Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Bawang Merah, Amankah?

Oleh dr. Arina Heidyana pada 14 Feb 2020, 15:28 WIB
Selain buat masakan jadi sedap, katanya manfaat bawang merah juga bisa untuk menghilangkan bekas luka bakar. Apakah cara ini aman digunakan?
Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Bawang Merah, Amankah?

Klikdokter.com, Jakarta Bawang merah adalah bumbu wajib di setiap menu masakan Indonesia. Selain membuat masakan enak, konon bawang merah juga punya manfaat untuk kesehatan. Bahkan, beredar kabar kalau sebagai salah satu cara mengatasi luka bakar. Benarkah demikian?

Manfaat Bawang Merah untuk Kulit

Ketika dikonsumsi, bawang merah memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol diabetes, meringankan penyakit lambung, dan juga menurunkan risiko terkena kanker.

Bagi Anda yang memiliki alergi, bawang merah bisa digunakan untuk mengatasinya. Ini karena rempah tersebut memiliki kandungan antibakteri dan antivirus, maka dapat membantu mengobati sejumlah alergi dan infeksi pada kulit.

Selain itu, bawang merah juga mengandung dua macam mineral yang sangat baik, yaitu sulfur dan selenium. Perlu diketahui, bahwa sulfur dapat membantu menjaga kesehatan kulit agar terlihat lebih muda dan memperlambat penuaan.

Sulfur ini merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh memicu munculnya kolagen. Pasalnya, semakin tua usia, produksi kolagen juga akan berkurang sehingga gampang timbul keriput.

Sedangkan selenium pada bawang merah dapat melindungi sel-sel pada kulit terhadap bahaya radiasi sinar UV (ultraviolet). Ini sekaligus menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Kedua mineral ini juga sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit kepala, seperti gatal dan ketombe.

Artikel Lainnya: Efektifkah Atasi Luka Bakar dengan Pasta Gigi?

1 of 3

Lalu, Benarkah Bawang Merah Bisa Digunakan untuk Luka Bakar?

Bawang Merah
Bawang Merah

Untuk penanganan luka bakar sendiri, bawang merah dinilai ampuh untuk mengatasinya karena memiliki sifat antibakteri, mampu mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan aktivitas fibrinolitik yang baik dalam mengobati luka.

Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menguji manfaat bawang merah terhadap tikus dengan kondisi luka bakar ringan.

Penelitian pertama dilakukan oleh ahli dari Bali pada tahun 2017. Di mana peneliti menguji ekstra etanol bawang merah kepada tikus wistar yang memiliki kondisi luka bakar ringan.

Artikel Lainnya: Tips Rumahan untuk Atasi Luka Bakar

Hasilnya, bawang merah ditemukan punya manfaat menyembuhkan luka bakar ringan derajat II pada tikus wistar yang terpapar panas. Perawatan pakai ekstrak bawang merah ini dilakukan selama 10 hari dan mampu mengecilkan luas luka bakar secara perlahan.

Kedua, penelitian dilakukan pada tahun 2016 juga memaparkan hasil yang serupa. Mereka menggunakan seekor tikus yang mengalami infeksi pada luka bakarnya dan diberikan ekstrak bawang merah oles.

Dalam hasil penelitian tersebut, ekstrak bawang merah yang digunakan memang mampu menyembuhkan luka bakar ringan pada tikus tersebut.

Para peneliti juga berpendapat, bahwa kandungan flavonoid, sulfur, dan selenium dari bawang merah adalah zat yang penting untuk menyembuhkan luka bakar.

Namun, penelitian tersebut hanya sebatas diuji kepada hewan. Untuk penggunaannya pada manusia, tetap diperlukan penelitian lanjutan terhadap manfaat bawang merah ini. Hal ini sebab belum diketahui pasti keefektifannya terhadap manusia.

Artikel Lainnya: Luka Bakar? Jangan Disiram Kecap!

2 of 3

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Luka Bakar

Ilustrasi Luka Bakar
Ilustrasi Luka Bakar

Perlu diingat, ya! Anda harus melakukan penanganan pertama pada luka bakar terlebih dahulu. Caranya, dengan mengalirkan air dingin pada kulit yang terbakar selama kurang lebih 5 menit.

Tidak lupa juga, pastikan kalau kondisi luka tersebut sebagai luka bakar ringan. Luka bakar ringan gejalanya berupa kemerahan, sedikit bengkak, nyeri ringan, dan tidak serius.

Jika ternyata, luka bakar lebih berat dari gejala di atas, ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter untuk perawatan yang lebih serius.

Untuk konsultasi cepat dan praktis, jangan ragu ajukan pertanyaan lewat fitur LiveChat 24 jam dengan dokter, yang hanya bisa didapat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓