Apakah Masturbasi Menyebabkan Jerawat? Ini Faktanya
searchtext customer service

Katanya Masturbasi Bisa Buat Wajah Jadi Jerawatan, Benarkah?

Ada anggapan, sering masturbasi atau onani bisa membuat wajah berjerawat. Apakah masturbasi menyebabkan jerawat? Ini faktanya.
Katanya Masturbasi Bisa Buat Wajah Jadi Jerawatan, Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Masturbasi atau onani kerap dilakukan untuk memenuhi hasrat seksual seseorang. Aktivitas ini biasanya dilakukan sendiri, atau dengan bantuan orang lain.

Jika dilihat berdasarkan jenis kelamin, pria memang identik dengan masturbasi. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi wanita untuk melakukannya.

Ada berbagai mitos seputar masturbasi yang banyak beredar sampai saat ini, termasuk soal risikonya dalam mencetuskan jerawat. Apakah masturbasi menyebabkan jerawat? Simak faktanya berikut ini.

1 dari 3

Apakah Onani Menyebabkan Jerawat?

Apakah Onani Menyebabkan Jerawat?
loading

Umumnya, masturbasi dilakukan oleh para remaja yang baru masuk dalam masa pubertas. Biasanya remaja melakukan masturbasi akibat penasaran dengan kegiatan seksual, atau apa pun yang berhubungan dengan rangsangan seksual.

Jerawat pertama kali memang muncul selama masa pubertas. Waktu timbulnya jerawat bisa berbarengan dengan waktu dorongan seksual mulai muncul. 

Ada berbagai macam mitos berkembang di masyarakat terkait masturbasi, salah satunya anggapan bahwa masturbasi dapat menyebabkan jerawat. Apa benar demikian? Adakah hubungan sperma dan jerawat? 

Ternyata, tidak ada sama sekali. Meskipun mungkin muncul pada waktu yang bersamaan, ada kemungkinan bahwa keduanya tidak menyebabkan keadaan satu sama lainnya.

Artikel Lainnya: Sering Masturbasi Bikin Lutut Kopong, Benar atau Salah?

Selain itu, beberapa orang juga mengatakan bahwa berhubungan seks dapat memicu timbulnya jerawat. Padahal, ini tidak benar.

Bila Anda masih mempertanyakan apakah onani atau hubungan seks menyebabkan jerawat, maka jawabannya adalah tidak. Anggapan tersebut hanya sebatas mitos.

Jika melihat jerawat Anda bertambah parah setelah Anda sering melakukan masturbasi, bisa jadi hal tersebut hanyalah kebetulan semata.

Begitu juga bila setelah berhubungan seks muncul beberapa jerawat baru atau noda hitam bekas jerawat, ini juga hanyalah kebetulan.

Jerawat pun cenderung berlangsung jadi lebih baik atau lebih buruk dengan sendirinya, tanpa pengaruh dari aktivitas seksual seseorang. Oleh sebab itu, menahan diri dari masturbasi atau berhubungan seks tidak akan membuat jerawat Anda hilang.

Jadi, sudah jelas bahwa tidak ada hubungan antara jerawat dengan semua jenis aktivitas seksual.

Artikel Lainnya: Jangan Masturbasi Pakai Lotion, Ini Bahayanya!

2 dari 3

Masturbasi Justru Memiliki Manfaat bagi Wajah?

Masturbasi Justru Memiliki Manfaat bagi Wajah?
loading

Berbanding terbalik dengan mitos yang beredar, masturbasi justru memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Efek onani bagi wajah berkaitan dengan peningkatan hormon tubuh, misalnya hormon endorfin (hormon bahagia).

Masturbasi maupun kegiatan seks lain yang menyebabkan ejakulasi atau orgasme akan meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Hal ini pula yang akan membuat seseorang jadi lebih bahagia.

Secara tidak langsung, orang yang merasa bahagia akan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan membuat kulit mereka jadi lebih awet muda.

Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

Selain itu, keluarnya hormon oksitosin saat masturbasi bisa menekan hormon stres (kortisol), yang nantinya dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan juga akan muncul dan menangkal radikal bebas yang bisa buat kulit jadi meradang.

Alih-alih menganggap masturbasi menyebabkan jerawat, ketahuilah berbagai faktor pemicu jerawat, yaitu hormon, pelepasan sel-sel kulit yang tidak normal, dan bakteri Propionibacterium acnes.

Jadi, hormon bukan satu-satunya penyebab jerawat. Jerawat juga bisa muncul akibat dari penumpukan sel-sel kulit mati.

Nah, sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat terperangkap di dalam pori-pori, yang berujung pada penyumbatan. 

Baca Juga

Setelah mengetahui beberapa fakta seputar masturbasi dan jerawat di atas, kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika melakukan masturbasi ataupun aktivitas seksual lainnya.

Meski begitu, masturbasi juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti ejakulasi dini, permasalahan pada kehidupan seksual, bahkan meningkatkan risiko depresi.

Mau tahu lebih lanjut tentang manfaat dan dampak masturbasi, ataupun masalah jerawat? Sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Chat dokter langsung melalui layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Hervina, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Julieta Diana Pricillia Dotulong, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

Info Sehat
20 Des

Viral DDD Challenge, Kenapa Orang Tertarik Melakukannya?

Info Sehat
02 Des

Hobi Masturbasi Picu Kanker Prostat?

Info Sehat
30 Nov

Komunitas Skincare, Kiprah Pejuang Kulit Sehat di Medsos

Info Sehat
30 Nov

Manfaat Pepaya untuk Jerawat, Apakah Terbukti Efektif?

Info Sehat
15 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat