Ketahui Risikonya Jika Hidup dengan Satu Ginjal - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Ketahui Risikonya Jika Hidup dengan Satu Ginjal

Tak sedikit orang yang harus hidup dengan satu ginjal. Tapi, orang dengan masalah itu punya risiko tertentu dan pastinya harus memperhatikan diet sehari-hari.
Ketahui Risikonya Jika Hidup dengan Satu Ginjal

Klikdokter.com, Jakarta Ginjal adalah organ yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia agar tetap sehat. Organ tubuh ini berfungsi menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah agar komposisi keduanya seimbang.

Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mempertahankan tingkat elektrolit yang stabil dalam tubuh. Tingkat elektrolit di dalam tubuh umumnya berupa  natrium, kalsium, dan fosfat. 

Tingkat elektrolit yang diatur ginjal berfungsi mengontrol tekanan darah. Juga,  menghasilkan hormon yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan darah.

Setiap orang diciptakan dengan dua ginjal. Namun, kondisi tertentu bisa membuat seseorang hidup dengan satu ginjal atau ginjal soliter. Risiko hidup dengan satu ginjal dapat berupa sejumlah komplikasi pada tubuh. 

Oleh sebab itu, penting bagi orang dengan kondisi ini menjalani hidup sehat. Ketahui lebih dalam mengenai hidup dengan satu ginjal di ulasan berikut ini.

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Penyakit Ginjal yang Harus Anda Tahu

Penyebab Orang Harus Hidup dengan Satu Ginjal

Penyebab Orang Harus Hidup dengan Satu Ginjal

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa manusia diciptakan dengan dua ginjal. Akan tetapi, kadang-kadang seseorang hanya memiliki satu, yang disebut sebagai ginjal soliter. Tiga alasan utama seseorang mungkin memiliki satu ginjal meliputi berikut ini.

  • Cacat Lahir

Suatu kondisi yang disebut agenesis ginjal berarti seseorang dilahirkan dengan hanya satu ginjal. Dalam kondisi lain, displasia ginjal, seseorang dilahirkan dengan dua ginjal, tetapi yang berfungsi hanya satu.

  • Pengangkatan dengan Pembedahan (Nephrectomy)

Beberapa orang mungkin telah mengangkat salah satu ginjalnya akibat kanker atau penyakit lain.

  • Donasi Ginjal

Semakin banyak orang yang memilih untuk menyumbangkan ginjal kepada anggota keluarga atau teman. Akhirnya, orang tersebut harus hidup dengan satu ginjal saja.

Cara Sehat Hidup dengan Satu Ginjal

Cara Sehat Hidup dengan Satu Ginjal

Orang dengan satu ginjal wajib menjaga pola makan dan gaya hidup yang baik. Akan tetapi, mayoritas orang dengan ginjal soliter tidak perlu mengikuti diet tertentu. 

Artikel Lainnya: Mengenal Ciri dan Gejala Ruptur Ginjal yang Mesti Diwaspadai

Meski begitu, agar tetap sehat dengan satu ginjal, lebih baik ikuti beberapa cara sehat berikut :

  1. Tetap Aktif dan Bugar

Olahraga teratur memang tak hanya mengontrol berat badan Anda, tetapi dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. 

Aktivitas fisik juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Anda tidak harus melakukan aktivitas fisik yang berat untuk menuai hasil dari olahraga. Cukup dengan rutin berjalan, berlari, bersepeda, dan bahkan menari sangat baik untuk kesehatan Anda

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Minum delapan gelas air sehari merupakan nasehat yang sering Anda dengar, dan memang bertujuan baik guna mendorong tubuh agar tetap terhidrasi. 

Asupan air yang teratur dan konsisten sehat untuk ginjal Anda. Asupan cairan akan membantu membersihkan kelebihan natrium dan racun dari ginjal Anda yang dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Usahakan setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari. Faktor-faktor seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan, dan apakah Anda sedang hamil atau menyusui penting untuk dipertimbangkan saat merencanakan asupan air harian Anda.

  1. Pantau Berat Badan dan jalani diet yang sehat

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal, seperti diabetes, penyakit jantung, dan ginjal.

Diet sehat yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal. 

Fokus pada makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan lain-lain.

Individu  dengan satu ginjal juga harus mempertahankan pola diet sehat seperti rendah lemak dan garam. Hindari konsumsi alkohol, kafein, dan makanan berprotein tinggi terlalu banyak. 

Artikel Lainnya: Jenis Pemeriksaan Ginjal yang Perlu Diketahui

  1. Memonitor Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal, terutama jika memiliki masalah kesehatan lain seperti diabetes, penyakit jantung, atau hiperkolesterol. 

Perubahan gaya hidup dan pola makan sehat terbukti dapat membantu menjaga tekanan darah Anda agar tetap normal.

  1. Kendalikan Gula Darah 

Orang dengan diabetes, atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat mengalami kerusakan ginjal lebih lanjut. 

Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah. 

Jika terus menerus terjadi selama bertahun-tahun, hal ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang mengancam jiwa.

Baca Juga

Orang dengan ginjal soliter sangat bisa hidup seperti orang normal lainnya. Namun, tetap harus menerapkan gaya hidup yang sehat agar terhindar dari risiko hidup dengan satu ginjal. 

Anda bisa berkonsultasi lebih dalam terkait efek pada orang yang hidup dengan satu ginjal atau masalah kesehatan lainnya lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. 8 Ways to Keep Your Kidneys Healthy.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Intan Rengganis, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Trina Primalia Irawanti, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Felix Satwika, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Jus Seledri Bermanfaat Mencuci Ginjal?

Info Sehat
15 Feb

Pilihan Obat Batu Ginjal Rekomendasi Dokter

Info Sehat
14 Feb

Penyebab Urinoma, Penumpukan Urine di Luar Saluran Kemih

Info Sehat
10 Feb

Mengenal CAPD, Alternatif Lain untuk Cuci Darah

Info Sehat
10 Feb

Deretan Cara Mengobati Hidronefrosis yang Terbukti Efektif

Info Sehat
09 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat