5 Cara untuk Mengoptimalkan Imunitas Kulit

Oleh dr. Jessica Florencia, Sp.PK pada 13 Feb 2020, 14:35 WIB
Imunitas kulit yang optimal adalah modal awal untuk memiliki kesehatan tubuh yang lebih terjaga. Ini yang perlu Anda lakukan untuk menjaga imunitas kulit.
Pria sedang Mandi

Klikdokter.com, Jakarta Kulit adalah organ paling besar yang ada di tubuh manusia. Tidak hanya berfungsi estetika, kulit juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Ya, imunitas kulit, yang melindungi organ tubuh bagian dalam dari serangan kuman berbahaya.

Sebagai sawar fisik, imunitas kulit memastikan agar kulit dapat mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh melalui kulit. Sebagai sawar kimiawi, imunitas kulit menjalankan fungsinya melalui lapisan kimiawi untuk melawan kuman patogen yang menyebabkan penyakit.

Sekilas tentang Imunitas Kulit

Kulit adalah organ terbesar yang tampak selalu diam alias statis. Namun siapa sangka, secara mikroskopis, kulit bekerja dengan aktif melindungi tubuh dari berbagai ancaman yang dapat mencetuskan penyakit.

Faktanya, sel-sel pada lapisan kulit terluar dapat secara aktif menghasilkan lapisan kimia yang disebut dengan AMP (Antimicrobialpeptide). Lapisan ini bekerja seperti antibiotik, yaitu dengan menghambat tumbuh kembang kuman yang mengancam kesehatan tubuh.

Namun, untuk bisa memiliki fungsi tersebut, kondisi kulit Anda mesti benar-benar terjaga. Apabila tidak, fungsinya sebagai garda terdepan tubuh bisa terganggu sehingga kuman berbahaya bisa dengan mudahnya membuat Anda terkena penyakit.

Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan kesehatan kulit dengan saksama agar fungsi imunitas kulit selalu dalam keadaan optimal.

1 of 2

Tips Menjaga Imunitas Kulit Agar Tetap Optimal

Berikut ini adalah beberapa upaya yang perlu Anda lakukan untuk menjaga fungsi imunitas kulit agar tetap optimal:

  • Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Nutrisi dari makanan memegang peranan penting dalam menjaga fungsi imunitas kulit. Oleh karena itu, Anda perlu selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang agar kesehatan selalu terjaga.

Dalam konsumsi makanan sehari-hari, pastikan makanan alami seperti buah dan sayur menjadi pilihan yang utama. Hindari terlalu sering konsumsi makanan yang mengandung pengawet, digoreng dengan banyak minyak (deepfrying), atau cepat saji (junkfood).

Iringi konsumsi makanan sehat dan bergizi dengan minum air putih sebanyak 7–8 gelas dalam sehari. Jika aktivitas sangat padat atau Anda sering berkeringat, minumlah air putih sedikit lebih banyak dari jumlah tersebut.

  • Olahraga Rutin

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik derajat sedang terbukti dapat meningkatkan imunitas kulit dan imunitas tubuh. Itu artinya, olahraga turut memainkan peran dalam mencegah terjadinya penyakit pada tubuh Anda.

Untuk itu, berolahragalah secara rutin dan teratur dengan durasi 20–30 menit dalam sehari. Lakukan hal ini paling tidak sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Agar tidak cepat bosan, jangan sungkan untuk memilih olahraga yang sesuai dengan minat maupun kondisi tubuh Anda.

  • Cukup Istirahat

Tahukah Anda bahwa tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat memperbaiki dirinya sendiri alias regenerasi?

Dengan kata lain, Anda perlu mencukupi waktu istirahat dengan tidur selama 7–8 jam setiap malam agar proses regenerasi berjalan optimal. Berkat hal ini, kesehatan kulit dan seluruh organ tubuh Anda akan senantiasa terjaga sehingga kuman tidak mudah menginvasi dan menginfeksi.

  • Menjaga Kelembapan Kulit

Supaya kesehatan kulit selalu terjaga dan fungsinya sebagai garda terdepan tubuh tetap optimal, Anda perlu memastikan kelembapannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang paling sesuai. Jangan lupa juga untuk mengoleskan tabir surya saat harus beraktivitas di bawah teriknya matahari, ya!

  • Mandi dengan Benar

Agar kelembapan kulit terjaga, pastikan untuk mandi setidaknya 2 kali sehari. Mandilah dengan cara yang baik dan benar, yaitu menggunakan sabun yang tepat dan air mengalir.

Hindari mandi dengan durasi terlalu lama atau menggunakan air bersuhu terlampau panas, karena dapat membuat kulit kering sehingga rentan mengalami kerusakan.

Jaga selalu imunitas kulit Anda, agar tubuh ikut merasakan manfaatnya. Jika Anda menemukan kendala dalam menjaga fungsi imunitas kulit, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

(NB/ RH)

Lanjutkan Membaca ↓