Berbagai Manfaat Likopen bagi Kesehatan Tubuh

Likopen adalah nutrisi yang sering ada di sayur dan buah berwarna terang, seperti semangka. Memangnya, manfaat kesehatan apa yang bisa dihasilkan oleh likopen?
Berbagai Manfaat Likopen bagi Kesehatan Tubuh

Klikdokter.com, Jakarta Likopen merupakan senyawa alami yang banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada buah dan sayuran terang seperti tomat, semangka, atau paprika. Mengapa nutrisi penting ini hanya terdapat pada buah dan sayuran terang?

Ayo, cari tahu penjelasan lebih lengkapnya lewat uraian di bawah ini.

Apa itu Likopen?

Likopen adalah senyawa yang termasuk dalam golongan antioksidan karotenoid. Likopen adalah merupakan pigmen yang memberi warna terang pada buah dan sayuran.

Sudah banyak penelitian kesehatan mengenai manfaat likopen yang bisa Anda cari tahu di sini. Antara lain, likopen punya manfaat kesehatan bagi tubuh karena merupakan suatu antioksidan kuat.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi jumlah antioksidan, maka tubuh akan mengalami stress oksidatif. Di mana hasilnya dapat memicu beberapa penyakit kronis seperti, stroke, diabetes, jantung dan kanker. Inilah kenapa mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh.

Artikel lainnya: Daftar Buah yang Mengandung Likopen dan Manfaatnya Bagi Tubuh

1 dari 2

Manfaat Likopen bagi Kesehatan

loading

Tidak hanya pemberi pigmen warna di dalam sayuran dan buah tertentu, likopen punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut adalah daftar khasiat likopen untuk kesehatan:

  1. Mencegah Kanker

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, likopen dapat berperan melawan peradangan di dalam tubuh. Karena kandungan antioksidan yang tinggi, mengonsumsi buah atau sayur mengandung likopen sering disarankan untuk mencegah dan membantu pengobatan kanker.

Likopen bekerja dengan cara menghambat transformasi sel normal menjadi sel kanker. Beberapa studi telah menunjukkan, bahwa zat ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara dan prostat.

Untuk mencapai manfaat ini, para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi likopen sebanyak 9 mg sampai  21 mg per hari.

  1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit Jantung Meningkatkan Peluang Terkena Kanker? (Africa-Studio/Shutterstock)
loading

Seperti antioksidan yang lainnya, likopen juga mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik ) dalam darah. Hal ini dapat bermanfaat untuk  mencegah tersumbatnya pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, manfaat likopen bagi kesehatan juga dapat mencegah kondisi pembekuan darah dan mengurangi peradangan. Di mana faktor-faktor tersebut berpengaruh pada penyakit jantung dan stroke.

Artikel lainnya: Bukan Cuma Taoge, Tomat Juga Bermanfaat untuk Kesuburan

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Pada pasien Alzheimer, ditemukan bahwa kadar likopen di dalam tubuhnya rendah. Di samping itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa  jumlah likopen yang tinggi dalam tubuh dapat menunda kelumpuhan dan memperlambat hilangnya daya ingat penderita Alzheimer.

Jadi kesimpulannya, likopen baik untuk menjaga otak tetap sehat, terutama pada orang dengan penyakit tertentu seperti Alzheimer.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi Mata Sehat
loading

Hampir semua gangguan penglihatan disebabkan karena stress oksidatif. Anda bisa menggunakan manfaat likopen yang berguna bagi kesehatan mata. 

Likopen umumnya berperan sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah masalah penglihatan dalam jangka panjang, terutama pada penyakit katarak.

  1. Membantu Menyehatkan Tulang

Kebanyakan radikal bebas dalam tubuh juga memberi dampak negatif bagi tulang. Nah, mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dan dikombinasikan dengan olahraga dapat memperkuat dan menjaga tulang tetap sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit Sehat
loading

Setiap orang pasti ingin selalu terlihat awet muda, bukan? Dengan menambahkan likopen ke dalam makanan sehari- hari maka kulit Anda akan menjadi lebih sehat.

Likopen juga bekerja sebagai fotoprotektif, yaitu melindungi kulit kita dari bahaya radiasi sinar UV.

Di mana likopen berguna untuk meningkatkan tekstur kulit dan mencegah kerutan. Efek anti peradangan yang ada pada likopen dapat membantu mencegah dan menyembuhkan kulit yang terkena sunburn, lho.

  1. Membantu Mengobati Infertilitas

Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara observasional, likopen punya manfaat kesehatan penting bagi pria. Pria yang banyak makan sayuran dan buah yang mengandung likopen ditemukan dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma sebanyak 70%.

Senyawa ini juga ditemukan dapat meningkatkan kesehatan reproduksi pria, terutama organ prostat.

Baca Juga

Sangat banyak bukan manfaat likopen bagi kesehatan tubuh manusia? Ya, Anda dapat memperoleh likopen dengan mudah yaitu dari makan tomat, semangka, pepaya, paprika dan jeruk.

Akan tetapi mengonsumsi likopen secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan untuk mengonsumsinya kurang lebih 10 mg per hari.

Pasalnya, menurut American Cancer Society, mengonsumsi lebih dari 30 mg likopen tidak bermanfaat bagi kesehatan. Hal berlebihan ini malah menyebabkan mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembung. Apabila ingin mengetahui tentang manfaat dari nutrisi yang Anda makan, yuk, konsultasi langsung dengan dokter lewat Live Chat di aplikasi Klikdokter.

 (OVI/RPA)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Buah yang Mengandung Likopen dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Info Sehat
04 Jan

Walau Bau, Daun Bawang Punya 8 Manfaat Ini

Info Sehat
16 Des

Berkenalan dengan Manfaat Sehat Jeruk Bali

Info Sehat
30 Okt

Perangi Risiko Kanker Payudara dengan Konsumsi Bawang Bombai

Info Sehat
30 Okt

Bukan Cuma Taoge, Tomat Juga Bermanfaat untuk Kesuburan

Info Sehat
27 Okt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk