8 Kebiasaan yang Bikin Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Untuk melawan infeksi, tubuh dilindungi sistem kekebalan tubuh.Tapi, ada kebiasaan yang justru membuatnya jadi melemah. Cek kebiasaan tersebut di sini.
Kebiasaan yang Bikin Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Klikdokter.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh merupakan sistem yang sangat penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh Anda. Sebab, ketika infeksi virus atau bakteri menyerang, sistem kekebalan tubuh yang akan melawannya. Namun, sebagian orang memiliki kebiasaan buruk yang justru dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah.

Peran sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk kelangsungan hidup Anda. Sebab, di mana pun berada, Anda akan selalu dikepung virus, bakteri, hingga parasit yang siap menyerang tubuh.

Dengan adanya sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka mikroorganisme tersebut tidak akan leluasa dalam menimbulkan penyakit di tubuh Anda.

Sistem kekebalan tubuh yang paling pertama melawan mikroorganisme penyebab penyakit adalah sel darah putih, yaitu dengan memakan dan menghancurkannya.

Setelah itu, sel darah putih akPeran sistem kekebalan tubuhan mengingat mikroorganisme yang menyerang tersebut, sehingga mereka dapat langsung melakukan tindakan jika mikroorganisme yang sama menyerang kembali.

Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat membedakan mana yang merupakan bagian tubuh (self) dan yang bukan dari tubuh (non-self). Dengan demikian, saat antigen dari virus, bakteri, atau jamur menyerang, tubuh akan membuat antibodi untuk melawannya.

Lalu, ada Immunoglobulin G (IgG), yaitu antibodi yang berfungsi mengingat infeksi lama dan melawan jika infeksi tersebut kembali menyerang. Selain itu, masih ada IgM, yaitu antibodi yang melawan infeksi baru, serta IgE, yaitu antibodi yang melawan parasit dan alergi.

1 dari 2

Hindari kebiasaan-kebiasaan ini

loading

Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, tentu Anda akan jadi lebih mudah sakit karena tidak mampu melawan setiapinfeksi yang menyerang. Terkadang, melemahnya sistem kekebalan tubuh tersebut justru diakibatkan oleh Anda sendiri, akibat kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang sering Anda lakukan.

Adapun beberapa kebiasaan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, yaitu:

  • Stres

Menurut National Cancer Institute, stres yang berkepanjangan dan parah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, kondisi stres bisa mengganggu fungsi sel darah putih dalam melawan infeksi.

  • Tidak cukup berolahraga

Sering duduk dalam waktu yang lama dan tidak banyak melakukan aktivitas fisik atau olahraga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, usahakan untuk berolahraga secara rutin, minimal 5 kali dalam seminggu, dengan masing-masing berdurasi minimal 30 menit. Hal ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

  • Olahraga berlebih

Seperti sudah disebut sebelumnya, olahraga memang baik untuk kesehatan. Tapi, tetap jangan sampai berlebih! Olahraga berlebih tanpa istirahat justru dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah.

  • Kurang tidur

Tidur penting untuk mengistirahatkan dan memulihkan kondisi tubuh. Oleh sebab itu, jikaAnda kurang tidur, maka fungsi sistem kekebalan tubuh pun akan terganggu.

Hindari faktor-faktor yang dapat mengganggu tidur Anda, seperti penggunaan alat elektronik yang berlebih dan stres.

  • Makan makanan berlemak

Studi dari Nutrition Journal membuktikan bahwa konsumsi makanan tinggi akan lemak jenuh seperti gorengan danmakanan cepat saji akan merusak sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi makanan berlemak akan membuat jumlah sel darah putih berkurang, sehingga fungsinya untuk melawan infeksi pun terganggu. Konsumsi selalu makanan bergizi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Merokok

Kebiasaan merokok memiliki banyak efek negatif bagi kesehatan, salah satunya adalah melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, nikotin pada rokok dapat meningkatkan hormon kortisol dan menurunkan pembentukan antibodi untuk melawan antigen.

  • Konsumsi alkohol berlebih

Mengonsumsi alkohol secara berlebihjuga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Alkohol dapat mengganggu proses melawan dan menghancurkan mikroorganisme penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, seorang peminum berat lebih berisiko terkena infeksi.

  • Radiasi ultraviolet (UV)

Polusi udara telah melemahkan lapisan ozon yang melindungi bumi, sehingga radiasi UV dari sinar matahari yang masuk ke bumi pun jadi lebih berbahaya bagi kesehatan.

Paparan terhadap sinar UV yang berlebih dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan beberapa penyakit lain, seperti kanker kulit dan katarak.

Baca Juga

Untuk mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit, Anda harus melakukan hal-hal yang berlawanan dengan kebiasaan-kebiasaan di atas.

Itulah kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda melemah. Mengingat pentingnya sistem kekebalan tubuh dalam melindungi Anda dari serangan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit, maka hindari semua yang telah disebut di atas. Jalani pola hidup sehat sekarang juga.

[MS/ RH]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

5 Penyakit yang Paling Sering Menyerang Anak di Musim Hujan

Info Sehat
06 Jan

Kenali Gejala Penyakit Autoimun seperti yang Diderita Ashanty

Info Sehat
09 Okt

7 Sumber Antioksidan Terbaik untuk Tubuh

Info Sehat
23 Sep

Dapatkan Kulit Lebih Sehat dengan Mengganti 5 Asupan Ini

Info Sehat
16 Sep

Waspada Limfoma, Ini yang Perlu Anda Perhatikan

Info Sehat
15 Sep

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk