Tips Mengatasi Odontophobia, Ketakutan Ekstrem terhadap Dokter Gigi

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 14 Feb 2020, 14:14 WIB
Odontophobia merupakan suatu istilah yang menggambarkan suatu ketakutan pada seseorang terhadap dokter gigi. Bagaimana cara mengatasinya?
Tips Mengatasi Odontophobia, Ketakutan Ekstrem terhadap Dokter Gigi

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan mulut secara luas adalah aspek penting yang perlu diperhatikan. Tapi, fakta ini kadang tak cukup untuk meyakinkan seseorang pergi ke dokter gigi. Rasa cemas dan takut ke dokter gigi serta menjalani segala perawatan gigi sering dijumpai di tempat praktik. Kondisi ini disebut dengan odontophobia.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kondisi ini diyakini memengaruhi 15-20% dari populasi. Hal ini dapat berasal dari sejumlah emosi yang terkait dengan kekhawatiran atas kesehatan mulut atau potensi dari pengalaman buruk yang dimiliki di dokter gigi sebelumnya.

Pengidap odontophobia biasanya cenderung untuk terus menunda atau menghindari perawatan gigi. Mereka hanya mengandalkan suatu obat untuk menghilangkan rasa sakit. Kunjungan ke dokter gigi baru akan dilakukan jika kondisi sudah memburuk atau tidak dapat tertahankan lagi.

Meski tidak mudah melakukan hal ini, sebaiknya rasa takut ke dokter gigi tidak menghambat Anda dari pemeriksaan dan pembersihan rutin. Ingat, perawatan gigi dan mulut sangat penting mulut untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menghindarinya terus-menerus hanya akan membuat ketakutan Anda semakin buruk.

Artikel lainnya: Takut Ketemu Dokter? Bisa Jadi Anda Mengidap Iatrophobia

1 of 3

Penyebab Munculnya Odontophobia

Ilustrasi Odontophobia
Ilustrasi Odontophobia

Kecemasan terhadap dokter gigi biasanya disebabkan oleh pengalaman buruk di masa lalu. Anda mungkin takut terhadap dokter gigi ketika masih anak-anak. Perasaan ini pun melekat hingga tumbuh dewasa.

Mungkin juga Anda pernah mengalami rasa sakit yang tak tertahankan, rasa yang tidak nyaman, atau kurangnya empati saat melakukan perawatan. Akibatnya, tercipta rasa ketidak inginan yang signifikan untuk melihat dokter gigi lain selanjutnya.

Beberapa orang juga takut dan menghindari suara bising dari alat yang digunakan dokter gigi saat pemeriksaan maupun pembersihan gigi. Selain itu, kekhawatiran yang mungkin Anda miliki tentang kesehatan mulut seperti sakit gigi atau gusi berdarah juga bisa menjadi penyebab Anda menghindari perawatan ke dokter gigi.

2 of 3

Cara Mengatasi Rasa Takut ke Dokter Gigi

Ilustrasi Takut ke Dokter Gigi
Ilustrasi Takut ke Dokter Gigi

Perawatan yang dapat dilakukan untuk meredakan kecemasan ini dapat diatasi dengan cara yang sederhana hingga berat. Berikut beberapa cara mengatasi fobia ke dokter gigi yang dapat Anda lakukan:

  1. Kunjungan Rutin

Mengunjungi dokter gigi secara rutin dapat membuat Anda terbiasa dalam melakukannya. Selain itu, hal ini juga dapat mencegah timbulnya masalah gigi dan mulut lebih lanjut.

Artikel lainnya: Ini Dia Kiat Sederhana Taklukkan Fobia

  1. Waktu Kunjungan

Temui dokter gigi di waktu yang tidak sibuk atau pada jam awal sebelum banyak pasien yang datang dan mengantre. Sebab, jika Anda terlalu lama menunggu, rasa takut dan cemas akan semakin muncul.

  1. Dengarkan Musik

Selain dapat mengganggu telinga, suara yang bising dari alat bor akan membuat Anda merasa takut. Gunakan earphone atau peredam bising dan nyalakan musik favorit atau lagu yang dapat menenangkan selama perawatan berlangsung.

  1. Kelola Kecemasan

Demi mengurangi rasa cemas saat ke dokter gigi, teknik meditasi atau pernapasan dalam dapat dilakukan untuk menenangkan pikiran dan saraf Anda. Selain itu, cara ini juga bisa membantu mengalihkan perhatian.

  1. Bersama Keluarga atau Teman

Mintalah keluarga atau teman yang dipercaya untuk menemani selama janji temu dengan dokter gigi. Hal ini dapat mengurangi ketakutan Anda saat pemeriksaan dilakukan.

  1. Berkomunikasi dengan Dokter Gigi

Anda dapat memberikan tanda atau sinyal kepada dokter gigi saat Anda memerlukan waktu sejenak untuk beristirahat. Hal ini juga bisa dilakukan ketika rasa sakit tak dapat ditahan lagi.

  1. Hipnoterapi

Metode ini dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk fobia dan kecemasan. Cara tersebut menargetkan alam bawah sadar yang lebih mudah untuk menerima informasi. Rasa cemas dan takut saat ke dokter gigi pun dapat hilang secara perlahan.

Di samping hal-hal tersebut, Anda juga dapat menginformasikan dokter gigi bahwa Anda punya odontophobia. Mengetahui kondisi Anda akan membuat dokter lebih berhati-hati dan sabar saat perawatan. Anda pun akan merasa lebih tenang dan nyaman.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut ke dokter gigi. Ingat, jangan biarkan odontophobia menghambat Anda mendapatkan perawatan gigi rutin. Masih ada pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut? Chat dokter gigi kami via aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

Lanjutkan Membaca ↓