Manfaat Bioglass untuk Kulit, Memang Ada?

Oleh dr. Bobtriyan Tanamas pada 17 Jan 2020, 19:00 WIB
Sebagai salah satu metode pengobatan, bioglass saat ini sedang populer. Namun, adakah manfaat bioglass untuk kulit? Cari tahu jawabannya di sini.
Manfaat Bioglass untuk Kulit, Memang Ada?

Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu pernah mendengar tentang bioglass. Salah satu metode pengobatan alternatif yang sedang populer ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, adakah manfaat bioglass pada kulit Anda? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini.

Bioglass, Apakah Itu?

Bioglass
Bioglass

Bioactive glass yang sering Anda kenal dengan nama bioglass adalah sebuah lempeng kaca bundar yang dapat memancarkan energi skala positif dalam radius 5 meter ke segala arah. Benda ini menggunakan material berbahan dasar silika (kaca) sebagai bahan utamanya, dan digabungkan dengan kalsium serta fosfor.

Selama ini, bioglass dikenal dalam dunia ilmiah sebagai material yang digunakan sebagai implan untuk menyambung tulang patah. Benda ini adalah material pertama yang dapat menyambung tulang dengan sangat baik, dan dapat didegradasi sendiri oleh tubuh, tapi tahan terhadap korosi. 

Material ini dapat meniru bahan dasar tulang dan merangsang pertumbuhan kembali tulang muda atau tulang baru.

Artikel lainnya Pro Kontra Bioglass yang Perlu Anda Tahu

Penggunaannya dalam memperbaiki kecacatan pada tulang tengkorak kepala dan tulang wajah saat ini juga semakin meningkat. Menurut prediksi, pemanfaatan bioglass dalam bidang ini akan semakin meningkat di masa yang mendatang.

Atasan alasan tersebut, selama ini, bioglass kerap dikaitkan dengan manfaatnya untuk membantu pemulihan tulang patah dan regenerasi tulang. Lantas, bagaimana dengan perawatan kulit? Apakah pemanfaatan bioglass bisa digunakan? Simak ulasannya di bawah ini.

1 of 2

Manfaat Bioglass untuk Kulit

Bioglass
Bioglass

Belakangan ini, semakin banyak penelitian yang melaporkan bahwa bioglass juga memiliki kemampuan untuk merangsang regenerasi jaringan lunak. Salah satunya adalah untuk perbaikan dan regenerasi kulit.

Sebuah penelitian pernah menjelaskan tentang efek dari berbagai jenis bioglass—termasuk yang berbasis silikat, fosfat, dan borat—pada perbaikan dan regenerasi kulit. Hasilnya, tiga jenis bioglass tersebut dapat berfungsi untuk perawatan kulit dengan sistem regenerasi.

Artikel lainnya Benarkah Bioglass Bisa Mengatasi Ketombe dengan Efektif?

Bioglass, menurut penelitian tersebut, juga dapat mengembalikan sel-sel kulit yang rusak ataupun yang sudah mati.

Penelitian lain yang dilakukan pada 2019 ingin mengevaluasi dampak penggunaan bioglass dan komponen lainnya pada penyembuhan luka kulit tikus percobaan selama 14 hari. Hasil yang diperoleh mengungkapkan bahwa bioglass bersama salep Vaseline 18% cukup menjanjikan untuk penyembuhan luka.

Selain baik untuk penyembuhan luka, bioglass ternyata juga bermanfaat untuk perawatan kulit lainnya, antara lain sebagai berikut ini.

  1. Memperbaiki regenerasi sel-sel tubuh yang mulai melemah atau sudah rusak.
  2. Membantu mencegah dan mengurangi penuaan dini. Kulit akan terasa lebih sehat, lembut, dan juga halus. Selain itu, wajah juga akan tampak lebih segar.
  3. Pori-pori kulit akan mudah terbuka sehingga keringat dan kotoran dalam kulit dapat dengan lancar dikeluarkan.
  4. Menjaga kelembapan alami kulit.
  5. Meningkatkan hidrasi kulit wajah. Dampaknya, kulit wajah Anda pun akan lebih tampak cerah alami.
  6. Mengurangi peradangan kulit, terutama yang ada di bawah mata.

Walau demikian, manfaat bioglass untuk perawatan dan kesehatan kulit masih memerlukan kajian dan penelitian lebih lanjut. Pengujian ini penting sekaligus untuk mengetahui efek samping yang dapat muncul di masa depan. Meski selama ini lebih banyak dikenal untuk tulang, ada beberapa manfaat bioglass untuk kulit.

Beberapa di antaranya adalah penyembuhan luka serta regenerasi kulit. Namun begitu, lempeng kaca ini tidak bisa jadi tumpuan utama kesehatan kulit. Rutinitas harian lain tetap harus dilakukan, seperti membersihkan kulit, minum air putih yang cukup, dan menggunakan pelembap. Cari tahu manfaat lainnya dari bioglass di aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

Lanjutkan Membaca ↓