Napas Segar dan Gigi Kuat, Kenali Manfaat Alami Siwak

Sebagai bahan herbal yang telah lama dipercaya mampu menjaga kesehatan mulut, apa sebenarnya manfaat siwak menurut pandangan medis?
Napas Segar dan Gigi Kuat, Kenali Manfaat Alami Siwak

Klikdokter.com, Jakarta Napas segar dan gigi yang sehat adalah modal awal untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Oleh karena itu, Anda mesti mengupayakan untuk menjaga kesehatan gigi dengan saksama.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah menjaga kesehatan gigi dengan baik, sehingga tidak mengalami bau mulut dan gangguan kesehatan lainnya?

Perlu Anda tahu, kesehatan mulut yang optimal dapat memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Sebab, mulut dapat menjadi ‘pintu masuk’ berbagai kuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Beberapa ahli kesehatan percaya bahwa kesehatan mulut yang terjaga tak hanya mencegah terjadinya bau mulut dan gigi berlubang, tapi juga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Anda tentu ingin sehat secara keseluruhan, bukan? Karenanya, perhatikan lagi kesehatan gigi dan mulut Anda mulai saat ini. Salah satu bentuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan siwak.

Mengenal Kandungan dalam Siwak

Siwak adalah ranting atau batang dari pohon Salvadora Persica. Benda yang disebut miswak dalam bahasa Arab ini memiliki bentuk yang kecil dan berwarna cokelat muda.

Siwak telah lama digunakan sebagai metode alami untuk membersihkan gigi. Dengan menggabungkan fungsi sikat gigi dan pasta gigi, sifat anti-bakteri dari siwak dapat melindungi gigi dari berbagai kerusakan.

Penelitian juga mengatakan bahwa siwak memiliki sifat anti-jamur, anti-virus, anti-karsinogenik dan anti-plak. Pada penelitian lain, siwak juga dikatakan memiliki efek anti-oksidan, analgesik dan anti-radang di dalamnya.

1 dari 2

Manfaat Siwak dalam Menjaga Kesehatan Mulut

loading

Berikut ini adalah beberapa manfaat siwak untuk kesehatan mulut dan gigi Anda:

  • Mencegah Gigi Berlubang

Air liur adalah pertahanan alami mulut terhadap bakteri, karena dapat menetralkan kadar asam di dalam rongga mulut. Karena itu, air liur yang cukup dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan mencegah gigi berlubang.

Nah, siwak mampu meningkatkan pembentukan air liur di rongga mulut tanpa perlu menambah zat lain, sehingga secara alami berperan dalam mencegah kerusakan gigi.

Tak hanya itu, penggunaan siwak secara teratur juga dapat membantu memperkuat lapisan enamel gigi, karena kandungan natrium klorida, natrium bikarbonat dan kalsium oksida di dalamnya.

  • Mencegah Timbulnya Plak Gigi

Plak adalah lapisan lengket yang terbentuk akibat bakteri yang muncul dari sisa makanan yang menempel di gigi dan gusi.

Jika dibiarkan tanpa perawatan, plak dapat mengeras dan menjadi karang gigi. Lama-kelamaan, karang gigi dapat menimbulkan peradangan pada gusi dan penyakit gusi lainnya.

Nah, sebelum hal tersebut terjadi, bersihkanlah gigi Anda menggunakan siwak secara rutin dan teratur. Siwak memiliki sifat anti-bakteri, sehingga dapat mencegah terjadinya pembentukan plak pada gigi dan gusi.

  • Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis dapat menjadi tanda dari adanya masalah pada gigi dan mulut. Selain itu, kondisi ini juga bisa menandakan bahwa produksi air liur di dalam mulut Anda sangat sedikit.

Anda tentu tak ingin terganggu gara-gara bau mulut, bukan? Karenanya, cobalah untuk bersiwak secara teratur. Siwak memiliki sifat anti-bakteri, yang juga dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Dengan ini, bau mulut tidak akan terjadi.

Di samping itu, siwak juga mengandung zat yang dapat melepaskan senyawa tertentu. Pelepasan senyawa ini dapat menciptakan aroma ringan yang khas untuk mengatasi bau mulut.

  • Memperkuat Gusi

Gusi adalah jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan membantu menjaga agar gigi dalam kondisi baik. Dengan demikian, segala hal masalah yang terjadi pada gusi dapat memengaruhi kondisi gigi.

Bila Anda bersiwak secara rutin, bahan alami yang ada di dalamnya dapat secara signifikan mengoptimalkan kesehatan gusi. Sehingga, radang gusi dan periodontitis tidak akan terjadi.

  • Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa siwak mengandung sejumlah senyawa anti-bakteri yang secara aktif melawan pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Selain itu, terbukti pula bahwa orang yang menggunakan siwak memiliki lebih sedikit masalah mulut daripada yang tidak menggunakan siwak.

Itulah beberapa manfaat siwak untuk kesehatan mulut Anda. Apakah Anda tertarik merasakan sendiri segala manfaat tersebut? Cobalah bersiwak secara rutin dan teratur.

Jika Anda kesulitan menemukan siwak, kini telah tersedia pasta gigi yang mengandung formula siwak. Pasta gigi ini memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan siwak.

Baca Juga

Jadi, bagi Anda yang ingin punya kondisi gigi dan mulut yang sehat, pastikan untuk menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung formula siwak sebanyak 2 kali sehari. 

Jangan lupa juga untuk membatasi makanan asam atau manis, dan rutin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan ini, kesehatan mulut Anda secara keseluruhan akan senantiasa terjaga.

(NB/ RH)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Diabetes Bisa Bikin Gigi Keropos?

Info Sehat
17 Sep

BJ Habibie Dirawat Intensif, Kenali 7 Penyakit pada Lansia

Info Sehat
09 Sep

Masalah Kesehatan Mulut yang Sering Terjadi pada Bayi

Info Sehat
24 Agt

Awas, Penyakit Gusi Bisa Memicu Alzheimer!

Info Sehat
13 Agt

Vape Lebih Aman untuk Kesehatan Mulut daripada Rokok Biasa?

Info Sehat
07 Agt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk