Muntah Darah karena Alkohol, Ini Penyebabnya
searchtext customer service

Muntah Darah setelah Mabuk Alkohol, Apa Penyebabnya?

Hati-hati bagi kamu peminum alkohol. Orang yang mabuk alkohol kadang mengalami muntah darah. Kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.
Muntah Darah setelah Mabuk Alkohol, Apa Penyebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Muntah saat mabuk minuman beralkohol cukup umum terjadi. Namun, kondisi yang tak biasa adalah bila muntahnya berupa darah. 

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab muntah darah setelah minum alkohol. Mari ketahui lebih lanjut mengapa muntah darah karena alkohol bisa terjadi dan cara mengobatinya.  

Penyebab Muntah Darah Setelah Minum Alkohol

Penyebab Muntah Darah Setelah Minum Alkohol

Sebenarnya, terdapat banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan muntah darah. Jika kasusnya berhubungan dengan konsumsi alkohol, umumnya ada tiga penyebab muntah darah akibat alkohol, yaitu: 

  1. Iritasi pada tenggorokan 
  2. Luka di saluran pencernaan, khususnya tukak lambung 
  3. Pecah varises di esofagus

Biasanya, muntah darah gara-gara alkohol dipicu oleh kondisi medis yang sebelumnya sudah dimiliki, misalnya tukak lambung. Ciri-ciri tukak lambung yang sudah parah adalah muntah darah. 

Artikel lainnya: Minum Alkohol Bisa Merusak Gigi dan Mulut, Ini Daftar Efek Buruknya

Sementara, minuman beralkohol adalah minuman yang bisa merangsang asam lambung dan membuat iritasi lambung makin parah.

Ketika tukak lambung yang parah itu terkena alkohol terus-menerus, luka akan semakin luas dan dalam. Ketika si penderita muntah, tidak hanya cairan yang keluar, melainkan akan bercampur darah.

Hal itu juga bisa dipengaruhi oleh jumlah alkohol yang terlalu banyak diminum. Semakin banyak alkohol yang diminum, penyakit tukak lambung berubah akut dan semakin memicu muntah darah. 

Apabila orang tersebut termasuk peminum “lama” dan perokok berat selama bertahun-tahun, kemungkinan penyebab muntah darah adalah pecah varises esofagus.

Kondisi pecah varises esofagus adalah pembesaran abnormal pada vena yang terletak pada esofagus atau kerongkongan. Hal ini terjadi akibat hipertensi portal, yaitu meningkatnya tekanan di dalam vena porta. 

Pecah varises esofagus terjadi saat peminum berat sudah memiliki kerusakan hati atau sirosis hati. Sirosis hati adalah jaringan parut yang terjadi pada hati akibat kerusakan jangka panjang.

Gejala sirosis hati tidak muncul di tahap awal, melainkan terjadi akibat proses kronis atau jangka panjang. Semakin rusak organ hati, barulah gangguan tersebut menunjukkan gejala, salah satunya muntah darah.

Apa pun penyebabnya, sudah waktunya untuk melakukan pemeriksaan yang lebih serius jika muntah darah terjadi. Jika didiamkan, kondisi ini bisa berakibat fatal.

Artikel lainnya: Mengapa Alkohol Bisa Merusak Hati?

Cara Mengobati Muntah Darah Karena Minuman Keras

Cara Mengobati Muntah Darah Karena Minuman Keras

Apabila kamu mengalami muntah darah setelah minum alkohol, ada beberapa hal yang dapat dilakukan: 

  1. Bila jumlah darah yang keluar hanya beberapa titik dan tidak mencapai 1 sendok teh, jangan panik. Duduklah bersandar setidaknya 30 derajat 
  2. Hentikan konsumsi minuman keras segera 
  3. Jangan mengonsumsi apa pun hingga muntah berhenti

Apabila jumlah darah yang keluar berwarna merah segar dan jumlahnya cukup banyak, segera hubungi ambulans atau minta pertolongan agar dapat diantar segera ke rumah sakit. 

Apa pun penyebab muntah darah, pada dasarnya orang yang mengalaminya harus segera ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan medis. Sebab, bukan tak mungkin akan terjadi kehilangan banyak darah, lemas, dan hilang kesadaran akibat organ dalam yang terus berdarah.

Jika kamu tidak memiliki masalah lambung sebelumnya ataupun gangguan organ hati, dan hanya minum alkohol sedikit (atau bahkan jarang) tetapi muntah darah, jangan tunda juga periksa ke dokter.

Baca Juga

Bisa saja ada penyebab muntah darah lain, sehingga harus diperiksa lebih lanjut. Untuk konsultasi awal, kamu bisa tanya dokter di aplikasi KlikDokter yang lebih praktis.

Dapatkan berbagai info kesehatan, layanan konsultasi, tebus obat, dan berbagai tes kesehatan di aplikasi KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Jus Acar Jadi Minuman Pereda Mabuk Alkohol, Efektifkah?

Info Sehat
05 Jul

Kecanduan Alkohol, Ini Cara agar Gigi Tetap Sehat

Info Sehat
27 Jun

Kondisi Orang Saat Mabuk, Kenapa Bisa Berkata Lebih Jujur?

Info Sehat
22 Jun

Bolehkah Ibu Hamil Minum Red Wine?

Info Sehat
26 Mei

Efek Berhenti Minum Alkohol, Tubuh Lebih Sehat!

Info Sehat
12 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat