Harry Kane Operasi Cedera Hamstring, Berapa Lama Pemulihannya?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 13 Jan 2020, 19:55 WIB
Pesepak bola Harry Kane baru saja menjalani operasi cedera hamstring. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan cedera tersebut?
Harry Kane Operasi Cedera Hamstring, Berapa Lama Pemulihannya? (Foto: @harrykane/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane, baru saja menjalani operasi cedera hamstring. Operasi itu sendiri berjalan lancar. Kini, Kane harus fokus pada pemulihan pasca operasi. 

Sebelumnya, penyerang tim nasional Inggris itu mendapatkan cedera hamstring pada laga kontra Southampton, pada Rabu (1/1) lalu. Terlihat berjalan tertatih-tatih sambil memegangi paha bagian belakang kirinya, Kane pun ditarik keluar pada menit ke-74.

Usai operasi, pesepak bola itu diprediksi baru bisa kembali bermain pada April 2020. Kabar tersebut sedikit melegakan penggemar. Ini artinya, Kane bisa membantu Spurs sebelum Liga Inggris usai, serta bersiap untuk membela timnas Inggris di Euro 2020.

1 of 3

Cedera Hamstring yang Intai Pesepak Bola

Harry Kane
Harry Kane (Foto: AP/Rebecca Blackwell)

Hamstring adalah tendon (pita jaringan yang kuat) di bagian belakang paha, tempat menempelnya otot paha dengan tulang.

Saat seseorang mengalami cedera hamstring, itu berarti telah terjadi robekan atau ketegangan yang terjadi pada tendon di semimembranosus, semitendinosus, dan otot bisep femoris.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Saat Terjadi Cedera Hamstring

Dijelaskan dr. Bobtriyan Tanamas dari KlikDokter, ketiganya memang tak banyak digunakan saat berdiri atau berjalan. Tapi mereka sangat aktif bila Anda melakukan kegiatan yang melibatkan menekuk lutut, seperti lari, melompat, dan memanjat.

Menurut dr. Bobtriyan, ada tiga derajat keparahan cedera hamstring, yaitu sebagai berikut ini.

  • Grade 1: Tarikan atau ketegangan otot ringan.
  • Grade 2: Robek otot parsial.
  • Grade 3: Robekan otot lengkap.

Cedera hamstring menunjukkan gejala berdasarkan tingkat keparahannya. Keluhan yang umumnya muncul di antaranya seperti ini. 

  • Rasa nyeri yang tajam.
  • Sensasi "popping" pada saat cedera atau muncul suara robekan.
  • Bengkak selama beberapa jam pertama.
  • Memar selama beberapa hari pertama.
  • Kelemahan sebagian atau seluruhnya di kaki.
  • Ketidakmampuan untuk menapak saat berjalan atau menapakkan kaki ke lantai.

Menurut British Medical Journal, cedera ini paling sering menimpa pemain sepak bola. Pasalnya, selain berlari, mereka juga menggunakan kaki untuk menendang.

Artikel Lainnya: Pijat untuk Cedera Hamstring, Apakah Boleh?

Tak hanya saat pertandingan, pesepak bola bisa mendapat cedera hamstring ketika sedang latihan dan melakoni pertandingan persahabatan. Masih menurut sumber yang sama, cedera hamstring bisa membuat pesepak bola harus absen dari lapangan hijau sampai 90 hari.

Selain itu, jika sudah pernah terkena cedera hamstring, seseorang akan lebih rentan terkena cedera yang sama daripada yang belum mengalami.

Tingkat paling parah dari cedera ini adalah harus disembuhkan dengan cara operasi untuk memperbaiki robekan otot bagian belakang paha. Jika tidak ditangani dengan baik, kaki akan selamanya merasa nyeri.

2 of 3

Lama Penyembuhan Cedera Hamstring

Harry Kane (Foto: @harrykane/Instagram)
Harry Kane (Foto: @harrykane/Instagram)

Tanda paling mudah melihat atlet yang mengalami hamstring adalah ketika mereka langsung memegangi paha bagian belakang saat cedera terjadi. Selain itu, jalan mereka juga menjadi kaku akibat adanya masalah di paha bagian belakang.

Nah, berapa lama yang dibutuhkan untuk pemulihan cedera hamstring? Menurut dr. Bobtriyan hal tersebut tidak dapat dipastikan. 

"Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari ketegangan atau robekan hamstring akan tergantung pada seberapa parah cedera tersebut," ujar dr. Bobtriyan.

"Tarikan atau regangan otot kecil (grade 1) mungkin perlu beberapa hari untuk pulih. Adapun, pada tingkat keparahan grade 2 dan grade 3, mungkin butuh waktu selama beberapa minggu atau bulan untuk pulih dari robekan otot," tutur dia lagi.

Tidak ada waktu yang pasti untuk pemulihan cedera hamstring, seperti yang dialami Harry Kane. Akan tetapi, selama masa pemulihan, pasien diharapkan untuk tidak beraktivitas berat dan kaki diistirahatkan sementara waktu. Intip berita lain soal kesehatan sendi dan otot lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

Lanjutkan Membaca ↓