Buah yang Mengandung Kolagen untuk Mempercantik Kulit - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Buah yang Mengandung Kolagen untuk Mempercantik Kulit

Untuk mempercantik kulit, Anda bisa mengonsumsi buah yang mengandung kolagen tinggi. Apa saja buah yang banyak mengandung kolagen? Cek di sini.
Buah yang Mengandung Kolagen untuk Mempercantik Kulit

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang selalu ikut perkembangan kecantikan, pasti sudah tahu, dong, pentingnya kolagen untuk kulit. Kita memang butuh komponen kolagen untuk mempercantik kulit. 

Kolagen adalah sebuah protein dalam tubuh yang bekerja sama dengan keratin untuk membentuk kulit sehat, cantik, dan tampak halus. Selain itu, kolagen sendiri juga berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit wajah maupun kulit bagian lainnya tidak mudah kendur.

Karena fungsinya memang banyak dikaitkan untuk kulit, maka kolagen juga sering disebut sebagai sumber kecantikan dan kunci awet muda bagi banyak orang.

Kabar baiknya, kolagen bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Tapi, jika produksi kolagen dari dalam tubuh berkurang, maka ada satu cara lagi yang bisa bantu tingkatkan produksi kolagen, yaitu dengan makan buah-buahan! 

Apa saja buah yang mengandung kolagen tinggi? Berikut daftarnya!

Artikel Lainnya: Pastikan Kebutuhan Kolagen Tubuh Terpenuhi, Ini Manfaatnya

1 dari 6

1. Jeruk

Jeruk
loading

Buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk adalah komponen utama dalam meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Disarankan untuk menambahkan buah jeruk dalam menu makan sehat Anda setiap hari. Jenis jeruk pun bisa beragam, sesuai dengan selera.

Selain itu, vitamin C dalam buah jeruk juga bantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. 

2 dari 6

2. Buah Beri

Buah Beri
loading

Selain buah jeruk, buah beri, termasuk stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry, adalah jenis buah lainnya yang dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. 

Ini karena kelompok buah beri mengandung vitamin C yang tinggi. Di samping itu juga kaya akan antioksidan yang akan memberikan perlindungan lebih pada kulit Anda. 

Tambahkan sejumlah buah beri ke dalam smoothie bowl, atau konsumsi sebagai pencuci mulut setelah makan menu sehat Anda. 

3 dari 6

3. Jambu

Jambu
loading

Buah-buahan tropis seperti jambu pun dipercaya bisa meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh, berkat kandungan vitamin C yang tinggi. 

Cara makannya pun gampang, bisa langsung makan tanpa harus dikupas, di-jus, atau dipotong dan dicampur dengan yoghurt. Bisa pula sebagai tambahan di smoothie bowl Anda. 

Artikel Lainnya: Cara Meningkatkan Kolagen Secara Natural

4 dari 6

4. Kiwi

Kiwi
loading

Selain jambu, buah tropis lainnya yang juga bagus untuk meningkatkan produksi kolagen adalah kiwi. Tidak hanya mengandung vitamin C, buah kiwi juga mengandung zinc yang baik untuk memproduksi kolagen.

Untuk mendapatkan manfaat kiwi secara maksimal, Anda bisa mengonsumsi 2 buah per hari secara rutin. Setelah 4 minggu, vitamin C dalam tubuh akan meningkat, begitu pula sistem kekebalan tubuh Anda. 

5 dari 6

5. Nanas

Nanas
loading

Ya, buah yang disebut-sebut tidak boleh dimakan oleh ibu hamil ini ternyata juga baik untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. 

Nanas mengandung banyak vitamin C, antioksidan, dan zinc yang bisa memproduksi kolagen. 

Baca Juga

Mengonsumsi kelima buah-buahan di atas memang baik untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Tapi, imbangi juga dengan pola hidup sehat, seperti olahraga, istirahat cukup, serta hindari merokok dan minuman beralkohol. 

Nah, kalau Anda memiliki pertanyaan seputar kolagen, jangan sungkan untuk konsultasi dengan ahlinya via LiveChat di aplikasi KlikDokter dari ponsel Anda.

(PUT/AYU)

Referensi: 

  • Healthline. Diakses 2022. 13 Foods That Help Your Body Produce Collagen.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Febrina T Kurniasih, M. Ked(DV), Sp. DV

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Julieta Diana Pricillia Dotulong, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Ragam Dedaunan yang Bisa Mencerahkan Wajah

Info Sehat
13 Jan

Bagaimana Cara Kerja Sunscreen dalam Melindungi Kulit?

Info Sehat
12 Jan

Pastikan Kebutuhan Kolagen Tubuh Terpenuhi, Ini Manfaatnya

Info Sehat
11 Jan

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Keringat Dingin!

Info Sehat
06 Jan

Efek Samping Melakukan Chemical Peeling di Rumah

Info Sehat
06 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat