Cara Mengembalikan Kejantanan Pria Akibat Sering Onani

Terlalu sering onani dapat membuat masalah ereksi dan ejakulasi dini. Bagaimana sih cara mengembalikan masalah kejantanan pria akibat sering onani?
Cara Mengembalikan Kejantanan Pria Akibat Sering Onani

Klikdokter.com, Jakarta Onani—atau sering disebut masturbasi—adalah suatu proses perangsangan seksual pada alat kelamin secara sengaja untuk memperoleh kepuasan seksual. Meski memiliki beberapa manfaat, kalau dilakukan terlalu sering, onani bisa berefek pada gangguan kejantanan pria.

Aktivitas untuk memenuhi hasrat seksual ini bisa bervariasi pada setiap individu. Bisa dengan menyentuh, memijat, mengelus, hingga menggesek alat kelamin baik dengan alat bantu maupun tidak.

Pada pria, onani akan diakhiri dengan ejakulasi atau keluarnya cairan dari kemaluan yang disebut dengan air mani. Di dalam cairan inilah terdapat sel sperma.

 

1 dari 3

Efek Buruk Onani

loading

Sayangnya, menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, saat dilakukan terlalu sering—apalagi sampai kecanduan onani—kebiasaan ini justru punya efek buruk pada pria. Salah satunya adalah penurunan sensitivitas seksual.

Menurut dr. Andika Widyatama, efek onani yang satu ini utamanya dialami oleh individu yang sudah memiliki pasangan. Semakin sering seseorang melakukan onani, semakin tinggi pula rangsangan yang diperlukan untuk mencapai kepuasan seksual. Hal ini tentu berpotensi mengganggu keharmonisan dengan pasangan.

Gangguan lainnya adalah ejakulasi dan ereksi. Seperti Anda tahu, keduanya adalah aspek penting bagi pria saat orgasme dan berhubungan seksual.

"Pria yang memiliki kebiasaan onani berlebihan akan sulit merasa puas saat melakukan hubungan intim dengan pasangan. Mereka akan sulit ejakulasi dan ereksi lantaran merasakan sensasi yang berbeda dari onani," ungkap dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Bila dibiarkan berlama-lama, hal ini tentu dapat mengganggu keharmonisan hubungan dengan pasangan dan menyebabkan stres.

Belum lagi kalau ejakulasi Anda terganggu. Biasanya pada pria yang suka onani, mereka akan mengalami gangguan ejakulasi dini. Ejakulasi yang normal itu sekitar 3-5 menit. Kalau durasinya di bawah itu, berarti Anda mengalami ejakulasi dini.

Artikel lainnya: Dampak Terlalu Sering Onani pada Kesehatan

2 dari 3

Mengembalikan Kejantanan Akibat Sering Onani

loading

Tentu Anda tidak ingin mengalami gangguan kejantanan akibat terlalu sering onani, bukan? Supaya bisa menghindari mengalami hal terburuk ini, pastikan Anda coba cara di bawah ini.

1. Hentikan Kebiasaan Onani atau Masturbasi

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah menyetop kebiasaan tersebut. Lebih baik, alihkan pikiran kepada kegiatan positif lain saat Anda ingin melakukan onani.

2. Istirahat yang Cukup

Pria Beristirahat
loading

Selain itu menghentikan keinginan untuk onani, menurut dr. Bobtriyan Tanamas dari KlikDokter, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan mengembalikan kejantanan Anda. Ia menyarankan agar Anda konsisten dalam istirahat.

"Sebenarnya, kalau bicara masalah seksual, ada beberapa hal yang memengaruhi, yakni istirahat, pola makan, dan olahraga. Kalau istirahat kurang dari 6 jam dalam sehari dan pola makan tidak baik, bisa-bisa aktivitas seksual ikut terpengaruh," kata dr. Bobtriyan.

Artikel lainnya: 7 Mitos Masturbasi Pria

3. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang baik dimaksud dr. Bobtriyan adalah terjadwal, baik pagi, siang, maupun malam. Nutrisi makanannya pun harus lengkap, yakni karbohidrat, vitamin, lemak, dan juga protein. Konsumsi sayur, buah, serta beberapa suplemen yang baik bagi tubuh (misalnya suplemen jamur jenis cordyceps) dapat membantu untuk menjaga vitalitas dan kesehatan.

4. Rajin Olahraga

Ilustrasi Pria Sedang Berolahraga
loading

Untuk olahraga, kata dr. Bobtriyan, tidak usah berpatokan pada yang jenis bodybuilding. Cobalah olahraga yang jenis kardio. Selain itu, perhatikan juga masalah waktunya.

"Demi meningkatkan vitalitas seksual, tidak perlu berpatokan pada olahraga seperti bodybuilding. Paling penting itu sebenarnya kardio yang membuat anggota badan bergerak dan bisa menghancurkan lemak. Olahraga sehari 30 menit dan lakukan 3-4 kali seminggu, itu baik untuk tubuh," dia menegaskan.

5. Berkonsultasi dengan Dokter

Jika hanya memanfaatkan obat yang dijual di pasaran untuk mengembalikan kejantanan sebagai solusi jangka panjang, sebaiknya urungkan niat ini. Sebaiknya segeralah konsultasi dengan dokter.

Wajar jika Anda merasa enggan karena malu, namun semakin cepat Anda memeriksakan diri, gangguan disfungsi ereksi yang dialami juga akan semakin cepat ditangani.

Baca Juga

Dokter tidak akan menghakimi masalah yang Anda alami, tetapi akan bertanya mengenai kehidupan seksual dan gaya hidup yang Anda jalani untuk melakukan rujukan pengobatan sesuai dengan kondisi Anda.

Itulah kelima cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kejantanan pria akibat terlalu sering onani. Apabila Anda kesulitan untuk menahan keinginan untuk onani, lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter. Anda bisa menanyakan masalah seputar kesehatan seksualitas pria dalam fitur Live Chat.

[HNS/RPA]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Yuk, Kenali Beda HIV dan HPV

Info Sehat
11 Feb

Bagaimana Pengaruh Saraf Terjepit terhadap Gairah Seks Penderita?

Info Sehat
10 Feb

Tips Berhubungan Seks untuk Pasangan dengan Penyakit Menular Seksual

Info Sehat
09 Feb

Jangan Masturbasi Pakai Lotion, Ini Bahayanya!

Info Sehat
31 Jan

Tips untuk Meningkatkan Kehidupan Seks Bersama Pasangan

Info Sehat
30 Jan

1 KOMENTAR

Avatar
samudi
6 Bulan Lalu

saya selalu dimarahin sama istri saya karna barang saya tidak kuat tahan lama saat lagi hubungan intim saya istri saya bagai mana caranya agar lebih tahan lama

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk