5 Daftar Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Cuci Tangan
searchtext customer service

Daftar Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Cuci Tangan

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir terbukti mampu mencegah berbagai penyakit infeksi, termasuk di antaranya penyakit infeksi virus corona.
Daftar Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Cuci Tangan

Klikdokter.com, Jakarta Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir memang terlihat sebagai kegiatan sederhana. Namun siapa sangka, tindakan yang satu ini juga bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Ya, cuci tangan tak hanya demi kebersihan diri, juga turut mencegah terjadinya penyakit-penyakit berikut ini:

  1. Diare

Bakteri salmonela, E. coli, virus hepatitis A, atau telur cacing yang menjadi penyebab tersering diare bisa ikut masuk ke dalam tubuh bersama makanan, khususnya jika Anda tidak menjaga kebersihan tangan dengan baik.

Karenanya, bagi Anda yang tidak ingin mengalami diare, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir wajib dilakukan di waktu-waktu penting, seperti sebelum makan, setelah dari toilet, atau seusai beraktivitas.

  1. Pneumonia

Infeksi saluran napas akut dan pneumonia dapat memicu kematian pada anak di bawah 5 tahun.

Kabar baiknya, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat mengurangi angka kejadian infeksi saluran pernapasan hingga 25 persen.

Tak hanya pneumonia, common cold atau pilek juga bisa ditangkal dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

  1. Pencegahan Wabah

Dengan mencuci tangan, Anda bisa ikut membantu program pemerintah dalam mencegah wabah penyakit, seperti ebola maupun kolera.

Keduanya merupakan penyakit yang menjadi fokus pemerintah agar bisa segera tereliminasi.

  1. Infeksi Nosokomial

Kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir perlu diterapkan oleh para tenaga medis. Hal ini bisa mencegah infeksi nosokomial (berkaitan dengan rumah sakit), yang merupakan penyebab resistensi antibiotik dan membuat pasien rawat inap membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

  1. Infeksi Parasit

Selain dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit kulit dan mata, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga bisa diandalkan untuk mencegah infeksi cacing pada saluran pencernaan.

Selain kelima penyakit yang telah disebutkan, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga bisa disebut bisa mencegah penyakit infeksi virus corona alias coronavirus.

1 dari 3

Cuci Tangan untuk Cegah Infeksi Virus Corona

loading

Novel coronavirus (nCov) atau lebih umum dikenal dengan virus corona adalah jenis virus yang masih satu keluarga dengan Middle East Respiratory Syndrome (MERS-Cov) dan SARS (infeksi saluran pernapasan akut).

Virus corona adalah yang bertanggung jawab pada terjadinya infeksi paru berat yang dialami penduduk Wuhan, Tiongkok. Virus ini dikabarkan telah menyebar ke beberapa daerah di negara Asia, bahkan hingga ke Australia dan Amerika.

Virus corona terbukti dapat menular dari hewan ke manusia, juga dari manusia ke manusia. Infeksi virus ini bisa menimbulkan gejala sebagai berikut:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Radang tenggorokan
  • Gagal napas
  • Gagal ginjal
  • Kematian

Virus corona sangat mematikan dan mesti diwaspadai. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa persebaran virus tersebut dapat dicegah dengan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara rutin.

2 dari 3

Cara Mencuci Tangan untuk Mencegah Virus Corona

loading

Berikut ini adalah cara cuci tangan yang efektif mencegah infeksi virus corona maupun penyakit lainnya:

  • Basahi tangan dengan air bersih mengalir dan gunakan sabun antibakteri secukupnya.
  • Busakan sabun dan gosok kedua telapak tangan dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan lainnya.
  • Gosok kedua punggung tangan. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri. Lakukan pada tangan sebaliknya.
  • Bersihkan sela-sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kiri.
  • Gosok bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  • Bersihkan ibu jari. Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan. Begitu pula sebaliknya.
  • Jangan lupakan bagian kuku dan ujung jari. Bersihkan dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu. Kemudian, gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Lakukan juga pada tangan sebaliknya.

Semua langkah tersebut harus dilakukan selama minimal 20 detik, dengan air bersih yang mengalir dan tentunya menggunakan sabun antibakteri. Setelahnya, keringkan dengan hand dryer, lap atau handuk tangan yang bersih.

Baca Juga

Di samping cuci tangan dengan baik dan benar, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat agar sistem kekebalan tubuh tetap prima. Pastikan pula untuk menggunakan masker saat beraktivitas, dan memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala penyakit yang melibatkan saluran pernapasan.

Ayo, cegah persebaran virus corona dan sejenisnya melalui cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jangan biarkan virus mematikan terus mewabah dan menghantui ketenangan Anda sekeluarga.

(NB/ RN/ RH)

ARTIKEL TERKAIT

Pemerintah Pantau Pasien Virus Corona dengan Tracetogether, Apa Itu?

Info Sehat
29 Mar

Putri Maria Teresa dari Spanyol Meninggal karena COVID-19

Info Sehat
29 Mar

Penting Tahu soal Patient Zero Virus Corona, Ini Alasannya!

Info Sehat
29 Mar

Tembus 10.000, Ini Alasan Angka Kematian Virus Corona di Italia Tinggi!

Info Sehat
29 Mar

WHO Gunakan Physical Distancing untuk Cegah COVID-19, Apa Artinya?

Info Sehat
29 Mar

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
warsini
2 Tahun Lalu

dok saya didiagnose K64 dan E78.0 sakit apa saya dok ? bahaya tidak klu mau berhaji. .

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat