Bawa Handphone ke Toilet Bisa Berisiko Kena Coronavirus, Kok, Bisa?

Oleh Tamara Anastasia pada 10 Mar 2020, 15:37 WIB
Meski penularannya terjadi secara tidak langsung, coronavirus tetap bisa ditularkan melalui layar handphone Anda. Lalu, bagaimana caranya Anda tetap waspada?
Bawa Handphone ke Toilet Bisa Berisiko Kena Coronavirus, Kok, Bisa?

Klikdokter.com, Jakarta Bicara soal penularan virus corona memang tidak ada habisnya. Saat artikel ini dibuat (10/03), tercatat sudah 114.457 orang yang terinfeksi COVID-19. Bahkan, di Indonesia sudah mencapai 19 orang pasien coronavirus.

Umumnya, pasien yang terjangkit virus corona akan mengalami sejumlah gejala. Misalnya, demam, flu, batuk dan sesak napas. Jika gejala terus bertambah parah, maka penderita bisa mengidap infeksi yang menyebabkan pneumonia yang bisa mengakibatkan kematian.

Penularan virus ini bisa sangat cepat. Apalagi Anda tidak sengaja menghirup percikan ludah dan bersin (droplet) penderita maupun menyentuh serta memegang benda yang sudah terkontaminasi  penderita COVID-19.

Karena semakin banyaknya orang yang terjangkit coronavirus, para pakar medis pun memberikan beberapa tips yang bisa menjauhkannya.

Salah satunya tidak membawa handphone ke dalam kamar mandi. Namun, benarkah cara ini bisa mencegah penularan virus corona?

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

1 of 3

Mengapa Penggunaan Handphone di Toilet Bisa Berisiko Terkena Coronavirus?

Pria Menggunakan Handphone di Toilet
Pria Menggunakan Handphone di Toilet

Dijelaskan oleh dr. Atika dari KlikDokter, tidak membawa ponsel ke dalam kamar mandi memang bisa menjauhkan Anda dari berbagai jenis virus. Termasuk termasuk COVID-19.

Dikutip  dari The Sun, coronavirus bisa bertahan hingga beberapa jam di benda-benda keras, salah satunya layar ponsel Anda.

Seorang Dosen Biologi di Liverpool Hope University, Inggris, dr. Perpetua Emeagi menjelaskan sekitar 17 ribu jenis bakteri dan virus bisa menempel pada layar handphone.

Salah satunya adalah COVID-19. Ketika penderita coronavirus menggunakan kamar mandi, virus bisa berpindah dari dudukan toilet maupun benda-benda yang disentuh oleh penderita.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Saat Anda meletakan ponsel di atas wastafel atau kloset, maka virus itu bisa berpindah ke permukaan handphone. Tentunya, virus yang menempel di ponsel dapat berpindah ke tangan Anda dan masuk ke dalam tubuh.

Meski begitu, dr. Atika juga menjelaskan penularan COVID-19 ini tidak terjadi secara langsung, melainkan ada faktor-faktor lainnya yang juga bisa meningkatkan risiko penularan infeksi tersebut.

“Kalau orang yang sebelumnya terkena coronavirus lalu meludah dan tidak sengaja terpegang oleh Anda, itu jelas bisa langsung tertular. Apabila Anda tetap menjaga kebersihan di dalam kamar mandi dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan tidak mengeluarkan benda-benda pribadi seperti handphone, maka risiko penularan pun juga sedikit kemungkinannya, ” jelas dr. Atika.

“Selain itu, jika sistem imunitas tubuh Anda baik maka penularan infeksi virus corona pun juga tidak akan terjadi. Ini meski Anda bermain handphone di dalam kamar mandi, ” tambah dr. Atika.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Seseorang Sudah Sembuh dari Virus Corona

2 of 3

Mulai Menjaga Kebersihan Barang-Barang Anda

Orang Tua sedang Membersihkan Barang-Barang di Rumah
Orang Tua sedang Membersihkan Barang-Barang di Rumah

Salah satu cara yang paling tepat untuk menghindari penularan coronavirus adalah dengan melakukan pencegahannya.

Menurut dr. Atika, menjaga jarak dengan orang yang sudah terinfeksi adalah hal utama yang perlu dilakukan. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

Jangan ragu untuk membersihkan barang-barang pribadi Anda secara rutin. Terutama bila harus menaruhnya di tempat umum. Kalau bisa, semprotkan cairan disinfektan untuk barang-barang pribadi Anda secara berkala atau sesudah penggunaan.

“Penggunaan masker juga bisa dilakukan untuk menghindari penularan infeksi coronavirus. Hal ini guna mencegah air liur yang berasal dari batuk atau bersin penderita masuk ke dalam tubuh,” kata dr. Atika.

“Lalu, perhatikan juga kebersihan tangan karena tangan itu bisa sampai ke mana-mana. Misalnya, menyentuh mata, tangan menyentuh benda yang terkontaminasi, atau menyentuh makanan sebelum dimasukkan ke dalam mulut, ” tambah dr. Atika.

Mencuci tangan secara rutin dengan langkah-langkah yang benar memang bisa membantu mencegah penularan virus corona. Ada pun beberapa langkahnya menurut dr. Atika yang dapat dilakukan untuk pencegahan.

  1. Membasahi tangan dengan air mengalir (air keran).
  2. Gunakan sabun antiseptik dan menggosok ke seluruh tangan (telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari dan dalam kuku).
  3. Bilas dengan menggunakan air mengalir sampai tidak ada sisa sabun yang menempel.
  4. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu bersih.
  5. Matikan air keran dengan siku tangan.

Jangan hanya lakukan cara-cara di atas pada diri sendiri, tapi ingatkan juga orang di samping Anda. Bukan hanya Anda yang mau sehat, tapi orang lain juga mau, lho!

Penularan virus corona memang makin meresahkan. Namun, ada baiknya Anda memiliki bekal informasi yang cukup untuk menghadapinya. Ada baiknya setiap Anda ada pertanyaan seputar coronavirus, bisa langsung coba fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(AYU)

Lanjutkan Membaca ↓
Teuku RizalTeuku Rizal

makasih dok