Coba Cek, Ternyata Ini Manfaat Minum Susu untuk Lansia

Oleh Tamara Anastasia pada 14 Mar 2020, 13:00 WIB
Salah satu asupan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh lansia adalah susu. Memangnya, apa saja manfaat susu untuk lansia?
Lansia Minum Susu

Klikdokter.com, Jakarta Kehidupan usia senja bukanlah perkara yang sederhana. Layaknya orang pada umumnya, lansia juga perlu menyesuaikan gaya hidup agar tetap sehat dan bugar. Salah satu penyesuaian yang perlu dilakukan oleh lansia adalah minum susu sebagai pelengkap nutrisi dari makanan.

Faktanya, susu telah lama dikenal sebagai sumber energi yang sehat karena kadar nutrisinya yang tinggi. Si putih ini dapat berperan dalam membantu pemenuhan kecukupan nutrisi di segala usia.

Dijelaskan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, orang dewasa masih bisa menjadikan susu sebagai sumber protein dan juga kalsium harian. 

“Terutama untuk lansia, susu bisa jadi pilihan minuman yang tepat karena bisa mendukung kepadatan tulang,” kata dr. Sepriani. 

Artikel Lainnya: Cara Tepat Menjaga Kesehatan Lansia

1 of 2

Segudang Manfaat Susu untuk Lansia

Minum susu bisa membawa berbagai manfaat bagi tubuh untuk segala usia. Salah satu manfaat yang sudah tidak asing bagi banyak orang adalah mempertahankan kepadatan tulang.

Hal tersebut karena susu sapi diperkaya dengan vitamin D, yang berperan dalam pembentukan tulang. Bersama kalsium, vitamin D bekerja sama mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang.

Tidak hanya sebatas itu, ada juga berbagai manfaat lain susu untuk lansia, yaitu berikut ini.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung
Ilustrasi Kesehatan Jantung

Dijelaskan oleh dr. Sepriani, masalah kesehatan jantung adalah kondisi yang paling umum terjadi pada lansia.

Untuk menurunkan risiko tersebut, lansia perlu mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi potasium dan kalium, salah satunya susu.

Artikel Lainnya: 4 Olahraga yang Cocok Dilakukan Lansia di Akhir Pekan

  1. Menjaga Massa Otot

Hilangnya massa otot adalah masalah lain yang sering dihadapi oleh lansia. Untuk mengatasi hal ini, lansia dapat mengonsumsi susu sapi karena mengandung protein tinggi.

“Imbangi konsumsi susu sapi dengan berbagai macam aktivitas fisik yang paling sesuai dengan kondisi tubuh Anda yang sudah lansia,” tutur dr. Sepriani.

Mempertahankan massa otot sangat penting untuk menunjang metabolisme tubuh, juga berkontribusi pada kestabilan berat badan.

  1. Menurunkan Risiko Alzheimer 

Susu Menurunkan Risiko Alzheimer
Susu Menurunkan Risiko Alzheimer

Sebuah studi yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition menyebut bahwa susu mengandung antioksidan tinggi yang bisa melindungi otak dari kerusakan.

Artikel Lainnya: Lansia Perlu Hindari 4 Makanan Ini Agar Tetap Sehat

Dengan kata lain, susu diduga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko alzheimer  pada lansia, khususnya jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

  1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi 

Meski tidak sebaik air putih, susu juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan harian yang pada akhirnya mampu mencegah terjadinya dehidrasi.

Lansia disarankan untuk minum satu gelas susu di pagi atau malam hari sebelum Anda tidur. 

  1. Menurunkan Risiko Depresi 

Vitamin D yang ada di dalam susu bisa membantu meningkatkan serotonin, yakni hormon yang berkaitan dengan suasana hati.

Tidak hanya itu, asupan vitamin D yang cukup juga bisa bantu mencegah terjadinya badan lemas dan kelelahan. Dengan ini, Anda akan terhindar dari risiko depresi.

Selalu ingat untuk memilih susu yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Perhatikan juga porsi susu yang dikonsumsi dan pastikan agar tidak berlebihan.

Jika Anda memiliki kesehatan khusus namun tetap menginginkan manfaat susu untuk lansia, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter dari KlikDokter melalui LiveChat.

(NB/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓