Penyebab Lidah Berwarna Hijau, Bukan Permen Warna!
search

Bukan karena Permen Warna, Ini Penyebab Lidah Jadi Hijau

Saat bercermin, Anda kaget melihat lidah sendiri. Sebab, yang biasanya merah muda, sekarang berwarna kehijauan! Pertanda apa, ya, ini?
Bukan karena Permen Warna, Ini Penyebab Lidah Jadi Hijau

Klikdokter.com, Jakarta Kondisi rongga mulut bisa menunjukkan kesehatan. Salah satunya adalah perubahan warna pada lidah, seperti lidah berwarna hijau. Bila Anda mengalaminya dan sebelumnya tidak makan permen warna hijau, ada kondisi yang perlu dicurigai.

1 dari 2

Penyebab Lidah Berwarna Hijau

loading

Normalnya, lidah berwarna pink atau kemerahan. Bila sampai berubah warna atau tampilan menjadi hijau, berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebabnya.

  1. Oral Thrush

Ilustrasi Oral Thrush
loading

Menurut drg. Wiena Manggala Putri dari KlikDokter, oral thrush merupakan infeksi jamur di mulut. Kondisi bisa memunculkan gejala berupa bercak putih atau kemerahan yang menempel pada gusi, lidah, pipi, atau langit-langit mulut.

Bercak yang tadinya berwarna putih lama-kelamaan berubah menjadi kehijauan. Selain itu, bisa juga disertai gejala munculnya benjolan di lidah, nyeri, sulit menelan dan berbicara, hingga mudah berdarah jika bergesekan keras dengan makanan atau sikat gigi.

Artikel lainnya: Warna Lidah Bisa Mendeteksi Kondisi Kesehatan Anda

  1. Leukoplakia

Leukoplakia
loading

Leukoplakia adalah plak atau bercak berwarna putih yang ditemukan pada mulut. Meski umumnya muncul di lidah, bercak tersebut juga bisa muncul di langit-langit, rongga mulut, gusi, atau bibir.

Bercak yang muncul akibat leukoplakia sering kali mengalami perubahan warna menjadi kehijauan, lalu terjadi penebalan, dan tidak dapat dihilangkan dengan cara digosok.

Tak hanya itu, leukoplakia berhubungan dengan peningkatan risiko terjadinya kanker mulut.

Penyebab leukoplakia ada beberapa macam. Mulai dari kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, kekurangan vitamin A atau B, terjadi gesekan berulang yang mengiritasi selaput lendir mulut, hingga infeksi jamur.

Jika setelah diperiksa penyebab lidah hijau adalah jamur, nantinya dokter akan memberikan obat antijamur. Namun, bila setelah pemeriksaan biopsi ditemukan sel abnormal, dokter mungkin akan melakukan pembedahan untuk membuang bercak tersebut.

Artikel lainnya: Penyebab Radang Permukaan Lidah yang Tak Boleh Anda Abaikan

  1. Lidah Berbulu

Ilustrasi Lidah Berbulu
loading

Lidah berbulu atau hairy tongue adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan permukaan atas lidah yang tidak normal. Kondisi ini terbilang umum, khususnya pada pria berusia tua yang kurang menjaga kebersihan mulutnya.

Pada kasus lidah berbulu, terdapat kumpulan jaringan penutup lidah yang rusak. Biasanya, lidah ditutupi oleh tonjolan yang berbentuk kerucut, yang biasa disebut filiform papillae, dengan ukuran panjang 1 mm.

Namun, jika sudah parah, panjang papillae bisa melebihi 1 mm, sehingga terlihat seperti bulu yang tumbuh di lidah. Kondisi ini akan terlihat dalam berbagai warna, misalnya cokelat, putih, atau hijau.

Selain itu, juga bisa muncul sensasi terbakar akibat akumulasi bakteri dan ragi.

Tak hanya bau mulut, seseorang yang punya kondisi lidah berbulu akan tersedak saat menelan, atau bagian atap mulut atau bagian belakang tenggorokannya terasa seperti digelitik karena filiformis papillae yang terlalu panjang.

Artikel lainnya: Lidah Berbulu, Penyakit Apa Itu?

  1. Lichen Planus

Lichen Planus
loading

Lichen planus adalah kelainan yang ditandai dengan munculnya kemerahan di kulit atau lesi di mulut. Penyebabnya sampai sekarang belum diketahui secara pasti, tapi kondisi ini dikaitkan dengan gangguan sistem imunitas tubuh.

Kabar baiknya, lichen planus bukan penyakit infeksi dan tidak menular. Pada rongga mulut, gejalanya berupa bercak berwarna merah atau putih yang melekat pada dinding rongga mulut, serta bisa disertai nyeri atau sensasi terbakar.

Bila lichen planus tidak segera diobati, lama-lama bercak tersebut akan berubah warna menjadi hijau.

Artikel lainnya: 9 Gejala Kanker Mulut

  1. Kanker Mulut

Penyakit Kanker Mulut
loading

Kanker terjadi ketika ada jaringan abnormal yang tumbuh di dalam mulut. Biasanya, tanda peringatannya adalah sariawan yang tak kunjung sembuh dan disertai perdarahan.

Gejala lainnya yang juga mesti diperhatikan adalah:

  • Gigi goyang tanpa sebab yang jelas.
  • Muncul benjolan atau penebalan di dinding dalam mulut.
  • Ada bercak merah atau putih di dalam mulut. Sama seperti penyakit lainnya, bercak putih ini lama-kelamaan akan berubah warna menjadi hijau.

Tak cuma perubahan jaringan dalam mulut, ada pula tanda-tanda lain yang mengindikasikan kanker mulut, misalnya:

  • Rasa sakit di mulut.
  • Sulit atau sakit saat menelan serta mengunyah.
  • Rahang kaku dan nyeri.
  • Sakit tenggorokan.
  • Suara atau cara bicara berubah (jadi cadel).
  • Kalau sudah parah, penderitanya akan kesulitan dalam berbicara, serta muncul benjolan di leher karena kelenjar getah bening yang bengkak.
Baca Juga

Itulah beberapa kondisi medis penyebab lidah berwarna hijau. Coba ingat-ingat lagi apa saja gejala yang dirasakan. Bila ada rasa sakit, perubahan warna dan tampilan, atau gejala penyerta lainnya yang tak biasa, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar bisa dikonfirmasi penyebab sekaligus penanganannya.

(RN/RPA)

ARTIKEL TERKAIT

9 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Pria

Info Sehat
19 Sep

Dampak Mengunyah Tembakau pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Info Sehat
01 Jun

Mengungkap Baik Buruk Sambal untuk Kesehatan

Info Sehat
29 Mei

Ini Bahayanya Jika Anda Merokok setelah Olahraga

Info Sehat
27 Feb

8 Hal yang Bisa Menyebabkan Nyeri Wajah

Info Sehat
06 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat