Anda Tim Window Shopping? Ternyata Ada Manfaat Sehatnya, lho!

Oleh Tamara Anastasia pada 11 Mar 2020, 17:00 WIB
Sering dianggap orang pelit, mereka yang memiliki kebiasaan window shopping ternyata bisa mendapat manfaat untuk kesehatannya, lho. Cari tahu di sini!
Anda Tim Window Shopping? Ternyata Ada Manfaat Sehatnya, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Kata “belanja” mungkin sudah melekat dengan kehidupan sehari-hari seorang wanita. Apalagi kalau pikiran sedang stres dan penuh tekanan, berbelanja rasanya bisa jadi cara melepas penat, ya. Bila sudah begini, kegiatan yang jadi favorit salah satunya adalah window shopping.

Kalau Anda adalah seseorang yang gemar berbelanja, pasti sudah sering mendengar istilah window shopping. Sebenarnya, apa, sih, artinya? Yuk, simak terus ulasan berikut!

Apa Itu Window Shopping?

Ya, window shopping adalah istilah yang sering digunakan untuk orang-orang yang suka melihat barang yang dipajang di sebuah toko atau katalog online, tanpa punya niatan untuk membelinya.

Bukan terkesan pelit atau hanya sekadar ingin coba-coba, window shopping sendiri sebenarnya punya manfaat tersendiri.

Dikutip dari laman Guardian, tujuan window shopping bukan untuk menghabiskan uang atau membeli pakaian baru untuk memenuhi hasrat impulsif seseorang. Namun, untuk belajar memahami tren fashion atau barang-barang yang sedang naik daun.

Bahkan, tidak hanya membantu Anda memahami tren terkini, window shopping juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang dapat menguntungkan kehidupan pribadi.

Artikel Lainnya: Belanja Online Saat Harbolnas 12.12, Bisa Lepaskan Stres?

Manfaat Window Shopping bagi Kesehatan

Dokter Arina Heidyana dari KlikDokter menjelaskan ada beberapa manfaat – baik untuk fisik maupun mental – yang bisa didapatkan seseorang ketika memiliki kebiasaan window shopping, yakni seperti berikut ini.

1. Lebih Hemat

Tidak sedikit wanita atau pria yang punya kebiasaan untuk belanja impulsif. Belanja impulsif sendiri adalah perilaku belanja tanpa adanya perencanaan sebelumnya.

Seseorang dengan kecenderungan ini biasanya akan mudah tergoda dan membeli sesuatu tanpa mempertimbangkan konsekuensi dari pembelian tersebut. Hal ini berbeda dengan window shopping.

“Ketika seseorang punya kebiasaan window shopping, maka keinginan untuk berbelanja itu sebenarnya tidak ada. Orang itu hanya gemar melihat barang-barang baru, dan mencobanya tanpa ada niatan untuk membeli.

Alhasil, orang tersebut akan lebih menghemat uang dan tidak akan menyesal ketika membeli barang yang mungkin sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan,” ujar dr. Arina.

Artikel Lainnya: Gemar Belanja Online Bisa Picu Gangguan Psikis?

2. Melepas Stres

Ilustrasi Window Shopping
Ilustrasi Window Shopping

Sama seperti berbelanja, window shopping juga bisa bantu seseorang untuk melepas stres meski tidak memiliki barang tersebut.

“Hanya dengan melihat-lihat barang yang disukai dan mencobanya di badan kita, rasa stres dalam otak pasti akan menurun kadarnya.

Mengapa? Karena saat melihat sesuatu yang bagus dan cocok di tubuh kita, akan ada perasaan senang yang muncul dan akhirnya meningkatkan hormon endorfin. Walaupun pada akhirnya tidak dibeli, tapi rasa senang itu tetap ada,” tutur dr. Arina.

Window shopping melalui katalog online juga mampu menurunkan stres. Meski tidak bisa dicoba, tapi melihat baju yang dipakai oleh model-model dalam katalog tersebut juga sudah mampu menurunkan kadar stres.

Artikel Lainnya: Awas, Sering Belanja Online Bisa Bikin Otot dan Tulang Lemah!

3. Punya Motivasi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, window shopping adalah kebiasaan melihat barang-barang tanpa ada niatan untuk membelinya. Dokter Arina menjelaskan kebiasaan ini juga bagus untuk meningkatkan motivasi seseorang.

“Tidak ada niatan sekarang, belum tentu nantinya tidak akan dibeli. Orang yang punya kebiasaan window shopping akan membuat list dulu, barang apa yang nantinya bagus dan cocok di badan mereka.

Sampai nanti tiba saatnya, mereka akan membeli barang tersebut. Akan ada motivasi untuk mengumpulkan uang, punya tujuan – inilah yang nantinya akan timbul dalam diri orang yang suka window shopping,” tambah dr. Arina.

4. Lebih Banyak Jalan

Ilustrasi Window Shopping
Ilustrasi Window Shopping

Orang yang suka window shopping memang senang melihat-lihat dulu beberapa barang yang disuka dan akan cenderung mempertimbangkan sebelum membeli.

Nah, hal ini akan membuat penyuka window shopping banyak jalan mengelilingi pusat pertokoan untuk cari referensi.

Sudah diketahui kalau banyak jalan dan bergerak sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Dengan window shopping, belanja lebih terkontrol dan badan pun jadi lebih sehat!

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan seseorang ketika memiliki kebiasaan window shopping. Sebaiknya, belanjalah sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Nah, kalau ada pertanyaan seputar window shopping atau perilaku psikologis lainnya, yuk langsung chat dokter atau psikolog klinis via LiveChat di aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)