Benarkah Bawang Putih Mentah Bisa Membunuh Bakteri Pneumonia?

Bawang putih mentah dikatakan memiliki kandungan antibiotik alami, sehingga bisa membunuh bakteri penyakit pneumonia. Apakah fakta atau hanya mitos belaka?
Benarkah Bawang Putih Mentah Bisa Membunuh Bakteri Pneumonia?

Klikdokter.com, Jakarta Manfaat bawang putih mentah memang sangat banyak bagi kesehatan. Sejak dulu, umbi yang satu ini bahkan telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai infeksi, masalah pencernaan, hingga mengendalikan tekanan darah.

Tidak hanya itu. Karena manfaat bawang putih sangat besar, tumbuhan yang sering hadir di dapur rumah Anda ini juga disebut memiliki kemampuan untuk dijadikan obat penyakit pneumonia.

Dugaan tersebut berasal dari kabar yang menyebut bahwa bawang putih mentah mengandung senyawa antibiotik, sehingga efektif untuk membunuh bakteri penyebab penyakit pneumonia.

Namun, apakah medis setuju dengan kabar bahwa bawang putih mentah dapat dijadikan sebagai pengobatan pneumonia?

Artikel Lainnya: Pneumonia, Penyakit Paru yang Bisa Sebabkan Kematian

Mengenal Penyakit Pneumonia

Penyakit pneumonia adalah peradangan yang terjadi pada paru-paru akibat infeksi bakteri, virus maupun jamur. Infeksi tersebut dapat mengenai kedua paru, ataupun hanya salah satu saja.

Pneumonia merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan dapat menyerang siapa saja. Jadi, baik pria ataupun wanita; anak, dewasa, atau orang lanjut usia bisa saja mengalami penyakit pneumonia.

Penyebaran penyakit pneumonia pun tidak terlalu sulit. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh rendah dan terpapar udara bekas bersin atau batuk dari penderita, kuman penyebab penyakit ini akan dengan mudah menyusup masuk ke tubuh melalui saluran pernapasan.

Dengan demikian, Anda akan langsung tertular penyakit pneumonia. Pada kondisi yang seperti ini, gejala pneumonia yang akan Anda rasakan adalah:

  • Batuk
  • Napas cepat atau sesak napas
  • Nyeri dada
  • Demam
  • Menggigil
  • Kelelahan
  • Nyeri otot

Dengan munculnya gejala tersebut, Anda mungkin akan langsung bertanya: apakah bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan pneumonia?

Artikel Lainnya: Efek Menempelkan Bawang Putih di Bagian Tubuh yang Sakit

1 dari 3

Bisakah Bawang Putih Mentah Membunuh Bakteri Pneumonia?

Bawang Putih
loading

Bawang putih itu sendiri merupakan salah satu jenis rempah yang sejak dulu telah digunakan sebagai bumbu masak dan obat tradisional.

Selain wangi dan rasanya yang enak, bawang putih memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah allicin, yaitu senyawa aktif yang dapat berperan sebagai antibiotik alami dalam melawan pneumonia alias infeksi paru-paru yang mengancam jiwa.

Beberapa penelitian pun telah dilakukan mengenai hal tersebut. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa senyawa allicin pada bawang putih memang dapat membunuh mikroba penyebab infeksi.

Tidak hanya membunuh virus penyebab flu dan pilek biasa, tetapi efektivitasnya terbukti dapat melawan bakteri gram positif, gram negatif, jamur dan parasit.

Allicin diperoleh dengan cara menghancurkan bawang putih mentah dan selanjutnya dilakukan ekstraksi. Para peneliti dari Universitas Edinburgh menemukan bahwa allicin bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan mikroba.

Dalam dosis tinggi, allicin bahkan dapat membunuh mikroba dengan memodifikasi enzim sehingga menonaktifkan proses biologis di dalam selnya.

Senada dengan temuan tersebut, penelitian lain yang dilakukan Universitas California juga menemukan hal yang kurang lebih sama. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mencari tahu manfaat bawang putih mentah setelah dijus.

Jus bawang putih mentah tersebut kemudian diuji di laboratorium terhadap patogen potensial berspektrum luas, termasuk beberapa strain bakteri yang kebal terhadap antibiotik.

Hasilnya, jus bawang putih menunjukkan aktivitas signifikan dalam melawan patogen. Hal yang lebih menarik, efek dari jus bawang putih mentah masih dapat dipertahankan secara signifikan bahkan dalam pengenceran 1:128 dari jus aslinya. 

Sayang seribu sayang, penelitian tersebut hanya sebatas uji laboratorium sederhana dan dilakukan pada hewan saja. Hingga saat ini belum ada penelitian terkait manfaat bawang putih mentah untuk mengobati pneumonia yang dilakukan langsung pada manusia.

Berangkat dari hal tersebut, khasiat bawang putih mentah sebagai pengobatan pneumonia masih belum dapat dipastikan.

Artikel Lainnya: 5 Alasan Anda Perlu Konsumsi Bawang Putih

2 dari 3

Manfaat Bawang Putih Mentah yang Sebenarnya

Bawang Putih
loading

 Meski belum terbukti dapat dijadikan sebagai pengobatan pneumonia, bawang putih mentah tentu memiliki manfaat sehat lain yang sangat rugi jika Anda lewatkan.

Berikut ini adalah beberapa di antara manfaat bawang putih mentah bagi kesehatan:

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu faktor risiko dari penyakit jantung dan stroke. Penelitian pada manusia telah menemukan bahwa suplemen bawang putih memiliki dampak yang signifikan pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Dalam satu studi, 600–1500 miligram ekstrak bawang putih sama efektifnya dengan obat atenolol dalam mengurangi tekanan darah selama periode 24 minggu. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, dosis suplemen harus cukup tinggi. Diperkirakan setara dengan empat siung bawang putih per hari.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Hal ini dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biokimia.

Dijelaskan bahwa 23 sukarelawan dengan kolesterol tinggi yang diberi ekstrak bawang putih mentah selama 4 bulan secara teratur memiliki hasil yang signifikan pada profil lipid darah dan memperkuat potensi antioksidan darah.

Dengan kata lain, ekstrak bawang putih dapat mengurangi kolesterol jahat yang tinggi pada sukarelawan tersebut. Namun, para ilmuwan menambahkan bahwa studi mereka adalah studi kecil dan masih membutuhkan penelitian lanjutan.

  1. Menurunkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung

Seiring bertambahnya usia, arteri (pembuluh darah) akan cenderung kehilangan kelenturan. Ini artinya, pembentukan plak aterosklerosis yang menjadi penyebab serangan jantung dan stoke akan makin meningkat. Nah, Bawang putih katanya dapat mengurangi efek tersebut.

Penelitian melaporkan bahwa suplemen bubuk bawang putih yang dikonsumsi 2 kali sehari selama 24 bulan mampu mengurangi risiko pengerasan pembuluh darah. Namun, untuk mendapatkan efek tersebut, dosis yang digunakan harus cukup tinggi.

  1. Mengatasi Flu

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Family Physician melaporkan bahwa penggunaan bawang putih mentah sebagai terapi rutin dapat membantu menurunkan frekuensi pilek pada orang dewasa.

Kendati demikian, bawang putih tidak memiliki efek untuk mengurangi durasi dari gejala penyakit yang dirasakan.

  1. Mengatasi Masalah Saluran Pencernaan

Memasukkan bawang putih mentah ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu Anda terbebas dari masalah saluran pencernaan. Bahkan, peradangan atau iritasi saluran lambung dapat dikurangi dengan menggunakan ramuan ini.

Itu karena bawang putih dapat membantu membersihkan sebagian besar masalah usus, seperti disentri, diare, dan kolitis. Perannya dalam mengusir cacing pun sangat fenomenal.

Baiknya lagi, bawang putih yang Anda olah dan konsumsi tidak memengaruhi bakteri baik di usus. Umbi yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk meringankan gas di perut, lho!

Baca Juga

Khasiat bawang putih untuk kesehatan sangat beragam, bukan? Sebagian besar dari manfaat tersebut pun telah dibuktikan oleh penelitian, meski tetap memerlukan telaah lebih lanjut.

Jadi, jangan ragu lagi untuk menjadikan bawang putih sebagai konsumsi sehari-hari. Anda bisa menjadikannya campuran makanan, atau mengonsumsinya langsung agar kandungan gizinya tetap utuh. Tetap perhatikan batasan porsi, agar Anda bisa  sepenuhnya merasakan manfaat bawang putih untuk kesehatan.

(NB/RPA)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Coronavirus Dapat Menyebabkan 3 Penyakit Ini

Info Sehat
23 Jan

Vaksin Pneumonia Tak Mampu Tangkal Coronavirus, Mengapa?

Info Sehat
20 Jan

Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

Info Sehat
17 Jan

Puluhan Orang Terkena Pneumonia di Tiongkok, Apa Sebabnya?

Info Sehat
06 Jan

Ampuhkah Bawang Putih Atasi Flu?

Info Sehat
25 Nov

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk