Cegah Corona dengan Tingkatkan Imun Tubuh Anda

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 10 Mar 2020, 13:48 WIB
Jurus utama untuk mencegah infeksi virus corona adalah dengan meningkatkan imun tubuh. Namun, bagaimana cara meningkatkan imun tubuh sesuai medis?
Cegah Corona dengan Tingkatkan Imun Tubuh Anda

Klikdokter.com, Jakarta Wabah virus corona yang telah ditemukan di lebih dari 50 negara termasuk Indonesia membuat resah dunia. Virus ini bisa menyebar dengan sangat cepat, dan tak sedikit kasus yang berakhir dengan kematian.

Virus corona, atau coronavirus, adalah satu kelompok virus yang telah lama dikenal dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada manusia. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala yang sangat bervariasi, mulai dari batuk dan pilek ringan, hingga sesak napas dan kematian.

Secara spesifik, virus corona yang mewabah saat ini bernama COVID-19. Ini merupakan jenis virus baru yang menyerang manusia. Oleh sebab itu, tubuh manusia belum memiliki kekebalan terhadap jenis virus ini sehingga penularan dari antar-manusia bisa terjadi dengan sangat cepat.

Sama seperti infeksi saluran pernapasan lainnya, infeksi COVID-19 menimbulkan berbagai macam gejala. Beberapa gejala yang dimaksud, misalnya:

  • Demam
  • Mudah lelah
  • Nyeri sendi
  • Batuk kering
  • Pilek
  • Hidung tersumbat
  • Nyeri tenggorokan
  • Diare

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa 8 dari 10 orang yang terkena infeksi virus corona bisa sembuh tanpa perlu pengobatan khusus. Namun, terdapat 2% kasus serupa yang justru berakhir dengan kematian.

Atas dasar itu, banyak orang merasa khawatir dengan wabah virus corona. Anda juga, bukan? Nah, untuk meminimalkan risiko terkena infeksi virus corona, salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan sistem imun tubuh.

1 of 2

Tips Meningkatkan Sistem Imun untuk Cegah Corona

Infeksi COVID-19 tidak mudah terjadi pada orang dengan sistem imun yang baik. Selain itu, orang dengan sistem imun tubuh yang baik juga tidak akan terkena dampak yang begitu parah apabila sewaktu-waktu terinfeksi corona. Mereka pun akan memiliki peluang sembuh yang tinggi.

Maka dari itu, mulailah melakukan upaya untuk meningkatkan sistem imun tubuh dari sekarang. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari infeksi virus corona:

  • Konsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen dapat membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa memilih suplemen yang mengandung Polinacea. Polinacea merupakan ekstrak akar Echinacea angustifolia (jenis tanaman herbal dari Amerika Utara) yang telah melalui proses triple standardization. Echinacea telah digunakan untuk pengobatan di berbagai belahan dunia sejak lebih dari ratusan tahun lalu.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa Echinacea dapat merangsang imunitas dengan cara memaksimalkan kinerja sel-sel yang berperan dalam kekebalan tubuh.

Selain Echinacea, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung black elderberry. Tanaman ini tinggi flavonoid, anthocyanin dan quercetin. Polinacea & black elderberry sudah terkenal dapat meningkatkan sistem imun.

  • Hindari Asap Rokok

Tidak merokok saja belumlah cukup. Agar sel-sel dalam saluran pernapasan menjalankan tugasnya dengan optimal, Anda sebaiknya juga menghindari paparan asap rokok.

Dalam keadaan normal, sel-sel di saluran pernapasan berusaha untuk mencegah masuknya infeksi virus atau bakteri. Namun pada orang-orang yang sering terpapar asap rokok, sel-sel tersebut mengalami gangguan fungsi.

Itu sebabnya, orang yang sering berada dalam lingkungan penuh asap rokok lebih mudah batuk dan mengalami infeksi saluran pernapasan.

  • Mengonsumsi Sayur dan Buah

Agar imun tubuh terjaga dengan baik, Anda perlu mengonsumsi berbagai macam sayur dan buah. Bukan hanya satu jenis, melainkan beragam jenis sayur dan buah dengan aneka warna.

Untuk kesehatan yang optimal, jumlah sayur dan buah yang disarankan adalah sebanyak lima porsi dalam satu hari. Contoh, seporsi buah setara dengan satu buah apel berukuran sedang, satu buah pisang berukuran sedang, atau semangkuk kecil elderberry.

  • Cukup Tidur Setiap Hari

Jangan sepelekan waktu tidur di malam hari. Sebab saat tidur, tubuh Anda akan melakukan proses regenerasi untuk sel-sel yang terganggu atau rusak.

Selain itu, daya tahan tubuh juga akan terjaga dengan baik jika Anda memiliki kebiasaan tidur yang optimal. Idealnya, tidur yang cukup di malam hari berkisar antara 6–8 jam, dengan kondisi ruangan yang tenang dan gelap.

  • Mencuci Tangan Secara Berkala

Berbagai studi kedokteran telah membuktikan bahwa cara yang paling efektif untuk mencegah infeksi saluran pernapasan, termasuk infeksi virus corona, adalah dengan melakukan cuci tangan dengan benar.

Cuci tangan yang benar dilakukan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Jika tidak ada sabun atau air, Anda dapat membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Cuci tangan setidaknya dilakukan sebelum dan setelah menyiapkan makanan, sebelum dan setelah makan, setelah batuk atau bersin, setelah mengenakan dan membuang masker, setelah menyentuh hewan, serta setelah berkontak dengan orang yang sakit.

Turunkan risiko infeksi virus corona dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus sehingga kesulitan untuk meningkatkan sistem imun tubuh, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter.

[RS]

Lanjutkan Membaca ↓
Halomoan SimorangkirHalomoan Simorangkir

apa ya di minum untuk menambah imunisasi tubuh, ?