Hati-hati, Virus Corona Juga Bisa Menular dari Aktivitas Seksual

Oleh Tamara Anastasia pada 18 Mar 2020, 11:43 WIB
Jangan sembarang melakukan aktivitas seksual. Pasalnya, ada beberapa virus yang bisa menular melalui hubungan seksual, salah satunya corona.
Hati-hati, Virus Corona Juga Bisa Menular dari Aktivitas Seksual

Klikdokter.com, Jakarta Berhubungan seks memang menjadi salah satu tanda rasa sayang seseorang pada pasangannya. Tidak hanya meningkatkan kualitas hubungan, tapi melakukan aktivitas seksual juga bisa meningkatkan kesehatan fisik dan psikis. Tahukah Anda bahwa penularan virus corona bisa disebabkan karena aktivitas seksual?

Berhubungan Seks Bisa Jadi Gerbang Penularan Virus Corona

Melansir dari Guardian, seorang dokter dari Departemen Biomedis dan Ilmu Kehidupan Lancaster University Inggris, dan seorang pakar penyakit virus, dr. Muhammad Munir mengatakan berhubungan seks bisa menjadi cara penularan coronavirus.

Pasalnya, ketika seorang yang sehat melakukan hubungan atau aktivitas seksual apapun dengan seseorang yang sudah terjangkit virus, maka orang tersebut bisa dengan mudah ikut tertular.

“COVID-19 sendiri sebenarnya tidak sama seperti penyakit seksual menular, yang ditularkan ketika sedang berhubungan intim. Tapi ketika seseorang melakukan hubungan seks, akan ada kontak yang sangat memungkinkan penularan itu bisa terjadi, ” ujar dr. Munir.

Hal ini pun juga dibenarkan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter. Dirinya menyebutkan, apabila ada aktivitas fisik yang sangat dekat dengan orang positif corona, maka kemungkinan besar Anda tertular pun sangat besar.

“Kalau berhubungan seksual yang dimaksud adalah penetrasi penis yang masuk ke dalam vagina, maka virus corona tidak akan ditularkan. Tapi kan kalau berhubungan seksual itu pasti ada kontak fisik lainnya, seperti berciuman, pelukan dan sebagainya. Nah, itulah yang buat seseorang jadi tertular virus corona, ” jelas dr. Sepriani Timurtini.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

 

 

1 of 3

Apabila Sudah Terlanjur, Apa yang Harus Dilakukan?

5 Variasi Seks yang Sehat
5 Variasi Seks yang Sehat

Jika Anda sudah terlanjur berhubungan seks dengan orang yang positif terkena virus corona, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah langsung pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan virus.

Apabila Anda dinyatakan negatif COVID-19, maka pihak medis biasanya akan meminta Anda untuk mengarantinakan diri sendiri sembari melakukan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Akan tetapi perlu diingat, observasi demi observasi juga perlu dilakukan selama dan pasca pemeriksaan.

Berbeda halnya apabila Anda terjangkit virus corona setelah berhubungan seks, Anda akan diobservasi, diteliti, diisolasi dan diminta untuk mengikuti segala prosedur pemeriksaan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Sampai sekarang memang belum ada obat pasti yang bisa menyembuhkan virus corona. Tapi dengan berbagai macam prosedur penyembuhan yang ditetapkan oleh pemerintah, maka besar kemungkinan pasien coronavirus bisa sembuh dan kembali pulang ke rumah masing-masing, ” jelas dr. Speriani.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

2 of 3

Harus Hati-Hati Karena Virus Corona Sudah Jadi Pandemi

Harus Hati-Hati Karena Virus Corona Sudah Jadi Pandemi
Harus Hati-Hati Karena Virus Corona Sudah Jadi Pandemi

Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, melaporkan soal status ini dalam konferensi pers yang diselenggarakan di kantor pusat WHO, Jenewa, Swiss.

Menurutnya, dalam dunia minggu terakhir, jumlah kasus di luar Tiongkok telah meningkat 13 kali lipat. Jumlah negara yang terkena dampaknya juga meningkat 3 kali lipat.

Meski begitu, WHO menegaskan pandemi tidak ada hubungannya dengan tingkat keparahan dan jumlah korban yang ada, melainkan status ini dinilai dari penyebaran geografisnya.

Status ini pun biasanya ditetapkan ketika penyakit baru berhasil menyerang banyak orang yang tidak memiliki kekebalan atas penyakit tersebut dan menyebar luas di luar dugaan.

Setelah menaikan status virus corona menjadi pandemi, WHO berharap agar seluruh banyak masyarakat di dunia lebih waspada dengan lingkungan sekitar.

Diharapkan juga masyarakat meningkatkan kesehatan tubuh agar bisa meminimalkan infeksi yang terjadi dan menekan angka kematian sebelum vaksin atau obat coronavirus ditemukan.

Apabila ada pertanyaan seputar COVID-19 atau virus lain yang bisa menular melalui hubungan seksual, Anda bisa langsung menanyakan pada dokter spesialis di aplikasi LiveChat KlikDokter. Salam sehat!

(OVI/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓