Amankah Mengobati Jerawat dengan Daun Sirsak?

Khasiat daun sirsak yang memiliki efek dapat melawan bakteri dan meredakan peradangan membuatnya dinilai dapat berguna sebagai obat jerawat. Amankah digunakan?
Amankah Mengobati Jerawat dengan Daun Sirsak?

Klikdokter.com, Jakarta Jerawat masih menjadi salah satu momok menakutkan bagi beberapa orang. Mulai dari pengobatan berbahan kimia sampai alami, akan dicoba demi kulit wajah mulus bebas jerawat. Lalu katanya, daun sirsak bisa diolah dan digunakan sebagai obat jerawat alami. Apakah efektif dan telah terbukti aman?

Kandungan dan Manfaat Daun Sirsak

Mengobati jerawat bukanlah hal yang gampang dan murah. Sudah sangat banyak jenis pengobatan untuk masalah jerawat. Mulai dari bentuk krim, bedak, pencuci muka, berbagai tindakan di dokter, sampai minum obat.

Sayangnya, obat-obatan yang berbahan kimia sering menimbulkan efek samping terhadap penggunanya. Jika ada bahan kimia yang harganya mahal, dan ketika digunakan ternyata tidak terbukti aman bagi kesehatan.

Maka itu, banyak orang yang beralih dari obat berbahan kimia ke obat jerawat alami, salah satunya adalah pakai daun sirsak yang digunakan sebagai masker wajah.

Caranya, daun sirsak ditumbuk sampai halus, lalu campurkan dengan toner air mawar. Setelahnya, baru dioleskan secara merata ke wajah yang berjerawat selama beberapa saat, kemudian bilas air bersih.

Penggunaan secara teratur katanya dapat memberikan hasil jerawat yang membaik. Berikut adalah manfaat daun sirsak yang dipercaya bisa mengobati jerawat.

  1. Mengandung Antioksidan

Ilustrasi Antioksidan

Salah satu khasiat yang ditemukan dalam manfaat daun sirsak adalah antioksidan. Antioksidan adalah senyawa alami lainnya mampu memberikan efek untuk mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Antioksidan pada manfaat daun sirsak juga dipercaya dapat menekan produksi kelenjar minyak secara berlebih. Hal tersebut merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Artikel lainnya: Sudah Bukan Remaja tapi Jerawat Masih Muncul, Ini 6 Penyebabnya

  1. Mengandung Sifat Antibakteri

Ilustrasi Bakteri

Menurut sebuah penelitian dari Brazil pada tahun 2010, ada kandungan antibakteri yang terdapat dalam manfaat daun sirsak.

Penelitian tabung reaksi ini, menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat bekerja melawan bakteri penyebab kolera dan bakteri Staphylococcus yang pada beberapa kasus memicu munculnya jerawat.

Terlepas dari hasil di atas yang terkesan menjanjikan, penting untuk diingat bahwa ini adalah studi tabung yang biasanya menggunakan ekstrak daun sirsak yang sangat pekat.

Selain itu, belum ditemukan penelitian langsung tentang manfaat daun sirsak pada jerawat, baik uji hewan maupun manusia.

Artikel lainnya: Makanan Manis Bikin Jerawat Muncul?

  1. Mengandung Sifat Anti-peradangan

Peradangan pada Kulit

Menurut Journal of Medicinal Food tahun 2014, manfaat daun sirsak dan buahnya  diketahui dapat meredakan peradangan di dalam tubuh. Penelitian ini menggunakan tikus yang mengalami peradangan dan diobati dengan ekstrak sirsak.

Singkatnya, tingkat peradangan dan pembengkakan yang dialami tikus jadi berkurang setelah diobati pakai daun sirsak. Manfaat inilah yang diyakini berkhasiat untuk mengobati jerawat yang terjadi akibat peradangan di kulit. 

1 dari 2

Daun Sirsak Tidak Aman untuk Jerawat

loading

Sampai saat ini tidak ada anjuran atau penelitian medis yang menyatakan bahwa masker daun sirsak aman dan boleh digunakan untuk mengobati jerawat.

Masih dibutuhkan penelitian uji klinis terhadap manusia untuk mengetahui manfaat daun sirsak untuk kulit wajah.

Daun sirsak juga punya beberapa efek samping yang berbahaya jika digunakan asal pada kulit tubuh Anda. Ini karena penggunaan daun sirsak termasuk dalam obat herbal. Di mana tingkat keamanan dan keampuhannya masih sangat kecil, alias berbahaya.

Baca Juga

Efek samping akibat pakai obat herbal untuk jerawat bisa termasuk reaksi alergi dan iritasi kulit. Jika Anda mengalami peradangan, gatal, atau terbakar, hentikan penggunaan dan segera konsultasi dengan dokter kulit.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa manfaat daun sirsak belum terbukti aman untuk mengatasi jerawat, ya! Disarankan untuk tetap konsultasi ke dokter guna mengatasi masalah kulit yang Anda alami. Untuk tahu tentang cara mengobati jerawat yang aman dan praktis, jangan ragu ajukan pertanyaan lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Efektifkah Air Rebusan Daun Sirsak untuk Mengobati Kanker Payudara?

Info Sehat
04 Feb

Hati-hati! Sering Naik Pesawat Bisa Tingkatkan Risiko Wajah Jerawatan

Info Sehat
03 Feb

Bisakah Wajah Bopeng Kembali Mulus?

Info Sehat
13 Jan

Cek di Sini Kondisi Jerawat yang Perlu Penanganan Dokter

Info Sehat
11 Jan

Atasi Jerawat dengan Pasta Gigi, Efektifkah?

Info Sehat
02 Jan

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk