search

Langkah Detoks Kulit Wajah dan Manfaatnya

Wajah sehat dan bersih adalah dambaan tiap wanita. Salah satu cara untuk meraihnya adalah dengan detoks wajah. Apa saja langkah-langkahnya?
Langkah Detoks Kulit Wajah dan Manfaatnya

Klikdokter.com, Jakarta Detoksifikasi, atau biasa disebut detoks, adalah proses mengeluarkan racun dari tubuh. Proses tersebut ternyata juga bisa dilakukan di kulit. Dengan rutin detoks wajah, kulit tak cuma bersih dan sehat, tapi juga mencegah timbulnya masalah. Bagaimana cara detoks wajah?

Artikel lainnya: Hindari 4 Bahan Pengawet Ini dalam Produk Perawatan Kulit

Detoks Kulit: Penjelasan dan Manfaatnya

Tren di dunia kecantikan turut mempopulerkan istilah detoks kulit. Meski begitu, dunia medis sebenarnya tidak mengenal istilah tersebut.

Detoks kulit yang dipopulerkan di sini berarti melindungi kulit dari toksin (racun) lingkungan (seperti polusi dan sinar ultraviolet matahari) dan mencegah agar kulit tidak kusam.

Perlu diketahui, kulit adalah organ terbesar di tubuh. Kulit punya fungsi barrier atau memberi perlindungan terhadap ancaman dari luar, seperti mikroorganisme, bahan kimia, alergen, dan bahan toksik lainnya.

Bicara tentang detoks kulit, bukan berarti toksin dapat keluar dari tubuh melalui kulit. Proses detoks yang dimaksud di sini berarti membersihkan kulit dari kotoran yang menempel.

Artikel lainnya: Ladies, Ini Cara Penggunaan Skincare yang Benar

Manfaat detoks kulit wajah antara lain adalah untuk menyingkirkan kotoran dan minyak agar kulit bersih dan cerah.

1 dari 2

Cara Detoks Wajah agar Kulit Bersih dan Sehat

loading

Selama seharian beraktivitas, kulit wajah akan ditempeli kuman, kotoran, debu, dan sel kulit mati. Untuk itu, Anda harus tahu ritual apa saja yang dibutuhkan agar kulit wajah bersih dan sehat.

1. Membersihkan Kulit

Rutin membersihkan wajah adalah kunci penting dalam menjaga kebersihan kulit. Pasalnya, bila tidak dibersihkan secara teratur, kulit wajah akan rentan mengalami penyumbatan pori-pori akibat kotoran, produksi minyak berlebih, sehingga bisa berujung pada munculnya jerawat.

Pilih sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, untuk pemilik kulit kering, jangan memilih produk pembersih wajah yang mengandung kadar alkohol tinggi.

Sementara itu, bila kulit tergolong sensitif, pilih produk yang bersifat hipoalergenik dan hindari produk yang mengandung pewangi.

Artikel lainnya: Mitos Tentang Skincare yang Tak Perlu Anda Percaya

2. Rutin Pakai Pelembap

Pilih pelembap wajah yang mengandung gliserin, propylene glycol, dan urea. Selain itu, gunakan produk yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHAs), yang dapat mengatasi kulit kering dan jerawat.

American Academy of Dermatology menganjurkan Anda untuk pakai pelembap setelah mandi, agar kulit lebih bisa mengunci khasiat berbagai kandungan di dalamnya.

Cara pelembap bekerja di kulit adalah dengan cara mengunci kelembapan di lapisan terluar kulit.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit adalah salah satu ritual wajib dalam regime perawatan rutin kulit wajah.

Walaupun sudah rutin cuci muka dua kali sehari, Anda tetap harus melakukan eksfoliasi paling tidak dua minggu sekali.

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan bahan kimia (penggunaan produk tertentu) atau mekanik (mikrodermabrasi). Tujuannya adalah untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit tak lagi tampak kering dan kusam.

Anda tak perlu repot browsing produk-produk untuk membantu proses detoks wajah ini. POND’S menghadirkan D-TOXX Regime yang terdiri dari POND’S Vitamin Micellar Water D-TOXX Charcoal, POND’s Pure White Facial Foam, dan POND’s Pure White Clay Mask Charcoal untuk kulit bersih seketika!

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Awali dengan POND’S Vitamin Micellar Water D-TOXX Charcoal, yang mengandung lima vitamin dan activated charcoal. Produk ini punya kemampuan 5x purifying action untuk kulit bersih dari sisa makeup dan kotoran.
  • Kedua, cuci muka dengan POND’S Pure White Facial Foam untuk detoks kulit dan angkat kuman yang menempel di wajah.
  • Terakhir, lengkapi dengan POND’S Pure White Clay Mask Charcoal. Masker 3-in-1 purifying treatment ini punya tiga manfaat: menjaga wajah tetap lembap untuk wajah instant glow (dewy glowing), diperkaya ekstrak moringa agar wajah bersih maksimal (brightening), serta mengandung charcoal dan kaolin agar wajah halus, lembut, dan kenyal di setiap sentuhan (smoothening).
Baca Juga

Itulah cara detoks wajah yang bisa dengan mudah Anda lakukan secara rutin di rumah. Walaupun tak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan, tapi detoks wajah tetap dibutuhkan agar kulit senantiasa bersih, sehat, dan bersinar!

Yuk, jaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan langkah-langkah mudah detoks wajah di atas! Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter bila mengalami masalah di kulit atau ingin tahu tips kulit cantik, bersih, dan sehat lainnya.

(RN/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Vina Feriza, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Monalisa Manik, M.Ked, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Febrina T Kurniasih, M. Ked(DV), Sp. DV

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Tips Merawat Kebersihan dan Kesehatan Wajah Selama Berpuasa

Info Sehat
19 Mei

Sering Menyentuh Wajah Tanpa Sadar? Ini yang Harus Dilakukan

Info Sehat
19 Mei

Hindari Mengucek Mata Saat Pandemi COVID-19

Info Sehat
18 Mei

Yuk, Penuhi Kebutuhan Vitamin D Tubuh dengan Ini

Info Sehat
13 Mei

Bakteri dan Virus yang Dapat Bersarang di Sikat Gigi Anda

Info Sehat
12 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat