Coba Teknik Edging, Cara Ampuh untuk Memuaskan Pasangan

Oleh Tamara Anastasia pada 21 Mar 2020, 10:37 WIB
Ada taktik agar pria lebih tahan lama di ranjang sekaligus meningkatkan kepuasaan, yaitu dengan teknik edging. Apa itu dan bagaimana cara caranya?
Coba Teknik Edging, Cara Ampuh untuk Memuaskan Pasangan

Klikdokter.com, Jakarta Pria mana yang tak ingin tahan lama saat bercinta dengan pasangan? Nah, salah satu taktik untuk mewujudkannya sekaligus meningkatkan kepuasan orgasme berkali lipat adalah dengan melakukan teknik edging.

Teknik Edging, Apa Itu?

Dikutip dari berbagai sumber, edging adalah teknik mencapai orgasme lewat ejakulasi pada pria dengan cara menghentikan semua rangsangan sebelum titik puas atau klimaks. Sederhananya, dari skala 1 sampai 10, hentikan rangsangan saat di angka 7 atau 8.

Setelah rangsangan menuju ejakulasi menurun, seks bisa kembali dilanjutkan. Edging bisa diulangi beberapa kali jika merasa akan mencapai titik puncak.

Cara menahan ejakulasi ini bisa melatih pria untuk menunda orgasme. Hal ini membuat  seks tahan lebih lama dan kenikmatan yang diraih bisa berlipat ganda.

Meskipun umumnya cara menahan ejakulasi ini lebih banyak dilakukan oleh pria, tapi menurut riset singkat dari OMGYes Inggris, edging adalah salah satu cara populer yang dilakukan saat wanita masturbasi.

Artikel Lainnya: 10 Teknik Meraih Orgasme untuk Wanita

1 of 4

Benarkah Edging Bisa Bikin Seks (Makin) Memuaskan?

Ilustrasi Edging Bisa Bikin Seks (Makin) Memuaskan
Ilustrasi Edging Bisa Bikin Seks (Makin) Memuaskan

Tentu saja! Selain yang sudah dijelaskan sebelumnya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari teknik edging yang dapat memengaruhi tingkat kepuasan hubungan intim dengan pasangan.

  1. Orgasme Jadi Lebih Mudah

Menurut sebuah studi dalam International Journal of Impotence Research tahun 2014 terhadap 95 wanita, ditemukan bahwa wanita yang masturbasi dengan teknik edging akan lebih gampang dan sering mencapai orgasme ketimbang yang masturbasi dengan cara biasa.

  1. Lebih Percaya Diri

Edging juga bisa membantu mengurangi perasaan malu dengan membangun kepercayaan diri akan tubuh sendiri.

Sebuah studi dalam The Journal of Sexual Medicine tahun 2006 terhadap 2.000 wanita menyebut, tiga perempat partisipan mengalami disfungsi seksual dan malu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Mengenali tubuh dan kepuasan diri sendiri lebih dalam lewat edging disebut-sebut bisa membantu mengatasi masalah disfungsi seksual yang dialami. Masalah ini juga bisa didiskusikan dengan dokter Anda.

  1. Cara Baru Meraih Orgasme

Studi dalam Journal of Sex & Marital Therapy tahun 2018 terhadap 1.000 wanita menemukan bahwa 36,6 persen bisa meraih orgasme lewat stimulasi klitoris. Sedangkan hanya 18 persen yang dapat mencapainya lewat hubungan intim.

Hasil tersebut menunjukkan betapa pentingnya eksperimen dengan teknik seperti edging untuk mengeksplorasi cara-cara untuk memuaskan diri.

Bahkan, untuk wanita yang tak kesulitan meraih orgasme lewat penetrasi dalam seks, belajar mengontrol orgasme bisa membuat seks jadi lebih menyenangkan.

Artikel Lainnya: Wanita Sering Melakukan Orgasme Palsu, Apa Alasannya?

2 of 4

Cara Melakukan Edging yang Tepat

Ilustrasi Cara Melakukan Edging yang Tepat
Ilustrasi Cara Melakukan Edging yang Tepat

Sampai sini, tak sabar ingin cepat-cepat mencobanya dengan pasangan? Sabar dulu. Pastikan Anda dan pasangan melakukan foreplay yang cukup. Bisa dengan seks oral atau menyentuh area-area sensitif pasangan.

Selanjutnya, beri tahu pasangan jika Anda akan mencapai klimaks, sehingga rangsangan bisa segera dihentikan hingga kondisi kembali “stabil”. Ulangi cara ini beberapa kali hingga sudah tak tahan lagi.

Edging juga bisa dilakukan saat masturbasi, yaitu:

  • Buat lingkungan sekitar aman dan nyaman.
  • Perlahan lakukan masturbasi dengan menyentuh penis atau klitoris.
  • Saat sudah hampir klimaks, hentikan rangsangan dan buka mata bila perlu.
  • Ketika kondisi mulai stabil, lanjutkan lagi dan edging bisa diulangi beberapa kali.

Pertanyaan selanjutnya, apakah edging aman? Jangan khawatir, sampai saat ini belum ada penelitian yang melaporkan bahaya teknik menahan orgasme ini, asal memang dimaksudkan untuk mengeksplorasi kepuasan atau membuat seks lebih berwarna.

Artikel Lainnya: Seperti Apa Orgasme dan Ejakulasi pada Wanita

3 of 4

Cara Lain agar Seks Bisa Tahan Lama

Ilustrasi Foreplay
Ilustrasi Foreplay

Kepada KlikDokter, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons) pernah mengatakan bahwa ada juga beberapa cara memuaskan pasangan lainnya atau agar seks bisa tahan lebih lama. Ini di antaranya!

  1. Jangan Pernah Melewatkan Foreplay

“Bila dilakukan dengan benar dalam waktu yang cukup, foreplay akan mampu meningkatkan durasi dan kepuasan dalam berhubungan intim,” kata dr. Jesslyn.

  1. Masturbasi Sebelum Seks

Anda dianjurkan untuk masturbasi 1-2 jam sebelum berhubungan intim. Kata dr. Jesslyn, saat pria sudah mengalami ejakulasi selama masturbasi, sensitivitas pada penis cenderung menurun.

“Itu membuat pria butuh waktu lebih lama untuk mencapai orgasme dan ejakulasi ketika distimulasi kembali. Sehingga, pria jadi bisa bertahan lebih lama saat berhubungan seks,” dr. Jesslyn menjelaskan.

Namun, ada satu kekurangan. Bagi sebagian pria, masturbasi sebelum berhubungan intim dapat menurunkan gairah seksualnya dan membuat ereksi jadi kurang maksimal.

  1. Melatih Otot Panggul

Otot-otot ini sama dengan otot yang dipakai untuk menahan kencing. Latihannya adalah dengan senam Kegel, dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Bila sudah terlatih, otot-otot panggul bisa dikencangkan ketika merasa akan ejakulasi.

  1. Posisi Woman on Top

“Posisi ini membuat pria lebih relaks dan dapat mengurangi stimulasi pada ujung penis, sehingga seks bisa tahan lebih lama,” ujar dr. Jesslyn.

  1. Pertimbangkan untuk Melakukan Terapi

Bila memang penyebab ketidakpuasan dalam hubungan seks disebabkan oleh ejakulasi dini, cobalah untuk mengetahui penyebabnya.

Akar masalah ejakulasi dini sering kali diakibatkan oleh kurangnya komunikasi dan keterbukaan dengan pasangan. Karenanya, pertimbangkan untuk konsultasi dengan psikiater, psikolog, atau konselor pernikahan.

Masih ada pertanyaan seputar ejakulasi dini, teknik edging, atau hal lain seputar seks dan kaitannya dengan kesehatan? Tanyakan langsung ke dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(RN/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓