Tak Bisa #dirumahaja? Ini Hal yang Wajib Dilakukan saat Sampai Rumah

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 25 Mar 2020, 11:33 WIB
Tidak bisa #dirumahaja lantaran harus bekerja di tengah pandemi virus corona? Ini beberapa hal yang mesti Anda perhatikan agar tidak menjadi agen penyebar COVID-19.
Tak Bisa #dirumahaja? Ini Hal yang Wajib Dilakukan saat Sampai Rumah

Klikdokter.com, Jakarta Sampai Selasa (24/3) siang WIB. tercatat sudah 686 kasus infeksi virus corona di Indonesia. Tidak heran, pemerintah terus menggalakkan gerakan #dirumahaja sebagai salah satu upaya dalam mencegah bertambahnya kasus COVID-19 di Indonesia.

Hampir dua pekan berjalan, kebijakan #dirumahaja ternyata tidak bisa dirasakan semua orang. Ada beberapa orang yang masih harus bekerja di luar rumah, terutama para pekerja yang berurusan dengan proyek, pabrik, serta jasa.

 

1 of 3

Orang yang Keluar Rumah Berisiko Terinfeksi Virus Corona

Orang yang Keluar Rumah Berisiko Terinfeksi Virus Corona
Orang yang Keluar Rumah Berisiko Terinfeksi Virus Corona

Jelas bahwa orang yang keluar rumah sangat berisiko terinfeksi virus corona. Ini karena beraktivitas di luar rumah membuat Anda bertemu dengan orang lain, yang bisa saja menjadi carrier virus COVID-19.

Seperti dikatakan oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, orang yang tampak sehat pun bisa saja menjadi carrier virus corona.

"Kalau misalnya kita masih beraktivitas seperti biasa, ketemu orang banyak, kita tidak tahu orang itu carrier atau bukan,” katanya.

Lantas, harus bagaimana jika harus tetap beraktivitas di luar rumah di tengah pandemi corona? Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak cukup dengan itu, bagi orang-orang yang tidak bisa #dirumahaja, Anda juga wajib melakukan tindakan pencegahan tambahan agar virus yang mungkin menempel di pakaian tidak sampai menular ke diri sendiri maupun anggota keluarga lainnya.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

2 of 3

Lakukan Hal Ini Saat Tiba di Rumah untuk Cegah Corona

Ilustrasi Pria Mandi Setelah Tiba di Rumah
Ilustrasi Pria Mandi Setelah Tiba di Rumah

Bagi orang-orang yang tidak bisa bekerja dari rumah di tengah pandemi virus corona, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan saat baru tiba di rumah:

  • Langsung Mandi dan Ganti Baju

Anda diharapkan langsung mandi dan ganti baju tanpa memegang benda atau menyentuh keluarga Anda, apalagi anak. Buat pakaian, jangan merasa sayang karena baru dipakai sekali. Langsung ganti!

"Ini supaya virusnya tidak ikut masuk dan mengenai orang-orang yang ada di dalam rumah. Karena virus bisa bertahan di pakaian dan barang-barang yang kita gunakan," kata dr. Ferdilla Nanda dari KlikDokter.

Jangan lupa juga untuk membuka sepatu sebelum masuk rumah. Lepas kaus kaki dan pastikan Anda bertelanjang kaki saat masuk rumah.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

  • Cuci Tangan

Kalau misalnya Anda tidak bisa langsung mandi karena berbagai alasan, sebaiknya langsung cuci tangan. Gunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik, dan pastikan untuk melakukan gerakan cuci tangan yang tepat.

  • Buang Semua yang Tidak Dibutuhkan

Buang semua kertas yang ada di kantong baju, celana, dan tas. Jangan bawa benda tersebut masuk ke rumah, karena bisa saja sudah dihinggapi oleh virus.

  • Jangan Sentuh Benda Apapun di Dalam Rumah

Setibanya di rumah, Anda sangat tidak disarankan menyentuh benda apapun. Ini karena tangan Anda belum sepenuhnya bersih, sehingga berpotensi menyebarkan kuman ke benda-benda di rumah.

Selain itu, Anda juga perlu untuk membersihkan bagian luar ponsel secara berkala. Ini karena ponsel biasanya jadi sarang kuman dan virus. Gunakan desinfektan atau tisu basah untuk membersihkannya.

  • Simpan Uang Tunai yang Masih Ada di Kantong

Jangan letakan uang tunai yang masih ada di kantong sembarangan. Taruhlah uang tersebut di dompet dan tutup rapat-rapat. Hal ini dilakukan agar uang yang telah dijamah oleh ribuan tangan dan dihinggapi jutaan kuman tidak menjadi penyebab penyakit pada Anda dan anggota keluarga lainnya.

Pastikan untuk tidak lupa menerapkan hal-hal tersebut, khususnya jika Anda tidak bisa untuk #dirumahaja di tengah pandemi virus corona. Ayo, ikut berperan untuk mengehentikan keganasan COVID-19 yang sudah merajalela di mana-mana.

Curiga terinfeksi virus corona? Lakukan pemeriksaan secara online lewat layanan Cek Corona Online dari KlikDokter. Anda juga bisa bertanya seputar virus corona melalui Live Chat 24 jam.

(NB/ RH)

Lanjutkan Membaca ↓