum tidur. Padahal, kebiasaan ini sungguh buruk untuk kondisi kulit Anda.
4 Alasan Mencuci Wajah Sebelum Tidur Itu Penting!

Klikdokter.com, Jakarta Merasa lowbat saat tiba di rumah hingga berat rasanya membersihkan wajah sebelum tidur. Pernah Anda merasakan hal itu? Padahal, selelah apa pun melewatkan mencuci dan membersihkan muka sebelum tidur dapat merusak kulit Anda.

Hal ini kembali ditegaskan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter. Menurutnya, membersihkan wajah merupakan salah satu cara sederhana untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah.

Apa lagi alasan Anda wajib mencuci wajah sebelum tidur? Coba simak ulasannya sebagai berikut.

1. Risiko Jerawatan Bakal Berkurang

Wanita Jerawatan
Wanita Jerawatan

Anda mungkin tidak menyadari sudah menyentuh wajah sepanjang hari. Ini menjadikan area tersebut salah satu bagian paling kotor dari tubuh. Dengan semua bakteri itu di permukaan kulit, akan lebih rentan terkena jerawat.

Kabar baiknya, hanya dengan mencuci kotoran-kotoran itu sebelum tidur, bakteri dan minyak yang menyusahkan itu akan turut hilang. Anda sekaligus mengurangi risiko disambangi jerawat yang menyusahkan.

2. Memaksimalkan Pemulihan Kulit

Saat tidur, kulit Anda secara alami memperbaiki dan memulihkan diri setelah sepanjang hari berjuang melawat sinar UV dan polusi. Membersihkan wajah sebelum tidur akan memaksimalkan proses ini.

Di sisi lain, menerapkan krim malam dapat membantu proses ini. Tapi itu semua akan sia-sia saat kulit Anda dalam keadaan kotor. Jadi, bersihkan wajah Anda dulu sebelum menerapkan krim malam Anda, ya!

Artikel lainnya: Sperma untuk Kecantikan Kulit Wajah, Mitos atau Fakta?

3. Mencegah Kerutan

Kulit Anda rentan terpapar radikal bebas di lingkungan sepanjang hari. Belum lagi makeup yang cenderung bertahan seharian selama Anda beraktivitas.

Kedua hal ini dapat menyebabkan kerusakan kolagen dalam tubuh. Pada akhirnya, ini dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Jika Anda tidak mencuci muka sebelum tidur, radikal bebas bisa mengendap di kulit dan merusak kolagen lebih jauh.

4. Menghindari Infeksi Mata

ilustrasi Infeksi Mata
ilustrasi Infeksi Mata

Tidur dengan riasan mata adalah ide yang buruk karena dapat menyebabkan iritasi. Riasan mata, seperti eyeliner dan maskara, dapat menyumbat folikel rambut kecil dan kelenjar minyak di kelopak mata. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan bakteri hingga infeksi mata.

Peradangan pun dapat terjadi di area tersebut, dan akhirnya menghasilkan pembentukan benjolan kecil yang disebut styes atau hordeolums.

Makeup untuk mata, seperti maskara dan eyeliner, memang lebih kuat menempel dan sulit dibersihkan dengan sabun biasa. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan makeup remover untuk memastikan semua jejak kosmetik hilang.

Artikel lainnya: Bukan Jerawat, Ini Benjolan di Wajah yang Harus Diwaspadai

Tips Memilih Pembersih Wajah 

Meski kini sudah tahu pentingnya mencuci wajah sebelum tidur dan menerapkannya, bukan berarti Anda bisa sembarang memilih pembersih wajah. Sebab, menurut dr. Karin, tidak semua jenis pembersih wajah yang dijual bebas di pasaran baik untuk kulit Anda.

“Ada jenis pembersih yang dapat membersihkan kotoran dengan baik dan yang meninggalkan rasa kesat di wajah. Tapi hati-hati, rasa kesat dan bersih tersebut bukanlah yang kita inginkan,” kata dia.

Saat kulit terasa kesat dan kencang, itu pertanda bahwa minyak alami kulit Anda telah tergerus oleh sabun. Ini bisa menyebabkan masalah baru, yakni kulit kering. Jadi, bagaimana memilih pembersih wajah yang baik?

“Selain dapat membersihkan kotoran dan kosmetik yang menempel dengan baik, pembersih wajah juga harus dapat menjaga kelembapan wajah,” tutur dr. Karin.

Umumnya, dia menambahkan, produk yang baik itu memiliki pH yang sesuai dengan pH kulit, yakni 5,5. Sabun pembersih juga tidak mengandung surfaktan jenis sodium lauryl sulfate yang bersifat keras, tapi sodium laureth sulfate yang lebih lembut.

“Akan lebih baik lagi jika pembersih mengandung pelembap, sehingga dapat tetap menjaga kelembapan kulit walaupun sering mencuci wajah. Selain itu, pembersih sebaiknya tidak mengandung pewangi ataupun bahan yang bersifat iritan,” dia menjelaskan.

Kini, Anda masih ogah-ogahan membersihkan wajah sebelum tidur? Kalau iya, segera ubah kebiasaan Anda. Luangkan waktu sekitar 5 menit untuk membasuh wajah dengan sabun dan air bersih. Temukan tips-tips kesehatan wajah dan kecantikan lainnya hanya di aplikasi KlikDokter.

[AYU/RPA]