Buah Kersen Sebagai Obat Asam Urat, Apakah Efektif?
searchtext customer service

Buah Kersen Sebagai Obat Asam Urat, Apakah Efektif?

Penyakit asam urat konon bisa diatasi dengan mengonsumsi buah kersen. Apakah medis setuju? Cek fakta soal khasiat buah kersen untuk asam urat lewat ulasan berikut.
Buah Kersen Sebagai Obat Asam Urat, Apakah Efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Kersen atau disebut talok adalah buah berbentuk bulat dan berwarna merah menyerupai ceri. Jenis buah ini sangat mudah ditemukan, karena memang dapat tumbuh secara liar, bahkan di pinggir-pinggir jalan.

Belakangan, beredar kabar mengenai khasiat buah kersen untuk asam urat. Buah ceri lokal ini disebut mampu mengatasi penyakit gout alias asam urat.

Lantas, apa kata medis terkait kabar tersebut? Apakah fakta atau hanya sekadar dugaan semata? Yuk, cari tahu selengkapnya!

Artikel Lainnya: Benarkah Obat Asam Urat Menyebabkan Gangguan Ginjal?

Manfaat Buah Kersen untuk Asam Urat

Manfaat Buah Kersen untuk Asam Urat

Buah kersen memiliki kandungan nutrisi yang beragam, misalnya flavonoid, vitamin C, antosianin, antibiotik alami, dan lainnya. Semua kandungan tersebut diyakini bermanfaat bagi kesehatan. 

Buah kersen juga mengandung antioksidan yang tinggi. Karenanya, buah ini disebut mampu mencegah stres oksidatif akibat radikal bebas. 

Khasiat tersebut membuat buah kersen diyakini mampu mencegah penyakit kronis, termasuk penyakit jantungdiabetes, bahkan Alzheimer.

Tidak berhenti di situ, buah kersen juga memiliki efek antiradang yang diyakini dapat meredakan rasa nyeri, termasuk akibat akibat asam urat tinggi

Ada pula dugaan yang menyebut bahwa kandungan flavonoid di dalam buah kersen dapat menghambat enzim xantin oksidase. Enzim ini berperan dalam meningkatkan asam urat di dalam tubuh.

Dari kandungan tersebut, manfaat buah kersen diyakini dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Guna membuktikannya, dilakukanlah penelitian dengan objek mencit. 

Setelah prosedur yang rumit, peneliti menemukan bahwa mencit yang diberikan ekstrak buah kersen mengalami penurunan kadar asam urat.

Dari riset yang sama, peneliti menemukan bahwa daun buah kersen juga dapat bermanfaat untuk penyakit asam urat. Pasalanya, daun tersebut memiliki kandungan hampir sama dengan buahnya.

Namun hingga saat ini manfaat buah kersen sebagai obat asam urat masih dalam tahap uji coba pada hewan. Artinya, khasiat buah kersen untuk asam urat masih belum sepenuhnya terbukti apabila digunakan pada manusia.

Artikel Lainnya:  Mengenal Tophi, Komplikasi Asam Urat Karena Tidak Diobati

Bukan Obat Utama

Bukan Obat Utama

Anda yang telah mengalami penyakit asam urat tidak bisa menjadikan buah kersen sebagai satu-satunya ‘obat’ untuk mengatasi keluhan. Terlebih, hingga saat ini manfaat buah kersen untuk mengobati asam urat pada manusia masih belum dapat dipastikan. 

Atas dasar itu, daripada hanya mengandalkan buah kersen, penderita asam urat sebaiknya mengubah gaya hidup agar lebih aktif dan sehat. Anda pun mesti mengatur pola makan, agar terhindar dari asupan purin berlebih. Pastikan pula Anda banyak minum air putih, ya.

Hal yang tak kalah pentingnya, yaitu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala ke dokter. Hal ini untuk memantau kondisi kesehatan, sekaligus memonitor perkembangan penyakit asam urat yang Anda alami.

Baca Juga

Punya pertanyaan seputar penyakit asam urat? Atau, ingin memastikan informasi mengenai buah kersen yang dianggap sebagai obat gout? Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Efek Makan Emping Melinjo, Dapat Menyebabkan Asam Urat?

Info Sehat
11 Apr

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

Info Sehat
05 Apr

Cara Mempercepat Penyembuhan Pasien COVID-19 Omicron

Info Sehat
01 Apr

Benarkah Marshmallow Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan?

Info Sehat
30 Mar

Manfaat Tanaman Tarragon Bagi Kesehatan

Info Sehat
21 Mar

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
ARNOLDUS JAMUN
7 Hari Lalu

bagaimana cara komsumsinya buah kresen dan daunnya?

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat