Memelihara Anjing Bisa Bikin Panjang Umur, Ini Penjelasannya

Oleh dr. Bobtriyan Tanamas pada 19 Jan 2020, 11:00 WIB
Tahukah Anda, ternyata memelihara anjing dapat memberi manfaat positif bagi kesehatan pemiliknya. Mari ketahui ulasannya berikut ini.
Memelihara Anjing Bisa Bikin Panjang Umur, Ini Penjelasannya

Klikdokter.com, Jakarta Pasti sangat menyenangkan bila bisa memiliki hewan peliharaan yang selalu menemani kita. Salah satu yang paling favorit untuk dipelihara adalah anjing. Hewan berkaki empat ini memang pintar dan dapat dilatih. Selain itu, banyak orang senang memelihara anjing karena sifat setianya.

Beberapa studi di Amerika dan Inggris telah menemukan bahwa anjing dapat membantu pemiliknya untuk hidup lebih lama dibanding mereka yang tidak memelihara anjing. Ternyata, memiliki teman anjing bisa baik untuk kesehatan kita!

Faktanya, dua penelitian dan analisis terbaru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes mengatakan, sangat disarankan untuk memiliki anjing. Hal ini dapat membantu kita menjalani hidup yang lebih baik, lebih lama, dan lebih sehat.

Dilansir dari American Heart Association, mereka yang berjuang dengan serangan jantung dan hidup sendirian memiliki 33% risiko kematian lebih rendah bila memiliki seekor anjing. Sementara, orang yang selamat dari penyakit jantung dan hidup dengan orang lain (pasangan atau anak) memiliki risiko kematian 15% lebih rendah.

Begitu juga dengan orang-orang yang telah mengalami penyakit stroke. Memelihara anjing dapat meningkatkan harapan hidupnya. Jadi, pemilik anjing memiliki kemungkinan 31% lebih kecil untuk meninggal karena serangan jantung atau stroke dibanding yang tidak memiliki anjing.

Artikel lainnya: Memelihara Kucing? Anda Bisa Dapatkan Manfaat Sehat Ini

1 of 2

Memelihara Anjing Bisa Bikin Bahagia

Pria Memelihara Anjing
Pria Memelihara Anjing

Selain pada penyakit jantung dan stroke, manfaat memelihara anjing juga dapat dirasakan pada suasana hati. Pemiliknya bisa jadi lebih bahagia!

Berinteraksi dengan anjing dapat membantu tubuh untuk meningkatkan produksi hormon bahagia seperti oksitosin, serotonin, dan dopamin. Hal ini dapat menimbulkan rasa bahagia yang lebih baik dan membantu menurunkan kadar hormon stres (kortisol).

Memiliki anjing dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mengurangi depresi, serta meningkatkan kesegaran dan kebugaran fisik. Studi menunjukkan, orang-orang yang berjalan dengan anjing mereka bisa lebih banyak berolahraga dibanding yang tidak.

Dengan memelihara anjing, kita juga dapat membantu mengurangi gangguan kecemasan sosial dan lebih banyak berinteraksi dengan orang lain. Mungkin itu sebabnya pemilik anjing lebih jarang merasa kesepian, depresi, dan terisolasi.

Dampak Positif Memelihara Anjing bagi Kesehatan

Berikut beberapa hal baik yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita bila memelihara anjing:

1. Lebih Rajin Olahraga

Olahraga Bersama Anjing
Olahraga Bersama Anjing

Beberapa penelitian di dunia – khususnya Amerika dan Australia – mempelajari bahwa anjing membutuhkan kurang lebih 30 menit sehari untuk jalan santai. Biasanya, anjing juga tidak mau pergi sendirian dan akan minta pemiliknya untuk ikut.

Artikel lainnya: Benarkah Hobi Pelihara Reptil Rentan Tertular Penyakit?

Nah, mau tidak mau sang pemilik akan ikut jalan santai juga bukan? Umumnya anjing butuh melakukan aktivitas ini setiap hari. Bila memelihara anjing, Anda akan memiliki pola olahraga ringan yang baik untuk jantung.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Anjing memang suka melakukan aktivitas fisik dan merupakan kawan yang setia. Kedua kombinasi ini bisa memperbaiki produksi hormon relaksasi, serta kebugaran fisik yang dapat membantu menstabilkan sirkulasi pembuluh darah manusia.

3. Membantu Berhenti Merokok

Ilustrasi Berhenti Merokok
Ilustrasi Berhenti Merokok

Para pemilik anjing biasanya akan termotivasi untuk hidup sehat karena aktivitas fisik yang dapat dilakukan bersama. Penciuman anjing juga cukup tajam. Bila pemilik merokok, mereka biasanya tidak akan mau mendekat sampai bau rokok benar-benar hilang.

4. Bantu Melawan Depresi

Karena sifat dan tingkah lakunya yang menggemaskan, memelihara anjing dapat menolong pemilik dalam mengatasi depresi. Sifat anjing inilah yang terkadang membuat sang pemilik jauh dari kata depresi.

5. Anjing dapat Mendeteksi Kanker

Ilustrasi Kanker
Ilustrasi Kanker

Bila terlatih, anjing dapat mencium bau-bau yang aneh bahkan dari kejauhan. Beberapa anjing bahkan dapat mengetahui adanya kanker lewat aroma napas dan tinja pemiliknya.

6. Dapat Mengendus Bau Kacang bagi yang Alergi

Anjing yang terlatih dan biasa mengendus sesuatu juga bisa mengetahui aroma kacang. Entah itu yang berada di dalam kue atau makanan lainnya. Hal ini sangat membantu para pemilik yang memiliki riwayat alergi kacang.

Itulah sederet manfaat memelihara anjing yang baik bagi kesehatan. Harapan hidup bisa meningkat karena rasa bahagia dan aktivitas fisik yang diciptakan dari memiliki hewan lucu ini. Ingin tahu info menarik seputar kesehatan lainnya? Download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

(FR/RPA)

Lanjutkan Membaca ↓