Catat, Bun! Ini Mainan Bayi 6 Bulan yang Aman untuk Si Kecil!

Bingung harus beli mainan apa untuk bayi usia 6 bulan? Jangan khawatir. Berikut tips dan panduan dari dokter sebelum membeli mainan bayi 6 bulan!
Catat, Bun! Ini Mainan Bayi 6 Bulan yang Aman untuk Si Kecil!

Klikdokter.com, Jakarta Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan. Ini tandanya, ia mulai siap memasuki fase lain. Nah, untuk merayakan hal tersebut, Bunda mau membelikannya mainan. Sebaiknya, beli mainan yang seperti apa, ya? Apakah ada kriteria khusus sebelum membeli mainan bayi 6 bulan?

Ketahui Dulu Kemampuan Bayi 6 Bulan

Sebelum Anda mengetahui apa saja mainan usia 6 bulan yang bisa dibeli, sebaiknya pahami dulu kemampuan bayi di usia tersebut. 

Tujuannya, untuk menyesuaikan kebutuhan mainan dengan si bayi. Sayang, kan, kalau sudah beli malah tak cocok?

Di fase usia 6 bulan, umumnya Anda akan memperkenalkan bayi dengan makanan dan juga benda-benda padat. 

Di fase ini pula, bayi Anda mulai belajar duduk, merangkak, berdiri, dan berjalan. Tak cuma itu, rentang antara usia 6-12 bulan, si bayi akan lebih banyak berbicara, lebih banyak bergerak, tumbuh gigi lebih banyak, melempar, dan meraih benda yang ia suka. 

Saat anak sudah berusia 6 bulan ke atas, fokus perhatiannya mulai terasah. Ia akan mencari banyak cara untuk berkomunikasi dengan orang sekitarnya meskipun belum bisa bicara.

Selain itu, karena giginya sudah mulai tumbuh, keinginannya untuk memasukkan sesuatu ke dalam mulut dan mengunyah benda-benda di sekitarnya akan lebih tinggi. 

Artikel Lainnya: Memilih Mainan yang Tepat untuk Bayi

1 dari 4

Mengapa Bayi 6 Bulan Membutuhkan Mainan?

Bayi 6 Bulan sedang Bermain
loading

Sementara itu, menurut dr. Karin Wiradarma, bayi usia 6 bulan memang membutuhkan mainan. 

Ini karena mainan bisa untuk menstimulasi tumbuh kembangnya, baik dari aspek motorik kasar, motorik halus, kognitif, sosial emosional, serta kemampuan bicara. 

“Mainannya harus disesuaikan dengan perkembangan milestone si bayi (target kemampuan tumbuh kembang sesuai usia). Misalnya, untuk motorik kasar, bayi, kan, sudah bisa berguling dan mulai belajar duduk. Terus, dia bisa belajar melihat warna-warna cerah. Dia pun sudah bisa tersenyum, jadi bisa dikasih cermin untuk mengenali wajahnya sendiri,” jelas dr. Karin. 

Pemikiran bahwa anak baru bisa mendapatkan manfaat dari mainan saat usianya menginjak 1 tahun ternyata kurang tepat. 

Pasalnya, saat usia bulan pun mainan memang dibutuhkan untuk menstimulasi tumbuh kembangnya. 

2 dari 4

Jenis Mainan yang Aman untuk Bayi Usia 6 Bulan

Bayi Usia 6 Bulan sedang Bermain
loading

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, selain memilih sesuai milestone dan bentuknya, bahan mainan untuk bayi 6 bulan juga mesti diperhatikan. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di fase ini, bayi sangat suka menelan dan mengunyah apa pun. Dokter yang kerap disapa dr. Vita itu mengatakan kepada KlikDokter

“Pilih yang bentuknya jangan terlalu kecil, ya. Sehingga, dia tidak bisa memasukkannya ke mulut. Selain itu, pilih yang ujungnya tidak runcing.”

“Bahan-bahan mainan juga mesti diperhatikan. Jangan sampai mengandung bahan kimia berbahaya. Biar lebih aman lagi, jangan beli yang bentuknya nggak banyak sela-sela kecil. Sebab, kotoran bisa menumpuk di situ dan susah dibersihkan. Malah jadi nggak aman, kan, buat anak-anak?” tambah dr. Vita.

Artikel Lainnya: 6 Permainan Luar Rumah untuk Asah Tumbuh Kembang Anak

3 dari 4

Cara Memilih Mainan Bayi Usia 6 Bulan 

Bayi Usia 6 Bulan sedang Bermain
loading

Untuk lebih jelasnya lagi, Bunda bisa melihat tips memilih mainan untuk bayi 6 bulan di bawah ini. Ingat, jangan mudah tergiur dengan warna atau bentuknya yang lucu, ya

Perhatikan juga fungsi dan keamanannya. Adapun tips memilih mainan yang baik untuk bayi 6 bulan, yaitu:

  • Sesuaikan dengan Milestone Anak

Ini yang harus diingat orang tua. Sesuaikan kemampuan anak Anda dengan mainan yang hendak dipilih. 

Anda juga bisa melihat patokan usia mainan di kemasan atau di belakang benda tersebut. Jangan dibeli jika mainan tersebut untuk anak yang sudah besar. 

  • Perhatikan Bahan dan Bentuknya 

Hindari membeli mainan yang ujungnya runcing, teksturnya terlalu keras, mengandung bahan kimia, bentuknya kecil, dan punya banyak sela. Lebih baik pilih yang berbahan kain. 

Mainan yang baik untuk anak 6 bulan harus memenuhi syarat-syarat ini agar tidak membahayakan keselamatan dan kesehatannya. 

  • Tidak Usah yang Terlalu Mahal 

Dokter Karin mengatakan, tak usah memaksakan diri untuk membelikan mainan untuk bayi 6 bulan dengan harga selangit. 

“Bahkan, nggak beli pun nggak apa-apa. Lagi pula, anak-anak sering, lho, nggak tertarik dengan mainan betulan. Mereka lebih suka mengeksplorasi benda-benda sekitar mereka, seperti gantungan yang ada belnya, botol plastik atau kaleng yang ada isinya dan bisa dikocok lalu mengeluarkan bunyi,” jelas dr. Karin. 

Dokter Karin menambahkan, “Orang tua bisa kreatif menciptakan mainan sendiri, yang penting aman.”

  • Pilih yang Ada Suara

Di fase ini, anak akan suka sekali dengan bunyi-bunyian. Jadi, jika Anda ingin membelikan mainan untuk bayi 6 bulan, berikan yang bisa mengeluarkan suara supaya dia suka. 

Misalnya saja, bola kain yang ada bel kecilnya, atau buku empuk yang ketika ditekan bisa mengeluarkan bunyi binatang, dan lain sebagainya. 

  • Pilih yang Bisa Memotivasi Anak untuk Bergerak

Selain yang mengeluarkan suara, pilih juga mainan yang memotivasinya untuk bergerak

Misalnya, di usia 6 bulan, dia sudah mulai belajar merangkak. Maka memberikannya boneka kucing atau boneka anjing yang bisa berjalan bila ditekan bisa memacu ia bergerak untuk mengikuti mainan tersebut. Jika terlalu mahal, bola kain pun bisa dipilih. 

Baca Juga

Itu dia referensi untuk Anda yang sedang mencari mainan bayi 6 bulan. Jika Anda masih pertanyaan terkait mainan untuk bayi 6 bulan, permainan edukatif, pola asuh anak, atau masalah tumbuh kembangnya, Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Bayi Lebih Baik Tidur Tanpa Bantal, Benarkah?

Info Sehat
16 Jun

Panduan Merawat Bayi dengan Berat Lahir Rendah

Info Sehat
12 Jun

Gejala HIV pada Bayi dan Anak

Info Sehat
11 Jun

7 Fakta Menarik tentang Ari-ari Bayi

Info Sehat
29 Mei

Mengolah Beras Merah untuk MPASI

Info Sehat
20 Mei

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk