Inilah Cara Cuci Tangan untuk Jaga Imunitas Kulit

Oleh dr. Bobtriyan Tanamas pada 17 Jan 2020, 12:30 WIB
Cuci tangan dengan cara yang benar turut menjaga imunitas kulit, yang akhirnya membuat tubuh sehat secara menyeluruh.
Seseorang sedang Cuci Tangan Menggunakan Sabun

Klikdokter.com, Jakarta Anjuran mencuci tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Sayangnya, anjuran tersebut masih belum sepenuhnya dilakukan dengan benar. Bagaimana dengan Anda, sudahkah mencuci tangan secara rutin dengan cara yang benar?

Mengapa penting untuk cuci tangan dengan cara yang benar? Karena hal tersebut terbukti dapat menjaga imunitas kulit yang pada akhirnya membuat tubuh terhindar dari penyakit.

Mengenal Imunitas Kulit

Kulit bertindak sebagai organ kekebalan aktif, di mana fungsi pembatas mikrobioma, kimia, fisik, dan imun membentuk jaringan interaktif.

Mari kenali peran masing-masing lebih jauh.

  • Mikrobioma

Ini adalah ekosistem kompleks yang bertugas menjaga bakteri patogen seperti Staphylococcusaureus agar tetap terkendali. Ekosistem tersebut juga membantu dalam kekebalan kulit.

  • Kimia

Pembatas kimia berfungsi mempertahankan kelembapan dan bekerja sebagai ‘mantel’ asam, yang berperan untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

  • Fisik

Keratinosit bertugas untuk membentuk jaringan pembatas fisik, menjaga struktur kulit dengan membentuk persimpangan ketat, dan menjalankan fungsi kekebalan tubuh.

  • Imun

Ini adalah jaringan yang terdiri dari sel imun bawaan dan adaptif. Artinya, kulit memiliki sistem kekebalan yang melindungi tubuh dari infeksi, kanker, racun dan proses autoimun.

1 of 2

Pentingnya Cuci Tangan untuk Imunitas Kulit

Mencuci tangan juga merupakan cara paling baik untuk memperkuat imunitas kulit, yang pada akhirnya menurunkan risiko penyebaran kuman penyebab penyakit.

Beberapa penelitian bahkan telah membuktikan bahwa cuci tangan dengan cara yang benar mampu mencegah penyebaran diare dan penyakit pernapasan.

Nah, supaya cuci tangan sepenuhnya mampu meningkatkan imunitas kulit, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Dilakukan dengan menggosokkan tangan menggunakan cairan antiseptik (handrub) atau dengan air mengalir dan sabun antiseptik (handwash)
  • Handrub dilakukan selama 20 hingga 30 detik, sedangkan handwash selama 40 hingga 60 detik
  • Lima kali melakukan handrub sebaiknya diselingi satu kali handwash

Terkait cara cuci tangan yang benar, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan setelah telapak tangan dibasahi dan diberi sabun:

  1. Gosok telapak tangan dengan telapak tangan
  2. Gosok telapak kanan di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya
  3. Gosok telapak dengan telapan dan jari saling terkait
  4. Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci
  5. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri, dan sebaliknya
  6. Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapan tangan, dan sebaliknya

Sudah tahu cara cuci tangan yang benar? Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan teknik mencuci tangan tersebut di saat yang tepat.

Beberapa waktu yang paling dianjurkan untuk mencuci tangan, antara lain:

  • Sebelum makan pagi
  • Sebelum makan siang
  • Sebelum makan malam
  • Setelah beraktivitas
  • Setelah dari toilet

Pastikan teknik cuci tangan yang Anda lakukan sesuai dengan anjuran, agar manfaatnya dalam menjaga imunitas kulit benar-benar didapatkan. Dengan imunitas kulit yang terjaga optimal, Anda akan terlindung dari ancaman kuman berbahaya yang ada di mana-mana.

(NB/ RH)

Lanjutkan Membaca ↓