Royco Bantu Ibu Indonesia Cukupi Kebutuhan Gizi dengan Nutrimenu

Royco mengeluarkan program Nutrimenu untuk mendukung ibu Indonesia memberikan gizi seimbang guna mencegah stunting dan juga obesitas. Bagaimana hasilnya?
Royco Bantu Ibu Indonesia Cukupi Kebutuhan Gizi dengan Nutrimenu (Foto: Press Release Royco)

Klikdokter.com, Jakarta Pada Selasa 28 Januari 2020 lalu, Royco bersama Unilever meluncurkan program NutriMenu “Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku”. Program ini membantu Ibu di Indonesia menyiapkan makanan dengan gizi seimbang untuk anak-anaknya.

Acara yang bertempat di bilangan Senopati, Jakarta Selatan, ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, sebagai guru besar ilmu gizi, dr. Diana Suganda, Sp. GK, ahli gizi, dan drg. Ratu Mirah Afifah dari Yayasan Unilever.

Selain itu dimeriahkan pula oleh Nirina Zubir, selebritas yang peduli gizi seimbang pada anak, Hernie Raharja, VP of Food and Beverages PT. Unilever Indonesia, dan juga Chef Yuda Bustara.

Program Gizi Seimbang untuk Cegah Stunting Anak

Royco bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), serta pemerintah daerah Garut untuk mendukung program Isi Piringku. Program ini termasuk bagian dari Pedoman Gizi Seimbang yang telah digalakkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Program ini dilakukan sebagai upaya mencegah risiko ketidakseimbangan gizi pada anak-anak, seperti stunting dan obesitas.

Artikel Lainnya: Pedoman Gizi Seimbang, Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna

Garut terpilih menjadi tempat dilaksanakannya program tersebut karena memiliki kasus tertinggi di mana banyak anak-anak yang mengalami gizi tidak seimbang.

Untuk mendukung program Nutrimenu, Royco dan IPB (Institut Pertanian Bogor) melakukan penelitian yang dibantu oleh warga. Para partisipan, yaitu para ibu-ibu, diberikan tugas untuk memberi informasi memasak dengan menu gizi seimbang

Mulai dari seberapa banyak porsi ideal di piring makan anak, dan juga cara kreatif menggunakan bahan pangan yang ada di sekitar rumah.     

Hasil Program Nutrimenu Isi Piringku dari Royco

Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan menemukan bahwa penelitian selama 21 hari membuahkan progress, “Keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa program Royco Nutrimenu memberikan peningkatan pengetahuan gizi dan praktik masak para Ibu untuk memasak sesuai panduan,” ungkapnya.

Artikel Lainnya: 5 Nutrisi Penting bagi Kesehatan Anak

“Bahkan, sekitar tiga per empat peserta (75%), kini sudah dapat menyusun porsi pangan sumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah dengan benar,” tambahnya disela-sela konferensi pers berlangsung.

Selain mengedukasi para ibu-ibu untuk masak sesuai Pedoman Gizi Seimbang dari Kemenkes, Royco Nutrimenu juga memperkenalkan bahan-bahan masakan yang termasuk dalam “50 Bahan Pangan Masa Depan”.

Ini adalah upaya agar ibu bisa terinspirasi menciptakan menu masakan rumah yang lezat, sehat dan terjangkau. Beberapa bahan yang termasuk di dalamnya adalah bayam, pak choi, daun kelor, selada air, okra, ubi jalar, dan kacang hijau.

Sebagai dokter gizi, dr. Diana F. Suganda mengatakan bahwa “Porsi makanan yang dianjurkan adalah setengah piring terdiri dari buah dan sayur, dan setengah piring sisanya adalah sumber karbohidrat dan lauk-pauk,“ jelasnya.

Dengan bahan-bahan yang sebetulnya mudah didapatkan di pasar atau bahkan pekarangan rumah, ibu bisa menyiapkan makanan bergizi untuk anak.

“Contohnya  ada menu sup ayam daun kelor. Daun yang sering ada di pekarangan rumah ini kaya akan protein, vitamin C, zat besi, potasium dan nutrisi penting lainnya,” tambah dr. Diana.

Hal ini juga diyakini oleh selebritas Nirina Zubir, pemain film sekaligus Ibu dari dua anak, mengatakan, “Sebagai Ibu yang peduli gizi seimbang untuk anak, hadirnya program Royco Nutrimenu ini membantu saya menyediakan makanan yang bernutrisi namun tetap mudah dan lezat.‘’

Baca Juga

Jadi mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk Ibu tidak memberikan anak makanan mengandung gizi seimbang. Para ibu bisa mendapatkan bahan pangan yang harganya murah dan tahu takaran porsi yang maksimal dengan panduan resep Nutrimenu dari Royco.

Bila Anda ingin mengetahui soal gizi sehat, stunting, dan keseimbangan nutrisi, bisa cek fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter. Ini bisa menjadi satu cara untuk menjaga gizi seimbang pada makanan anak.

(AYU/RPA)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Pilihan Makanan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

Info Sehat
25 Jan

Penuhi Kebutuhan Gizi Seimbang dengan Panduan Piring Makan

Info Sehat
25 Jan

Diet Terbaik untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Info Sehat
19 Jan

Berbagai Manfaat Likopen bagi Kesehatan Tubuh

Info Sehat
16 Jan

Ketahui Gejala Kekurangan Zat Besi pada Bayi

Info Sehat
16 Jan

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk