Ada Pencerahan, Pihak Layanan Kesehatan Swasta Bantu Atasi Coronavirus

Ada sedikit pencerahan soal penanganan kasus COVID-19. Pemerintah bekerja sama dengan tiga rumah sakit swasta untuk menangani pasien virus corona!
Ada Pencerahan, Pihak Layanan Kesehatan Swasta Bantu Atasi Coronavirus (Foto: STR/AFP)

Klikdokter.com, Jakarta Sekarang pemerintah tidak "sendirian" lagi dalam mengatasi coronavirus! Tercatat ada tiga rumah sakit swasta akan membantu penanganan pasien virus corona. Tentu ini kabar baik karena akan semakin mempercepat kerja pemerintah mengatasi wabah.

Kasus virus corona di Indonesia semakin hari kian meningkat. Tercatat kini sudah ada 309 kasus positif dengan 25 orang meninggal dunia. Angka ini melesat cepat setelah sebelumnya kemarin masih di angka 227 kasus.

Potensi bertambahnya orang yang terinfeksi juga masih besar, mengingat masih banyak orang yang berstatus dalam pengawasan, seperti ODP dan PDP, serta suspect.

3 Rumah Sakit Swasta Bantu Tangani Kasus Virus Corona

Ilustrasi Rumah Sakit Swasta yang Menangani Kasus Virus Corona

Kasus yang kian meningkat ini membuat rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 perlu ditambah. Selama ini, rumah sakit yang menjadi rujukan adalah yang dikelola pemerintah pusat dan daerah.

Nah kini, tiga rumah sakit swasta bersedia merawat pasien virus corona atau COVID-19. Ketiganya sudah mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya, sekitar 300 kasur, untuk pasien coronavirus. Ini merupakan tambahan yang sangat berarti bagi penanganan virus corona.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

"Rumah sakit ini nanti hanya akan didedikasikan untuk merawat semua kasus COVID-19. Sementara itu, kasus-kasus (pasien dengan penyakit) yang lain akan dipindahkan ke rumah sakit lain," ujar juru bicara pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, Rabu (18/3).

Rumah sakit swasta yang dimaksud itu adalah:

1. Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Tangerang

Alamat: Jl. Kelapa Dua Raya No.1001, RT.2/RW.2, Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810

Telepon: (021) 80524900

2. Rumah Sakit Mitra Keluarga Jatiasih, Kota Bekasi

Alamat: Jl. Raya Jatimekar, RT.01/RW.012, Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17422

Telepon: (021) 85511000

3. Rumah Sakit Hermina Karawang, Kabupaten Karawang

Alamat: Jl. Tuparev Blok Sukasari No.386A, RT.2/RW.4, Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41314

Tiga rumah sakit ini disepakati dalam pertemuan antara pemerintah dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia.

Dalam pertemuan itu, keterlibatan rumah sakit swasta diharapkan bisa mendorong perawatan pasien virus corona yang terus melonjak jumlahnya di Indonesia.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Mengapa Pemerintah Perlu Bantuan Swasta untuk Penanganan Coronavirus?

Menangani coronavirus memang cukup sulit karena penyebarannya yang sangat cepat dan sulit dikontrol. Karena itu, pilihan bekerja sama dengan pihak swasta adalah hal yang baik.

"Kalau di dunia public health ada istilah public private partnership, yaitu kerja sama pemerintah dan swasta. Ini memang solusi umum dalam masalah public health," ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Dia menambahkan sektor swasta memang seharusnya dari dulu kerja sama dengan pemerintah, tidak hanya soal outbreak ini.

“Masalah lain yang sudah pernah diterapkan dan berhasil di Indonesia itu adalah eliminasi polio," tutur dr. Sepriani lagi.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Seseorang Sudah Sembuh dari Virus Corona

1 dari 2

Laboratorium Swasta untuk Mengecek Suspect Virus Corona

Ilustrasi Laboratorium Swasta untuk Mengecek Suspect Virus Corona
loading

Awalnya, pemeriksaan sampel hanya dilakukan di Balitbangkes. Lalu, pada 16 Maret, Kemenkes menambah dua laboratorium lagi untuk membantu, yakni Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan BTKLPP yang ada di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.

Namun kini, pemerintah sudah membuat keputusan untuk menambahnya. Sekarang, total sudah ada 12 laboratorium yang tidak hanya menerima spesimen pasien suspect COVID-19, tapi juga dapat melakukan skrining pada pasien yang diduga terinfeksi virus corona.

Selain rumah sakit, Kementerian Kesehatan juga merilis daftar 12 laboratorium untuk memeriksa sampel pasien suspect virus corona atau COVID-19.

Hal ini tercantum di dalam Surat Keputusan Menkes Nomor HK.01.07/MENKES/182/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Coronavirus Disease 2019.

Menurut Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, Rabu (18/3), ada 3 laboratorium swasta yang siap membantu pemerintah melawan virus corona.

Baca Juga

3 laboratorium adalah dari grup pelayanan kesehatan Siloam, Kalbe, da juga Bunda Group. Nantinya ketiga lab swasta ini akan membantu percepatan pengecekan sample pasien diduga terinfeksi COVID-19

Tambahan tiga rumah sakit swasta dan lab untuk penanganan virus corona ini tentu menjadi angin segar saat ini. Dengan begini, semoga semakin banyak pasien yang dirawat dengan baik hingga pulih. Yuk, dapatkan layanan cek coronavirus secara online di aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Orang Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona, Kenapa?

Info Sehat
19 Mar

Singapura 0 Kematian Virus Corona, Ini yang Bisa Ditiru Indonesia!

Info Sehat
19 Mar

AS Coba Vaksin Virus Corona ke Manusia, Kapan Benar-benar Siap?

Info Sehat
18 Mar

Pasien Positif Virus Corona Terus Melonjak, Ini Alasan Pemerintah

Info Sehat
18 Mar

Hati-hati, Virus Corona Juga Bisa Menular dari Aktivitas Seksual

Info Sehat
18 Mar

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk