Duduk Lama di Kantor, Atasi 3K Dengan Vitamin Ini!

Badan pegal karena kelamaan duduk? Atasi dengan minum vitamin B kompleks yang dapat redakan pegal disertai kram, kebas, serta kesemutan.
Duduk Lama di Kantor, Atasi 3K Dengan Vitamin Ini!

Klikdokter.com, Jakarta Saat bekerja di kantor, umumnya Anda diharuskan duduk sambil menatap layar komputer dalam waktu lama. Alhasil, kondisi ini bisa menyebabkan rasa pegal dan tidak nyaman pada beberapa bagian tubuh.

Ya, kelamaan duduk bisa memicu badan pegal disertai kram, kebas, dan kesemutan (3K). Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini sembari minum vitamin pilihan.

Apa Penyebab Badan Pegal Disertai Kram, Kebas dan Kesemutan?

Sebelum mengetahui tips dan vitamin apa yang baik diminum untuk badan pegal akibat kram, kebas, dan kesemutan, ketahui dulu apa penyebab yang mendasari kondisi tersebut.

Kondisi pegal-pegal bisa terjadi sementara dan bisa menetap berhari-hari. Terkadang, rasa kram, kebas dan kesemutan yang tidak kunjung mereda ini dapat mengganggu aktivitas harian Anda. 

Pada dasarnya, posisi duduk terlalu lama sering menyebabkan badan pegal, kram, kebas, dan kesemutan. Hal ini terjadi karena saat duduk, tubuh memberikan tekanan yang besar pada otot punggung, leher, dan tulang belakang Anda.

Kondisi pegal bahkan bisa semakin memburuk ketika Anda mencoba untuk membungkuk. Jika dibiarkan terlalu lama, duduk bisa menyebabkan rasa nyeri pada punggung, bukan lagi cuma sekadar pegal.

Selain itu, posisi yang kurang baik saat duduk dapat menekan berbagai saraf dan pembuluh darah di kaki.

Di mana artinya, aliran darah tubuh ke kaki Anda jadi berkurang. Inilah salah satu penyebab utama gejala kram pada kaki.

Tidak hanya itu, pekerja yang fokus menggunakan komputer, bisa merasakan pegal dan nyeri pada pergelangan tangannya. Ini terjadi akibat pergelangan tangan terlalu lama mengetik di keyboard dan posisinya sering tidak tepat.

Terakhir, menatap layar komputer terlalu lama juga berisiko menyebabkan rasa pegal pada leher dan bahu.

Kondisi ini dapat diperparah jika jarak mata dengan dengan layar komputer cukup jauh, sehingga leher dan pundak jadi harus lebih maju ke depan.

1 dari 3

Efektifkah Konsumsi Vitamin untuk Atasi Badan Pegal?

loading

Karena tuntutan pekerjaan, sebagai orang tidak dapat menghindari untuk duduk dalam jangka waktu yang lama.

Itu sebabnya dibutuhkan beberapa penanganan cepat, antara lain dengan mengonsumsi vitamin dan melakukan tips untuk mengatur postur tubuh yang tepat saat bekerja. Beberapa tips yang bisa Anda ikuti antara lain.

  • Gunakan kursi dan meja yang ergonomis, pilih yang sesuai posisi tubuh.
  • Saat duduk, bergeraklah sebanyak yang Anda bisa.
  • Lakukan beberapa olahraga ringan di tempat duduk Anda untuk menguatkan otot-otot tubuh.

Selain melakukan tips di atas, Anda bisa mengonsumsi vitamin B kompleks untuk mengatasi badan pegal yang disertai kram, kebas, dan kesemutan.

Vitamin B kompleks telah lama digunakan sebagai pengobatan tunggal maupun kombinasi (dengan obat lain) untuk mengatasi berbagai penyakit atau membantu meredakan rasa nyeri.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menjelaskan, mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks berguna untuk memperbaiki fungsi saraf.

Hal ini disebabkan karena vitamin B dapat mempercepat proses regenerasi jaringan dan memperbaiki fungsi saraf.  Jadi, minum vitamin terbukti efektif dan boleh dikonsumsi saat badan sedang pegal-pegal, ya!

2 dari 3

Vitamin untuk Mengatasi Badan Pegal

loading

Sebagai informasi, vitamin B kompleks terdiri dari beberapa  jenis vitamin. Di mana ke semua jenisnya memiliki peran penting untuk mengatasi rasa pegal dan nyeri di tubuh.

Antara lain, ada vitamin B1 (thiamin), B6 (pyridoxine), dan B12 (cobalamin). Ketiganya berfungsi  mengatasi peradangan yang menyerang saraf dan otot.

Vitamin B12 juga bermanfaat membantu mengatasi nyeri yang disebabkan oleh gangguan saraf.

Sedangkan pada vitamin B3 (niacin), ia berfungsi memperbaiki pergerakan sendi-sendi dan membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan.

Bahkan, dalam beberapa penelitian terbaru, vitamin B3 ditemukan dapat membantu mencegah terjadinya radang sendi dan meningkatkan produksi steroid untuk meredakan rasa nyeri di tubuh.

Terlebih, vitamin B kompleks punya manfaat untuk memproduksi tenaga, sehingga otot mendapatkan cadangan energi cukup untuk memperbaiki kerusakan di dalam tubuh.

Tidak lupa, vitamin B kompleks berkhasiat mendistribusikan asam amino dan protein guna membantu regenerasi sel otot yang rusak akibat duduk yang terlalu lama.

Suplemen vitamin B pun berguna untuk menghilangkan rasa nyeri dan efek inflamasi pada saraf.

Nah, sekarang tidak perlu khawatir, untuk mendapatkan semua manfaat vitamin di atas dengan minum Neo rheumacyl Neuro.

Pada Neo rheumacyl Neuro, terdapat kombinasi vitamin B1, B6, serta B12 yang sering disebut sebagai vitamin neurotropik, ketiganya bekerja pada sistem saraf.

Lalu, ada juga kandungan ibuprofen yang berfungsi membantu meredakan rasa nyeri akibat pegal saat duduk terlalu lama.

Baca Juga

Jadi, jika mengalami badan pegal yang disertai kram, kebas, dan kesemutan, segera minum Neo rheumacyl Neuro yang mengandung vitamin B kompleks. Anda bisa  konsumsi 1 sampai 3 kaplet dalam satu hari saat pegal mulai menyerang.

Mau tahu lebih lanjut tentang gejala, tips, atau dosis konsumsi vitamin B kompleks yang tepat, jangan ragu tanyakan pada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter, ya.

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Penis Tiba-Tiba Kesemutan Saat Bercinta? Jangan-Jangan, Ini Sebabnya!

Info Sehat
30 Mar

Kesemutan Jangan Dibiarkan, Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Info Sehat
28 Jan

6 Penyebab Jari Tangan Terasa Kebas

Info Sehat
23 Des

Ini Dia Penyebab Sering Kesemutan saat Hamil

Info Sehat
08 Des

Apakah Anda Termasuk yang Berisiko Mengalami Kerusakan Sel Saraf?

Info Sehat
02 Des

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk