Benarkah Imboost Force Menghambat Penyembuhan COVID-19
searchtext customer service

Apa Benar Kandungan Echinacea pada Imboost Bisa Memperparah COVID-19?

Terdapat banyak hoaks beredar seputar penanganan COVID-19. Salah satunya, info tentang kandungan echinacea pada Imboost yang dianggap bisa memperparah pasien yang terinfeksi virus corona.
Apa Benar Kandungan Echinacea pada Imboost Bisa Memperparah COVID-19?

Di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia, banyak orang yang merogoh kocek dalam-dalam demi meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Misalnya, dengan membeli suplemen kesehatan. 

Ya, berbagai suplemen kesehatan yang dijual untuk kalangan masyarakat laku keras, mulai dari yang herbal sampai vitamin keluaran pabrik.

Namun, sempat beredar kabar tidak mengenakkan seputar kandungan echinacea pada suplemen Imboost untuk COVID-19. Dikatakan bahwa kandungan echinacea akan menghambat tingkat kesembuhan pasien yang terinfeksi virus corona. 

Apakah hal tersebut benar atau sekadar hoaks? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini. 

Sekilas Mengenai Echinacea

Sekilas Mengenai Echinacea

Echinacea adalah salah satu tanaman herbal yang tumbuh di Amerika Utara dan Eropa. Seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan secara menyeluruh, baik bunga, daun, maupun akarnya. 

Tanaman echinacea mengandung zat aktif yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredam peradangan atau inflamasi.

Sistem kekebalan tubuh dapat meningkat karena echinacea mampu meningkatkan pergerakan sel-sel imun yang berperan dalam melawan kuman dan infeksi. Selain itu, echinacea juga mengandung senyawa alkamida yang berfungsi sebagai antioksidan.

Artikel Lainnya: Biar Cepat Sembuh, Ini Deretan Vitamin untuk Pasien COVID-19 

Tanaman echinacea telah banyak dipakai oleh masyarakat Amerika asli untuk mengatasi sakit kepala, selesma, serta luka yang terinfeksi. 

Secara luas, echinacea telah digunakan dalam ilmu pengobatan tradisional untuk menangani sakit gigi, arthritis kronis, dan kejang

Karena khasiat antiperadangan dan peningkatan imunitas tersebut, penggunaannya masih terus diteliti agar dapat bermanfaat luas.

Benarkah Suplemen Vitamin Imboost dan Imboost Force Menghambat Penyembuhan COVID-19?

Benarkah Suplemen Vitamin Imboost dan Imboost Force Menghambat Penyembuhan COVID-19?

Beberapa waktu lalu, beredar informasi melalui dunia maya terkait salah satu suplemen bernama Imboost yang disebut dapat memperparah kondisi pasien positif virus corona.  

Menurut kabar tersebut, untuk pasien COVID-19, kandungan echinacea pada Imboost ini dapat membentuk sebuah zat yang malah makin berbahaya bagi tubuh.

Dalam pesan berantai yang muncul di dunia maya juga menyebutkan bahwa pada pneumonia yang terjadi akibat COVID-19, terdapat peningkatan pelepasan  senyawa-senyawa peradangan termasuk IL-6 (Interleukin 6). 

Faktanya, informasi tersebut hoaks belaka. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa echinacea menghambat atau menurunkan senyawa-senyawa peradangan termasuk IL-6.

Artikel Lainnya: Ini Suplemen dan Obat Terapi COVID-19 Sesuai Tingkat Gejala

Menurut penelitian randomized controlled trial pada tahun 2022, ekstrak spesifik Echinacea purpurea menunjukkan aktivitas antivirus terhadap berbagai patogen pernapasan, salah satunya virus corona. 

Ekstrak ini mendukung modulator inflamasi tubuh sehingga dapat memberikan perlindungan yang efektif terhadap virus corona dan mengurangi gejala, baik pada anak-anak maupun orang dewasa, 

Suplemen kesehatan, termasuk Imboost yang mengandung echinacea, mempunyai izin edar BPOM yang telah melalui pengujian keamanan. Karena itu, masyarakat umum dinyatakan aman untuk mengonsumsinya.

Echinacea purpurea yang ada dalam Imboost dan Imboost Force memiliki fungsi sebagai immunomodulator untuk pasien COVID-19. 

Artinya, echinacea dapat mengatur kerja sistem imun tubuh dan Echinace purpurea memainkan fungsi yang mampu menyesuaikan kebutuhan tubuh ketika sehat dan ketika memiliki infeksi.

Aturan Konsumsi Imboost untuk Pasien COVID-19

Aturan Konsumsi Imboost untuk Pasien COVID-19

Imboost bisa dikonsumsi 3 kali sehari 1 kaplet untuk memelihara daya tahan tubuh. 

Pencegahan infeksi virus corona dianggap penting karena penyebarannya yang mudah melalui droplet seseorang yang terinfeksi dan dapat bertahan di permukaan benda. 

Pola hidup yang sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan  konsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga secara teratur, istirahat cukup, rajin cuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker. 

Baca Juga

Jika kamu punya pertanyaan seputar COVID-19 atau penyakit lainnya, tanya dokter langsung di fitur online Live Chat. Di aplikasi KlikDokter, kamu juga bisa mendapatkan informasi terbaru dan tepercaya seputar infeksi virus corona. Mari #JagaSehatmu selalu!

[RS]

ARTIKEL TERKAIT

Setelah Sembuh dari COVID-19 Batuk Tak Kunjung Sembuh, Ini Tipsnya

Info Sehat
31 Jul

Bolehkah Berhubungan Seksual Saat Jalani Isoman COVID-19?

Info Sehat
28 Jul

Obat Paxlovid, Dianggap Ampuh Lawan Berbagai Varian COVID

Info Sehat
18 Jul

Cara Membedakan Diare Biasa dan Diare COVID-19

Info Sehat
12 Jul

Perbedaan Nyeri Sendi COVID-19 dan Nyeri Sendi Biasa

Info Sehat
08 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat