Buah Kersen Sebagai Obat Asam Urat, Apakah Efektif?

Beredar kabar di masyarakat kalau penyakit asam urat dapat diatasi dengan buah kersen. Apa kata medis terkait kabar tersebut? Apakah fakta atau hoaks belaka?
Buah Kersen Sebagai Obat Asam Urat, Apakah Efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Buah kersen atau juga dikenal dengan sebutan talok adalah buah berbentuk bulat dan berwarna merah menyerupai ceri. Ceri lokal ini sangat mudah ditemukan karena memang dapat tumbuh secara liar, bahkan di pinggir-pinggir jalan.

Belakangan beredar kabar yang menyebut bahwa buah kersen dapat dijadikan sebagai obat asam urat. Apakah medis setuju dengan kabar tersebut?

Mengenal Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah hasil metabolisme dari purin. Semakin banyak purin yang masuk, semakin tinggi pula kadar asam urat di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa asupan yang mengandung purin dalam jumlah tinggi.

  • Daging merah berlemak.
  • Jeroan.
  • Seafood.
  • Susu dan keju yang tinggi lemak.
  • Makanan atau minuman manis.
  • Minuman beralkohol.

Ketika kadar asam urat terlalu tinggi, kristal asam urat akan terbentuk pada persendian sehingga menimbulkan penyakit yang disebut dengan gout.

Gout bisa menyebabkan sendi terasa nyeri, bengkak, kemerahan dan kaku, yang biasanya terjadi di sendi-sendi besar tubuh seperti jempol kaki, siku, lutut, pergelangan kaki, dan lainnya.

Tentu, adanya keluhan akibat gout bisa sangat mengganggu aktivitas. Tidak heran, orang yang mengalaminya berlomba-lomba mencari pengobatan yang tepat. Salah satu yang dipercaya dapat menjadi obat asam urat adalah buah kersen. Bagaimana faktanya?

Artikel Lainnya: Waspada Penyakit Asam Urat, Kenali Gejala dan Penanganannya

1 dari 3

Buah Kersen untuk Obat Asam Urat

Penasaran, Ini Manfaat Buah Kersen yang Tak Pernah Anda Duga
loading

Buah kersen memiliki kandungan nutrisi yang beragam, yaitu flavonoid, vitamin C, antosianin, antibiotik alami dan masih banyak lagi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, buah ini mampu mencegah terjadinya stres oksidatif akibat radikal bebas. Ini membuat buah tersebut mampu mencegah terjadinya penyakit kronik, seperti jantung, diabetes dan alzheimer.

Buah kersen juga memiliki efek anti-radang yang disebut mampu meredakan rasa nyeri, termasuk nyeri akibat asam urat tinggi.

Tidak hanya sebatas itu, penelitian juga mengatakan bahwa kandungan flovanoid di dalam buah kersen dapat menghambatan enzim xantin oksidase-yang berperan dalam meningkatkan asam urat di dalam tubuh.

Berawal dari mekanisme tersebut, timbul gagasan bahwa buah kersen dapat menurunkan kadar asam urat berkat kandungan flavonoid di dalamnya.

Untuk membuktikan gagasan tersebut, dilakukanlah penelitian dengan objek mencit. Setelah prosedur yang rumit, peneliti menemukan bahwa mencit yang diberi ekstrak buah kersen mengalami penurunan kadar asam urat.

Dari penelitian yang sama, peneliti juga didapatkan bahwa daun buah kersen juga dapat bermanfaat untuk penyakit asam urat. Ini karena daun kersen hampir memiliki kandungan yang sama dengan buahnya.

Sangat menjanjikan, namun hingga saat ini manfaat buah kersen sebagai asam urat masih dalam tahap uji coba pada hewan. Artinya, buah kersen masih belum sepenuhnya terbukti dapat mengobati asam urat pada manusia.

Artikel Lainnya: Penyebab Asam Urat pada Generasi Milenial

2 dari 3

Penyebab Asam Urat pada Generasi Milenial

Ilustrasi Asam Urat
loading

Kendati demikian, tidak ada salahnya jika Anda ingin merasakan sendiri manfaat buah kersen. Hal yang perlu diingat, Anda yang telah mengalami penyakit asam urat tidak bisa menjadikan buah kersen sebagai satu-satunya ‘obat’ untuk mengatasi keluhan.

Sekalipun dapat membantu meredakan gejala asam urat berkat kandungan air dan antioksidan di dalamnya, buah kersen hanya bertugas sebagai terapi pendukung.

Dengan kata lain, di samping konsumsi buah kersen, penderita penyakit asam urat atau gout tetap harus minum obat asam urat yang diberikan oleh dokter sesuai dosis yang telah ditetapkan.

Selain itu, penderita asam urat juga harus menerapkan gaya hidup aktif dan sehat, mengatur pola makan agar terhindar dari asupan purin berlebih, serta banyak minum air putih. Dan yang terpenting, periksa berkala ke dokter untuk memantau perkembangan penyakit asam urat yang dialami.

Baca Juga

Jika Anda punya pertanyaan seputar penyakit asam urat (gout), atau ingin memastikan informasi mengenai buah kersen yang dianggap sebagai obat asam urat, berkonsultasi ke dokter dari KlikDokter adalah pilihan yang tepat. Klik di sini.

(NB/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Apakah Petai Bisa Picu Asam Urat?

Info Sehat
20 Jan

Waspada Penyakit Asam Urat, Kenali Gejala dan Penanganannya

Info Sehat
04 Des

Sama-sama Bikin Nyeri Sendi, Ini Beda Asam Urat dan Pseudogout

Info Sehat
29 Nov

2 Cara Mencegah Asam Urat Kambuh pada Lansia

Info Sehat
27 Nov

Pengaruh Trigliserida terhadap Asam Urat

Info Sehat
24 Nov

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk