Bolehkah Bayi 6 Bulan Mengonsumsi MPASI Alpukat?

Memberikan makanan yang tepat penting dilakukan oleh orang tua pada bayi yang masuk masa MPASI. Tapi, bolehkah memberikan bayi alpukat pada saat usia 6 bulan?
Bolehkah Bayi 6 Bulan Mengonsumsi MPASI Alpukat?

Klikdokter.com, Jakarta Masa-masa memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) pada bayi yang menginjak usia 6 bulan tentu menyenangkan bagi orang tua. Biasanya, orang tua akan terus bereksperimen memberikan menu yang baik untuk anaknya. Akan tetapi, bolehkah bayi usia 6 bulan mengonsumsi MPASI berbahan buah alpukat?

MPASI Ideal untuk Bayi

Pada dasarnya, bayi usia 6 bulan yang baru masuk masa MPASI,biasanya akan diberikan makanan yang sangat halus. Ini karena mereka belum punya gigi untuk makan makanan yang bertekstur.

Umumnya, untuk makanan bertekstur akan dilakukan bertahap sampai akhirnya bayi bisa mengonsumsi sajian yang bisa ia gigit sendiri. Nah, salah satu makanan yang bisa mereka makan pada usia 6 bulan adalah yang berjenis puree.

Makanan berjenis puree untuk bayi 6 bulan biasanya bisa berasal dari sayur dan buah. Cara membuat puree sangat mudah, biasanya langsung diblender saja untuk menghaluskannya.

Artikel Lainnya: Sebelum Memberi MPASI pada Bayi, Pahami 6 Hal Ini

1 dari 3

Bolehkah Memberikan Buah Alpukat untuk MPASI Anak 6 Bulan?

Bolehkah Memberikan Buah Alpukat untuk MPASI Anak 6 Bulan?
loading

Bayi yang baru masuk masa MPASI biasanya akan diberikan puree buah. Nutrisi pada buah memang dibutuhkan bayi untuk bertumbuh sekaligus melengkapi ASI.

Beberapa buah yang biasa dimakan bayi usia 6 bulan adalah pepaya, pisang, dan semangka. Lalu, bagaimana dengan alpukat? Buah yang paling sering dibikin jus ini dipercaya beberapa orang tidak baik dikonsumsi untuk bayi.

Kenyataannya, menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, alpukat boleh dimakan sebagai MPASI, sama seperti pisang, pepaya, dan jeruk. Hanya saja, memang ada beberapa buah yang tidak boleh diberikan kepada bayi usia 6 bulan.

"Hindarilah buah-buahan yang bergetah seperti sawo, nanas, mangga, dan lainnya, karena dapat menimbulkan diare. Khusus buah tomat, rebuslah lebih dulu setelah dicuci bersih, lalu disaring untuk diambil airnya. Satu hal terpenting, cuci bersih setiap buah sebelum diberikan pada bayi," ujar dr. Alvin.

"Pada tahap awal, berikanlah kira-kira 30-50 ml air buah sebagai pengenalan pada kondisi pencernaan bayi, pantau reaksi yang timbul. Misalnya jika setelah minum air jeruk, timbul diare, gantilah dengan buah lain pada pemberian berikutnya yang lebih cocok," lanjutnya.

Artikel Lainnya: Kesalahan Menyiapkan MPASI yang Umum Dilakukan Orang Tua

2 dari 3

Alpukat Makanan MPASI yang Baik

Alpukat
loading

Sekarang, Anda jangan meragukan lagi alpukat sebagai MPASI untuk bayi berusia 6 bulan. Nilai gizi alpukat, bersama dengan rasa dan teksturnya yang lembut, menjadikan buah ini sebagai makanan pertama yang bagus untuk bayi di awal MPASI.

Selain itu, tekstur buah alpukat yang lembut tapi tidak mudah hancur, dianggap bagus untuk anak, terlebih ketika mereka sedang belajar memegang makanan sendiri.

Biasanya, Bunda boleh memberikan daging buah alpukat (tanpa dihaluskan) pada anak ketika ia sudah memasuki usia 1 tahun.

Sebagai informasi, alpukat yang punya nama latin Persea americana ini, memiliki nilai gizi banyak. Buah ini sarat dengan protein, serat, asam folat, zinc, niasin, tiamin, riboflavin, dan vitamin dan nutrisi lainnya.

Tidak lupa juga, alpukat mengandung tinggi lemak, tapi itu jenis yang baik. Lemak pada buah alpukat adalah lemak tidak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk jantung karena mengandung kolesterol baik (HDL).

Nah, manfaat terbaik yang bisa didapat bayi saat mengonsumsi MPASI alpukat adalah dari kandungan asam lemak omega-3.

Kandungan asam lemak omega-3 ini berfungsi meningkatkan perkembangan otak anak, sehingga ideal sekali diberikan pada bayi yang sedang bertumbuh.

Artikel Lainnya: 5 Resep MPASI yang Praktis untuk Ibu Baru

Jadi, jangan biarkan lemak dalam alpukat menghalangi Anda untuk memberi mereka makan untuk si kecil, ya.

Alpukat mungkin adalah salah satu puree termudah yang disiapkan untuk bayi. Anda hanya membutuhkan alpukat matang dan garpu untuk menghaluskan. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian fakta nutrisi untuk satu alpukat jenis California (136 g).

  • Kalori: 218 kal.
  • Total lemak: 20 g.
  • Lemak jenuh: 3 g.
  • Lemak tak jenuh ganda: 2,5 g,
  • Lemak tak jenuh tunggal: 13,3 g.
  • Kalium: 660 mg.
  • Total karbohidrat: 11,6 g.
  • Serat makanan: 9 g.
  • Protein: 2.7 g,
  • Vitamin E: 2.82 mg.
  • Riboflavin: 0,18 mg.
  • Vitamin B6: 0,35 mg.
  • Asam Pantotenat: 2.1 mg.
  • Magnesium: 39,4 mg.
  • Tembaga: 0,26 mg.
  • Vitamin C: 13.6 mg.
  • Besi: 0,75 mg.
  • Thiamin: 0,1 mg.
  • Niacin: 2,36 mg.
  • Folat: 110 mcg.
  • Fosfor: 70,7 mg.
  • Zinc: 0,9 mg.
  • Mangan: 0,3 mg.

Saat memilih alpukat sebagai bahan MPASI bayi 6 bulan, pastikan pilih buah yang matang. Carilah yang berwarna hijau gelap dan memiliki kulit bergelombang.

Mudahnya, alpukat yang keras jika ditekan tandanya belum matang, sedangkan yang terasa sangat lunak, bisa jadi tanda terlalu matang.

Pastikan Anda membeli alpukat yang sudah matang dan sebagian lagi yang belum matang. Simpan di luar kulkas, kecuali buah yang sudah matang.

Baca Juga

Anda juga bisa menyimpan alpukat dengan memotong buah yang sudah matang dan membekukannya. Saat Anda siap digunakan, cairkan beberapa dan mulailah dihaluskan.

Jadi, buat Anda para orang tua yang masih ragu memberikan alpukat untuk MPASI saat Anak usia 6 bulan, kini sudah punya jawabannya, kan? Apabila mau tahu buah apalagi yang baik untuk MPASI, langsung saja tanyakan pada dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Mata Bayi Belekan Terus, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
13 Mar

Olahraga saat Hamil Bikin Bayi Lebih Ramping, Benarkah?

Info Sehat
13 Mar

Cara Tepat Merawat Gigi dan Mulut Bayi

Info Sehat
12 Mar

Bersihkan Tangan Bayi dengan Hand Sanitizer, Aman atau Tidak, Ya?

Info Sehat
11 Mar

Asam Folat dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi?

Info Sehat
19 Feb

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk