Kenali 5 Jenis Bipolar Disorder, Apa Perbedaannya?
searchtext customer service

Jenis-jenis Bipolar yang Perlu Anda Kenali

Tak cuma satu, ternyata gangguan mental bipolar disorder memiliki beberapa tipe. Apa saja jenis bipolar? Yuk, simak lengkapnya di sini.
Jenis-jenis Bipolar yang Perlu Anda Kenali

Klikdokter.com, Jakarta Siapapun bisa mengalami perubahan mood dari waktu ke waktu. Tapi, jika Anda mengalami perubahan mood yang ekstrem atau sangat cepat berubah secara tiba-tiba, bisa saja Anda menderita gangguan bipolar. 

Gangguan bipolar adalah penyakit mental yang ditandai oleh perubahan suasana hati yang ekstrem dan sulit ditebak. Gejalanya bisa memengaruhi suasana hati yang sangat tinggi yang disebut mania, dan penderita juga dapat menjelma seketika menjadi sedih ataupun depresif.

Ketika gejala depresi muncul, Anda pun bisa merasa putus asa, sedih, atau kehilangan minat. Saat suasana hati berubah menjadi mania atau hipomania, Anda mungkin merasa euforia, penuh energi, atau sangat mudah tersinggung. 

Perubahan suasana hati tersebut dapat memengaruhi tidur, energi, aktivitas, penilaian, perilaku, dan kemampuan berpikir jernih.

Artikel Lainnya: Apakah Anda Mengidap Bipolar? Kenali Gejalanya

Nah, gangguan bipolar ini terbagi atas beberapa macam. Berikut beberapa jenis bipolar yang perlu Anda ketahui:

1 dari 6

1. Bipolar I

Bipolar I
loading

Bipolar I didefinisikan oleh munculnya, setidaknya gejala satu episode manik yang berlangsung minimal 7 hari atau lebih. Manik atau mania adalah keadaan ketika seseorang merasakan emosi yang tinggi. 

Mereka bisa merasa bersemangat, impulsif, dan penuh energi. Episode manik yang muncul bisa juga menjadi sangat parah, sehingga memerlukan perawatan di rumah sakit segera.

Pada jenis bipolar I, penderita mungkin juga mengalami episode depresi hebat atau hipomanik sebelum dan sesudah episode mania. Jenis gangguan bipolar ini memengaruhi pria dan wanita secara setara.

2 dari 6

2. Bipolar II

loading

Tipe bipolar berikutnya adalah bipolar II. Orang dengan jenis gangguan bipolar tipe ini mengalami satu episode depresi besar yang berlangsung setidaknya dua minggu.

Lalu, penderita tipe bipolar disorder ini juga memiliki setidaknya satu episode hipomania yang berlangsung sekitar empat hari. Hipomania adalah kondisi yang mirip dengan mania, tapi tidak terlalu parah.

Artikel Lainnya: Kenali Tanda dan Pencegahan Bunuh Diri pada Pengidap Bipolar

Jenis gangguan bipolar ini dianggap lebih umum terjadi pada wanita.Orang dengan gangguan bipolar II umumnya juga memiliki penyakit mental lain, seperti gangguan kecemasan atau gangguan penggunaan zat, yang dapat memperburuk gejala depresi atau hipomania.

3 dari 6

3. Siklotimia

Siklotimia
loading

Jenis bipolar ini adalah bentuk gangguan yang lebih ringan dari jenis bipolar I dan II. Orang-orang dengan siklotimia memiliki episode-episode hipomania dan depresi yang bisa berlangsung setidaknya selama dua tahun.

Gangguan siklotimik biasanya berkembang pada masa remaja. Orang dengan kondisi ini sering tampak berfungsi normal, meskipun mereka mungkin tampak "murung" atau "sulit" bagi orang lain.

4 dari 6

4. Rapid Cycle

loading

Rapid cycle adalah jenis bipolar yang memiliki empat atau lebih episode perubahan mood dan berlangsung dalam periode 12 bulan. Masing-masing episode harus berlangsung selama beberapa hari untuk bisa disebut tipe bipolar rapid cycle.

Artikel Lainnya: Menyingkap Faktor Lingkungan Penyebab Gangguan Bipolar

Jenis bipolar ini dapat terjadi kapan saja dalam perjalanan penyakitnya. Kaum wanita pun dinilai lebih mungkin menderita rapid cycle dibandingkan pria.

5 dari 6

5. Mixed Features

Mixed Features
loading

Jika sebelumnya tipe bipolar mengalami periode depresi atau mania yang bergantian, mixed features mengalami gejala depresi dan mania pada saat yang bersamaan. 

Ini berarti Anda dapat mengalami episode manik dengan fitur campuran. Jadi, gejala utamanya adalah mania, tetapi gejala depresi juga bisa muncul di saat bersamaan. 

Misalnya, Anda mungkin merasa bersemangat melakukan beberapa aktivitas berenergi tinggi, tetapi Anda juga merasa tertekan disaat yang sama.

Baca Juga

Gangguan bipolar tergolong penyakit mental kronis, yang berarti penderita akan berjuang mengatasinya selama hidupnya. Namun, bukan berarti mereka tidak dapat menjalani hidup yang bahagia dan sehat.

Perawatan oleh psikiater secara berkala dan berkelanjutan dapat membantu penderita mudah mengelola perubahan suasana hati dan mengatasi gejala yang ditimbulkan.

Gunakan fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi terkait gangguan bipolar atau masalah kesehatan lainnya. 

(PUT/NM)

Referensi: 

Healthline. Diakses 2022. Bipolar Disorder with Mixed Features: What You Need to Know.

WebMD. Diakses 2022. Bipolar type definitions.

WebMD. Diakses 2022. Types of Bipolar Disorder.

American Psychiatric Association. Diakses 2022. What Are Bipolar Disorders?

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Sehat Tertawa yang Perlu Anda Tahu

Info Sehat
12 Apr

Penderita Bipolar Lebih Berisiko Terkena Penyakit Parkinson

Info Sehat
08 Apr

Bersih-Bersih Rumah Efektif Jaga Kesehatan Mental?

Info Sehat
08 Apr

Merasa Sahabat Menikahi Orang yang Salah, Harus Bagaimana?

Info Sehat
07 Apr

Fakta Soal Psikopat yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

Info Sehat
06 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat