Hati-Hati Saat Mau Makan Jamur Enoki, Ini Cara Membersihkannya!

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 27 Jun 2020, 18:42 WIB
Jamur enoki belakangan menjadi perhatian karena mengandung bakteri. Mari ketahui cara membersihkan jamur itu sebelum disantap.
Hati-Hati Saat Mau Makan Jamur Enoki, Ini Cara Membersihkannya!

Klikdokter.com, Jakarta Belakangan ini, sedang ramai pembicaraan soal jamur enoki di Indonesia yang peredarannya ditarik oleh pemerintah akibat dugaan kontaminasi bakteri.

Soal ini, Anda memang harus hati-hati dalam memakan jamur enoki. Sebelum menyantap, ketahui cara membersihkan enoki sebelum Anda makan.

Di AS, Banyak Orang Dirawat di RS Akibat Jamur Enoki yang Terpapar Bakteri Listeria

Jamur enoki punya pamor yang bagus sebelumnya, karena banyak orang Indonesia yang menggemarinya, apalagi saat makan dengan cara hot pot atau shabu-shabu.

Akan tetapi, ada satu produsen jamur enoki asal Korea Selatan yang produknya ditarik dari peredaran karena mengandung bakteri Listeria monocytogenes.

Melansir dari CNN,  di Amerika Serikat, jamur enoki menyebabkan 31 orang harus dirawat di rumah sakit dan empat orang meninggal dunia.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa ini merupakan masalah kesehatan serius yang diakibatkan oleh bakteri.

CDC menemukan bahwa jamur tersebut dijual oleh H&C Food Inc., Guan's Mushroom Co, dan Sun Hong Foods, Inc. Jamur dipasok ke perusahaan-perusahaan tersebut oleh perusahaan Korea Green Co Ltd. dan dijual pada 23 November 2016 sampai 13 Desember 2019.

Di samping itu, Kementerian Pangan dan Obat-Obatan Korea juga mengaku menemukan bakteri Listeria pada jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan dari negaranya.

Artikel Lainnya: Jamur Enoki Tengah Ramai Dibicarakan, Intip Manfaatnya untuk Kesehatan!

Di AS, 36 kasus infeksi bakteri terjadi di 17 negara bagian. Dengan rincian, ada  dua  kasus kematian terjadi di California, dan ada satu kematian masing-masing di Hawaii dan di New Jersey.

Tidak hanya itu, ada juga enam kasus yang melibatkan wanita hamil, dua di antaranya keguguran. Jamur enoki yang beracun itu diduga dikonsumsi setelah lewat masa kedaluwarsa.

Masih dilansir dari CNN, jika seseorang ingin mengonsumsi jamur enoki, penting untuk mencuci dan  membersihkannya terlebih dulu.

Selain itu, membersihkan permukaan dan wadah yang mungkin bersentuhan dengan jamur juga harus dilakukan agar tidak terjadi kontaminasi silang.

Pasalnya, bakteri Listeria dapat bertahan hidup dalam suhu dingin dan juga bisa menyebar ke permukaan atau makanan lainnya.

Gejala listeriosis (penyakit yang disebabkan oleh Listeria monocytogenes) biasanya tidak muncul sesaat setelah Anda mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Terkadang, gejala baru muncul sampai berminggu-minggu setelah Anda terpapar makanan tersebut.

Gejala yang ditimbulkan akibat infeksi bakteri Listeria antara lain berupa demam, diare, sakit kepala, tubuh tidak seimbang, dan leher terasa kaku. Sedangkan pada ibu hamil, listeriosis dapat menyebabkan keguguran.

1 of 5

Adakah Bakteri Lain yang Bisa Menempel di Jamur Enoki?

Jamur Enoki
Jamur Enoki

Tidak hanya waspada dengan bakteri Listeria monocytogenes, beberapa orang juga ada yang cemas kalau saja sampai ada bakteri lainnya yang menempel di jamur tersebut.

Sebab, bakteri Listeria saja bisa menempel, berarti ada kemungkinan bakteri lain bisa menempel di jamur enoki tersebut, dong?

Menurut dr. Devia Irine Putri, hal itu memang sangat mungkin terjadi. Contoh bakteri yang mungkin menempel adalah Salmonella typhi yang biasanya bisa menyebabkan diare pada manusia.

Maka, diperlukan tingkat kewaspadaan tinggi dari kita semua yang suka makan jamur enoki. Ditakutkan, ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

2 of 5

Bisakah Bakteri di Jamur Enoki Bisa Hilang dengan Mencucinya?

Jamur Enoki
Jamur Enoki

Mencuci dengan bersih adalah salah satu cara yang perlu dilakukan untuk bisa makan jamur enoki dengan aman.

Namun, dr. Devia Irine menegaskan, kalau mencuci saja tidak bisa menghilangkan bakteri sebanyak 100 persen.

"Bakteri ini biasanya hidup di suhu -1,5 sampai dengan 45 derajat Celcius (optimal di suhu 30-37 derajat Celcius)," ungkap dr. Devia saat dihubungi KlikDokter.

Ia pun menegaskan, selain mencuci, memasaknya dengan tingkat kematangan yang sempurna sangat dianjurkan sebelum mengonsumsi jamur ini.

Jika Anda ingin memakannya, jangan cuma masak seadanya, masak dengan benar sampai matang.

"Selain dicuci harus dimasak matang jamur enokinya. Jadi, tidak bisa dicuci lalu dimakan mentah atau setengah matang," tegas dr. Devia Irine Putri.

Artikel Lainnya: Benarkah Jamur Memang Bermanfaat untuk Kesehatan?

3 of 5

Ini Cara Bersihkan Jamur Enoki Sebelum Diolah

Ilustrasi Jamur Enoki Sebelum Diolah
Ilustrasi Jamur Enoki Sebelum Diolah

Ada baiknya Anda tahu cara membersihkan jamur enoki sebelum diolah menjadi makanan yang Anda santap. Berikut caranya:

  1. Cuci dengan Bersih

Sudah pasti ini perlu dilakukan dengan baik. Cucinya harus pakai air bersih mengalir, dan pastikan pakai wadah yang bersih juga.

  1. Pakai Air Panas

Perlu juga menggunakan air panas dalam mencuci jamur. Air panas membantu bakteri pada jamur bisa hilang.

  1. Masak dengan Matang

Masak dengan matang di air mendidih dan dengan air yang bersih juga. Jangan biarkan jamur dimakan dalam kondisi yang tidak matang sama sekali.

4 of 5

Supaya Jamur Enoki Tak Kena Bakteri, Lakukan Tips Ini!

Jamur Enoki
Jamur Enoki

Selain mencuci dan cara memasaknya, perlu diketahui juga tips agar jamur enoki tidak kena bakteri selama masa penyimpanan. Dilansir dari Detik, ini cara menyimpan jamur enoki dengan baik:

  • Jangan Terlalu Lama Disimpan

Kelamaan menyimpan jamur enoki justru bisa membuat bakteri Listeria berkembang dengan mudah. Maka, untuk makanan beku, Anda dianjurkan mengonsumsinya sebelum mencapai tanggal kedaluwarsa yang ada di kemasan.

  • Pastikan Kulkas Dalam Keadaan Bersih

Kalau sering menyimpan makanan di kulkas, bersihkan setiap sisi dan rak di dalamnya menggunakan air panas dan deterjen cair yang ringan. Setelah dibilas, kemudian keringkan menggunakan lap bersih.

Penting diingat, apabila ada tumpahan makanan dan minuman di kulkas, sebaiknya segera bersihkan, ya. Tujuannya, agar tidak ada bakteri Listeria yang muncul dan mengontaminasi makanan lain.

  • Dinginkan dengan Suhu yang Tepat

Agar bakteri tidak gampang tumbuh di makanan, atur suhu kulkas Anda dengan tepat. Idealnya, suhu lemari pendingin ada di angka 4 derajat Celcius atau lebih rendah, dan atur suhu freezer di angka -18 derajat Celcius.

  • Cuci Tangan dan Peralatan Masak Anda

Mencuci tangan adalah hal paling penting saat mengolah makanan, termasuk jamur. Cuci tangan sebelum dan setelah masak pakai sabun serta air mengalir, lakukan ini selama 20 detik.

Tidak lupa juga untuk selalu membersihkan peralatan masak yang habis digunakan seperti pisau, piring, sendok, dan talenan.

Membersihkan jamur enoki dengan baik adalah langkah utama agar tak ada bakteri Listeria yang menginfeksi Anda. Masak juga dengan matang, lebih baik bersabar menunggu makanan sampai matang daripada mengalami risiko infeksi bakteri.

Apabila masih ada pertanyaan lebih lanjut tentang informasi jamur enoki atau infeksi bakteri lainnya, jangan ragu konsultasikan ke dokter. Mau lebih praktis? Konsultasikan lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓
Abdul WachidAbdul Wachid

bisa dibeli dimana jamur inoki

Abdul WachidAbdul Wachid

bagaimana cara mengolah utk dikonsumsi