Makanan Bernutrisi yang Bikin Kulit Sehat - Info Sehat Klikdokter.com
search

Makanan Bernutrisi yang Bikin Kulit Sehat

Mencukupi kebutuhan nutrisi harian adalah salah satu cara untuk mendapatkan kulit kencang, mulus, dan sehat. Berikut ini makanan yang menyehatkan kulit.
Makanan Bernutrisi yang Bikin Kulit Sehat

Perawatan untuk mendapatkan kulit sehat dan segar dapat dilakukan dengan penggunaan skincare tepat dan rutin.

Akan tetapi, perawatan pertama dan utama untuk kulit sehat sebenarnya dimulai dari makanan bernutrisi.

Makanan yang bagus untuk kulit adalah buah dan sayur. Sayur dan buah memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan perannya besar sekali dalam peremajaan dan regenerasi kulit.

Selain sayur dan buah-buahan, ada beberapa makanan yang bagus untuk kulit sehat lainnya antara lain:

1. Ikan yang Kaya Omega-3

Makanan untuk kesehatan kulit pertama adalah ikan kaya omega-3 seperti salmon, mackerel, dan herring. Kandungan omega-3 diketahui bisa menjaga kesehatan kulit.

Asam lemak omega-3 diperlukan untuk menjaga kulit tetap kenyal dan lembap. Kekurangan lemak omega-3 dapat menyebabkan kulit kering.

Artikel Lainnya: Daftar Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Lemak omega-3 pada ikan dapat mengurangi peradangan penyebab kemerahan dan jerawat. Nutrisi ini juga membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, yaitu salah satu antioksidan terpenting untuk kulit. Mendapatkan cukup vitamin E penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

1 dari 7

2. Alpukat

Alpukat
loading

Makanan untuk kulit cantik berikutnya adalah buah alpukat. Alpukat kaya akan lemak sehat. Buah berdaging lembut ini bermanfaat untuk banyak fungsi organ tubuh, termasuk kulit. Salah satunya menjaga kulit tetap elastis dan lembap.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E. Vitamin ini membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif.

Menariknya, vitamin E tampaknya lebih efektif jika dikombinasikan dengan vitamin C. Vitamin C dibutuhkan untuk membuat kolagen, yaitu protein yang membuat kulit tetap kenyal dan kencang.

3. Biji Bunga Matahari

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan yang baik untuk kulit. Biji bunga matahari bisa menjadi contoh yang tepat.

Satu ons (28 gram) biji bunga matahari dapat memenuhi 37 persen rekomendasi asupan harian vitamin E, 32 persen selenium, 10 persen seng, dan 5,4 gram protein.

2 dari 7

4. Brokoli

Brokoli
loading

Brokoli merupakan makanan yang sehat untuk kulit karena kaya vitamin dan mineral, termasuk zinc, vitamin A, dan vitamin C.

Sayuran hijau ini juga mengandung lutein, yaitu karotenoid yang berfungsi seperti beta-karoten. 

Lutein diketahui melindungi kulit dari kerusakan oksidatif penyebab kulit kering dan keriput.

Batang brokoli juga banyak manfaatnya untuk kulit. Bagian ini mengandung senyawa khusus yang disebut sulforaphane. Senyawa ini merupakan agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. 

Sulforaphane bekerja dengan dua cara, yakni menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengaktifkan sistem perlindungan lain di tubuh.

Dalam tes laboratorium, sulforaphane mengurangi jumlah sel kulit yang terbunuh oleh sinar UV hingga 29 persen. Bukti juga menunjukkan sulforaphane dapat mempertahankan kadar kolagen di kulit.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

5. Tomat

Tomat mengandung vitamin C tinggi dan likopen. Beta-karoten, lutein, dan likopen di dalam tomat telah terbukti melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Di samping itu, tomat juga dapat membantu mencegah kerutan.

Karena mengandung semua karotenoid utama, tomat menjadi salah satu makanan sehat untuk kulit.

Sebaiknya konsumsi makanan kaya karotenoid seperti tomat dengan sumber lemak seperti keju atau minyak zaitun. Lemak meningkatkan penyerapan karotenoid.

3 dari 7

6. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam
loading

Faktanya, efek kakao dari cokelat hitam pada kulit sangat luar biasa. Hal ini pernah diujicobakan pada partisipan yang mengonsumsi bubuk kakao tinggi antioksidan setiap hari selama 6-12 minggu.

Hasilnya, para partisipan mengaku kulit mereka lebih terhidrasi, tidak kasar dan bersisik, serta lebih kuat terhadap sengatan matahari.

7. Teh Hijau

Teh hijau dapat melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan. Katekin sebagai senyawa kuat di dalam teh hijau bermanfaat meningkatkan kesehatan kulit.

Teh hijau juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Satu studi selama 12 minggu pada 60 wanita menemukan, minum teh hijau setiap hari dapat mengurangi kulit kemerahan akibat sinar matahari hingga 25 persen.

Teh hijau juga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit para partisipan.

4 dari 7

8. Kiwi

Kiwi
loading

Kiwi merupakan salah satu buah kaya vitamin C. Bahkan kandungan tersebut lebih banyak kadarnya pada kiwi dibanding jeruk. Hal itulah yang membuat kiwi sangat baik bagi kesehatan kulit.

Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat kuat dan dapat mengatasi radikal bebas di dalam sel.

Beberapa penelitian menunjukkan vitamin C dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, membantu produksi kolagen, dan menjaga hidrasi kulit.

Makanlah kiwi dalam bentuk utuh. Dalam bentuk tersebut, buah kiwi sangat kaya vitamin C.

Artikel Lainnya: Atasi Wajah Berminyak dengan Konsumsi Makanan Ini

9. Kale dan Bayam

Kale dan bayam adalah sayuran yang memiliki daun hijau dan merupakan contoh sumber nutrisi terbaik.

Hampir semua jenis vitamin terkandung di dalam kale dan bayam. Sayuran-sayuran ini juga sangat kaya antioksidan.

Beberapa penelitian menunjukkan orang-orang yang mengonsumsi 2 atau 3 porsi sayuran tersebut dalam seminggu akan menurunkan risiko kanker kulit.

5 dari 7

10. Yoghurt

Yoghurt
loading

Selain kaya serat dan protein, yoghurt juga mengandung banyak probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu melawan proses peradangan, termasuk pada kulit.

Beberapa jenis peradangan yang dapat terjadi pada kulit adalah jerawat, dermatitis atopik, dan psoriasis.

Selain itu, probiotik pada yoghurt juga dapat menjaga hidrasi kulit sehingga mencegah kekeringan.

11. Air Putih

Mengonsumsi banyak air putih adalah salah satu jalan terbaik dan termudah untuk menjaga kesehatan kulit. Jangan membatasi asupan air hanya 8 gelas sehari. Karena, sebenarnya kebutuhan air setiap orang berbeda-beda.

Jika lebih sering berada di luar ruangan dengan risiko banyak kehilangan air, maka minumlah lebih dari 8 gelas per hari.

Standar paling mudah adalah lihat warna urine, jika masih kelihatan kental, berarti masih kekurangan air. Anda juga bisa mendapatkan air dari buah, seperti melon.

6 dari 7

12. Wortel

Wortel
loading

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran kaya beta-carotene. Zat ini sangat baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Wortel juga kaya magnesium yang dapat membantu merelaksasi saraf dan otot.

Jika kekurangan magnesium, maka Anda berpotensi mengalami gangguan tidur yang akan berdampak pada kesehatan kulit.

Artikel Lainnya: Konsumsi Sayuran Pengaruhi Warna Kulit, Ini Faktanya

13. Kacang-Kacangan

Ada begitu banyak kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi, seperti almond, hazelnut, dan kacang tanah.

Jenis makanan ini sangat kaya vitamin E, yang merupakan antioksidan penting bagi kesehatan kulit.

Vitamin E disebut-sebut mampu mencegah kerusakan kolagen. Vitamin ini juga berperan besar melawan berbagai radikal bebas di dalam tubuh.

Baca Juga

Mengonsumsi beragam makanan yang bagus untuk kulit di atas memang bisa membantu mendapatkan kulit sehat. Tapi, makanan saja tidak cukup.

Anda tetap harus rutin membersihkan kulit, menggunakan pelembap, dan tidur cukup. Kalau ada pertanyaan seputar kesehatan kulit, konsultasi lewat LiveChat dokter kulit.

(FR/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Kartika Paramita, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Konsumsi Selai Kacang Tanah Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Info Sehat
02 Okt

Manfaat Minyak Marula untuk Kulit Lembap dan Awet Muda

Info Sehat
01 Okt

Inilah Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Anda

Info Sehat
30 Sep

Manfaat Rumput Laut untuk Penderita Hipertensi

Info Sehat
30 Sep

Manfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Kulit

Info Sehat
29 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat