Kapulaga, Cara Alami Hilangkan Bau Mulut

Oleh drg. Callista Argentina pada 24 Feb 2020, 12:55 WIB
Kapulaga adalah rempah alami yang dipercaya untuk hilangkan bau mulut. Apa benar demikian? Simak penjelasannya di bawah ini.
Kapulaga, Cara Alami Hilangkan Bau Mulut

Klikdokter.com, Jakarta Kapulaga adalah rempah khas yang sering ada di dalam menu masakan India. Tidak hanya berperan sebagai penambah rasa dan aroma saja, ternyata kapulaga punya manfaat untuk mengatasi bau mulut, lho!

Ya, bau mulut sering bikin orang jadi jadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, kapulaga katanya dipercaya sebagai bahan alami yang bisa mengatasi napas tak segar karena kandungan di dalamnya yang bermanfaat. Apa benar demikian?

Manfaat Kapulaga untuk Menghilangkan Bau Mulut

Kapulaga disebut juga “Queen of Spice”, karena rempah ini memiliki aroma khas dan rasa yang tajam jika sudah diolah ke dalam masakan. Sejak dulu orang India sudah sering menambahkan kapulaga pada teh atau kopi panas.

Namun uniknya, kapulaga juga digunakan sebagai rempah yang bisa jadi penyegar aroma napas. Di India, sering dijumpai orang tua yang sedang mengunyah biji kapulaga. Tujuannya agar mulut berbau segar ala kapulaga.

Jika ditelisik lebih dalam, kapulaga adalah rempah yang mengandung kalsium, zat besi, fosfor, cineole, dan flavonoid. Nah, pada kandungan cineole, zat ini punya sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut dan infeksi gigi lainnya.

Artikel lainnya: 9 Makanan Ini Ampuh Usir Bau Mulut

Menurut Dental Research Journal, ada penelitian dari India yang mencari tahu manfaat kapulaga untuk mengatasi bau mulut.

Pada akhir penelitian tersebut, ditemukan bahwa kapulaga memang efektif dalam membunuh kuman di mulut yaitu Streptococcus mutans yang menjadi penyebab utama gigi berlubang dan Candida Albicans yang menginfeksi jamur di mulut.

Rempah kapulaga ini tidak hanya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut, tetapi juga membantu mencegah perkembangan gigi berlubang. Mengunyah kapulaga sama seperti saat melumat permen karet, bedanya kapulaga tidak bertekstur lengket.

Lalu, kapulaga juga bermanfaat untuk mendorong aliran air liur. Liur di dalam mulut ini berperan untuk membersihkan lapisan berserat dari gigi Anda dalam jangka waktu sementara. Ini bisa mencegah adanya penumpukan plak yang berujung pada gigi bolong.

Jadi, secara tidak langsung manfaat mengunyah kapulaga ini bisa mengatasi bau napas sekaligus bikin gigi dan mulut pun jadi bersih, ya.

Artikel lainnya: Penyebab Bau Mulut yang Bukan Berasal dari Dalam Mulut

1 of 2

Manfaat Kapulaga Lainnya untuk Kesehatan

Kapulaga
Kapulaga

Bukan hanya digunakan sebagai bumbu masak dan mengatasi bau mulut saja, ternyata kapulaga juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat kesehatan dari mengonsumsi kapulaga:

  1. Baik untuk Pencernaan

Dalam pengobatan herbal Tiongkok, kapulaga sudah lama digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini juga dicoba dibuktikan pada penelitian tahun 2014 yang menguji tikus yang diberi aspirin. Mengonsumsi aspirin diketahui dapat menyebabkan gangguan atau luka pada lambung. 

Tikus pun diberi ekstrak kapulaga, kunyit, daun sembung, dan air panas. Hasilnya ditemukan bahwa tikus yang mengonsumsi herbal mengandung kapulaga, risiko terkena luka lambungnya jadi lebih rendah.

  1. Mengandung Zat Antikanker

Sebuah penelitian menyimpulkan adanya kemungkinan rempah kapulaga bisa mencegah perkembangan kanker kulit tahap dua. Secara umum, phytochemical yang ditemukan dalam kapulaga, termasuk cineole dan limonene, berperan untuk melindungi sel sehat di dalam tubuh dari kanker.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut Indian Journal of Biochemistry & Biophysics, kapulaga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini ditemukan ketika penelitian menguji 20 orang yang didiagnosis hipertensi stadium.

Peserta penelitian dibeli 3 gram bubuk kapulaga (dibagi menjadi dua dosis) setiap hari selama 12 minggu. Hasilnya ditemukan, bahwa manfaat kapulaga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Jangan lupa, manfaat makan kapulaga untuk menghilangkan bau mulut ini sifatnya sementara, ya! Jika Anda tidak periksa ke dokter gigi, sumber penyebab bau mulut tidak akan bisa ditemukan dan diatasi sampai tuntas. Untuk mengetahui masalah gigi dan mulut lainnya jangan ragu tanyakan pada dokter langsung lewat fitur Live Chat, hanya di aplikasi KlikDokter.

(OVI/RPA)

Lanjutkan Membaca ↓