Dikenal Pahit, Bunga Pepaya Punya Manfaat Manis untuk Kesehatan

Oleh dr. Rio Aditya pada 16 Feb 2020, 11:02 WIB
Di balik rasanya yang sangat pahit, bunga pepaya ternyata menyimpan banyak manfaat. Apa saja sih? Simak ulasan berikut di artikel ini.
Dikenal Pahit, Bunga Pepaya Punya Manfaat Manis untuk Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Selain buahnya, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan bunga pepaya sebagai bahan aneka masakan. Akan tetapi, berbeda dengan buahnya yang manis, bunga pepaya memiliki rasa yang pahit.

Itu sebabnya, tak sedikit orang yang menghindari mengonsumsi bunga berwarna putih kehijauan ini.

Padahal, cukup banyak hidangan lezat yang bisa disajikan bersama bunga pepaya. Misalnya saja urap, tumis bunga pepaya, hingga bunga pepaya dicampurkan dengan ikan cakalang khas dari Manado.

Pepaya, dari Buah hingga Bunga

Pohon pepaya banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman dengan nama ilmiah Carica papaya ini memiliki buah dengan rasa manis dan berwarna cerah. Buahnya pun mengandung sejumlah khasiat bila dikonsumsi.

Salah satu yang paling terkenal adalah manfaatnya untuk memperlancar pencernaan. Buah pepaya mengandung enzim yang disebut papain untuk membantu pencernaan. Pepaya juga kaya serat dan kadar air, sehingga bisa membantu mencegah sembelit.

Artikel lainnya: Manfaat Pepaya untuk Kulit Wajah

Selanjutnya, kandungan serat, potasium, dan vitamin dalam pepaya juga dapat membantu menangkal penyakit jantung. Buah berwarna oranye ini berkhasiat juga untuk mencegah asma, kanker, menjaga kesehatan tulang, menjaga tekanan darah, sekaligus memelihara kadar gula darah.

Akan tetapi, tak hanya buah, daun pepaya juga banyak dimanfaatkan untuk sayuran. Daun dengan rasa pahit ini diketahui dapat mengatasi diare.

Salah satu penyebab dari diare adalah infeksi bakteri pada saluran pencernaan. Ekstrak dari daun pepaya memiliki efek antidiare dengan melawan bakteri-bakteri penyebab diare di saluran pencernaan, seperti E.coli, V.cholerae, dan juga P.shigelloides.

Ekstrak daun pepaya diketahui memiliki efek anti-inflamasi yang cukup kuat dan dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan akut dan kronik. Untuk mengatasi peradangan, biasanya ekstrak daun pepaya tersedia dalam bentuk salep atau gel yang dioleskan pada kulit.

Hasil penelitian yang dilansir dari Biomedical and Pharmacology Journal, ekstrak daun pepaya yang dioleskan pada lesi peradangan di kulit dapat mengurangi keparahannya hingga 50% hingga 80%.

Daun pepaya juga memiliki efek yang hampir sama dengan obat anti-inflamasi seperti natrium diklofenak. Kalau buah dan daun punya banyak manfaat, bagaimana dengan bunga pepaya?

1 of 2

Manfaat Bunga Pepaya bagi Tubuh

Bunga Pepaya
Bunga Pepaya

Seolah tidak mau kalah dengan buah dan daunnya, bunga pepaya juga punya banyak manfaat. Dilihat dari kandungan nutrisinya saja, bunga dengan rasa yang pahit ini kaya akan flavonoid dan antioksidan.

Seperti Anda tahu, keduanya sangat baik untuk dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit dalam tubuh.

Artikel lainnya: Jangan Terlalu Banyak Makan Pepaya, Ini Efek Negatifnya!

Selain itu, bunga ini juga mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin  A, C, E, dan folat dengan sifat antioksidan. Nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melihat beragamnya kandungan nutrisi di atas, jangan heran kalau ada banyak khasiat bunga pepaya bagi tubuh manusia. Beberapa manfaat sehat itu adalah:

  1. Mengatasi Gula Darah Tinggi

Salah satu efek baik yang dimiliki oleh bunga pepaya adalah dapat membantu mengontrol gula darah yang tinggi, khususnya pada penderita diabetes mellitus.

Berbagai penelitian menemukan bahwa ekstrak bunga pepaya dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki fungsi dari sel-sel pankreas.

Studi tersebut meneliti konsumsi air ekstrak bunga pepaya yang diminum selama 30 hari. Hasil yang didapatkan adalah kadar gula darah menurun secara signifikan.

Temuan ini juga didukung dengan terlihatnya jumlah sel pankreas yang lebih banyak dan lebih sehat jika dibandingkan dengan penderita diabetes yang tidak mengonsumsi secara rutin ekstrak bunga pepaya.

  1. Mencegah Kanker

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bunga pepaya kaya akan flavonoid dan antioksidan. Keduanya membantu tubuh untuk melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit dalam tubuh, termasuk kanker.

Flavonoid dan antioksidan juga dikenal punya memiliki kemampuan dalam menjaga stabilitas sistem kekebalan tubuh.

Selain bunga, ekstrak dari daun pepaya juga dinilai memiliki potensi sebagai tambahan dalam mengatasi kanker jenis tertentu. Penelitian di Jepang mendapatkan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki efek anti tumor dengan menghambat pertumbuhan sel-sel ganas.

Bahan ini juga bisa menstimulasi tubuh untuk memproduksi gen yang dapat menghancurkan sel-sel tumor.

  1. Mengurangi Keparahan Asma

Bersama daun pepaya, khasiat bunga pepaya juga bisa membantu mengurangi derajat keparahan asma. Pada penyakit asma, terjadi reaksi peradangan pada saluran pernapasan sehingga saluran menjadi bengkak dan menghasilkan banyak lendir.

Daun pepaya mengandung efek anti-inflamasi yang cukup kuat dan dapat bekerja langsung pada sel-sel di saluran pernapasan.

Jika dibandingkan dengan obat kortikosteroid sejenis metilprednisolone, keduanya memiliki efek yang hampir serupa. Meski demikian, obat metilprednisolone tetap lebih superior.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Sebagian orang menggunakan bunga pepaya untuk meningkatkan nafsu makan. Meski rasanya pahit, mengonsumsi hidangan ini sebagai lauk sampingan dapat membuat makanan terasa lebih nikmat.

Apabila Anda atau orang lanjut usia (lansia) mengalami masalah nafsu makan, memberikan sayuran bunga pepaya dapat membantu. Meski begitu, manfaat yang satu ini masih harus diuji kebenarannya terlebih dahulu.

Walau demikian, Anda juga perlu ingat bahwa meskipun memiliki segudang manfaat, bunga pepaya belum dapat digunakan sebagai pengganti obat-obatan yang sudah teruji klinis.

Untuk mengobati penyakit tertentu, Anda tetap harus mengonsultasikannya kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Di balik rasanya yang pahit, ternyata terdapat berbagai manfaat bunga pepaya yang penting bagi tubuh. Setelah mengetahui manfaatnya, khasiatnya jauh lebih manis dibandingkan dengan rasanya, bukan?

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar bunga pepaya, yuk tanyakan pada dokter via aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

Lanjutkan Membaca ↓