Punya Masalah Anemia, Coba Perbanyak Makan Buah Mulberry atau Murbei!

Cara mengatasi anemia bukan cuma makan daging merah, lho. Mengonsumsi mulberry atau buah murbei juga bisa membantu atasi masalah anemia Anda.
Punya Masalah Anemia, Coba Perbanyak Makan Buah Mulberry atau Murbei!

Klikdokter.com, Jakarta Orang yang kekurangan sel darah merah alias anemia pasti sering merasa lemas dan mudah lelah, ditambah wajah pucat dan kepala pusing. Untuk mengatasi anemia, banyak yang menganjurkan untuk makan daging merah. Tapi, bagaimana dengan mengonsumsi mulberry atau buah murbei? Efektifkah?

Berkenalan dengan Mulberry atau Buah Murbei 

Buah murbei memiliki rasa yang kecut manis. Warna dari buah tersebut juga beragam, ada yang putih, merah, dan hitam. Murbei putih memiliki rasa yang lebih manis ketimbang buah murbei hitam atau merah.

Selain itu, buah murbei kerap kali dijadikan bahan untuk membuat dessert (makanan penutup) atau ditambahkan ke yoghurt dan smoothie. Ya, tak cuma untuk memperkaya rasa, ini juga menambah asupan nutrisi Anda. 

Pasalnya, buah murbei kaya nutrisi penting dan telah terbukti memiliki beragam manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi kadar kolesterol jahat hingga menjaga kadar gula darah stabil. Murbei pun dapat dianggap sebagai buah untuk anemia.

1 dari 3

Apa Saja Nutrisi yang Terdapat dalam Buah Murbei?

Buah Murbei
loading

Murbei adalah buah dengan deretan nutrisi yang penting bagi tubuh. Tak heran, sebagian orang memanfaatkan buah mulberry untuk menjaga kesehatan, termasuk mencegah anemia. 

Dalam satu cangkir buah murbei antara lain terkandung:

  • 60,2 kalori
  • 13,7 gram karbohidrat
  • 2 gram protein
  • 0,5 gram lemak
  • 2,4 gram serat makanan
  • 51 mg vitamin C 
  • 10,9 mkg vitamin K 
  • 2,6 mg zat besi 
  • 272 mg kalium 
  • 0,1 mg riboflavin 
  • 1,2 mg vitamin E 
  • 25,2 mg magnesium 
  • 53,2 mg fosfor 
  • 54,6 mg kalsium 

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

2 dari 3

Bagaimana Buah Murbei Bisa untuk Mengatasi Anemia?

Buah Murbei
loading

Manfaat buah murbei memang bisa dirasakan oleh penderita anemia karena mengandung zat besi. Namun, kadar jumlah zat besinya tidak sebanyak daging merah.

Zat besi tersebut dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Hal ini membuat penderita anemia tak akan mengalami gejala yang mengganggu aktivitas. 

Kendati demikian, dr. Karin Wiradarma, M.Gizi mengatakan tipe zat besi di dalam buah murbei itu berjenis non-heme alias lebih susah diserap oleh tubuh.

“Belum lagi kalau tanamannya mengandung fitat, ini bisa mengikat zat besi dan malah jadi susah diserap oleh tubuh,” tutur dr. Karin kepada KlikDokter

“Kalau zat besi, paling bagus memang dari hewani, seperti daging merah atau hati. Mereka jenisnya heme iron, lebih mudah diserap tubuh. Tapi, kalau orang itu vegetarian atau sedang mengurangi daging, baru bisa diganti dengan buah murbei. Zat besi dalam buah murbei memang lebih tinggi dibanding tanaman lainnya.” 

Anda sedang mencari cara untuk mengatasi anemia, tapi tengah mengurangi asupan daging merah. Hal ini karena daging merah punya kadar kolesterol tinggi. 

Nah, buah murbei ini memang bisa dijadikan pilihan. Hanya saja, konsumsinya harus banyak dan rutin. 

Artikel lainnya Ini Bahayanya Jika Anemia Tak Ditangani

“Untuk yang vegetarian, suplemen dan juga vitamin B12 bisa rutin dikonsumsi. Karena buah murbei ataupun tanaman lainnya kan enggak mengandung vitamin tersebut (cuma ada di hewani),” dr. Karin menambahkan.

Bila Anda ingin membuat menu yang bisa mengatasi masalah kekurangan sel darah merah, Anda bisa membuat steak dan juga jus buah murbei. 

Pilih daging steak yang kadar lemaknya sedikit dan hindari penggunaan mentega secara berlebihan. Lebih baik, ganti dengan minyak zaitun.

Jangan lupa hidangkan juga sayuran panggang atau tumis. Sayuran berzat besi yang bisa Anda olah untuk pendamping daging steak Anda adalah bayam (bisa dibuat cheese spinach) dan kentang.

Lalu, buatlah jus buah murbei. Agar mirip-mirip red wine, pilih yang warna merah gelap, ya! Jus bisa disaring terlebih dahulu agar teksturnya benar-benar cair tanpa ampas.

Baca Juga

Satu hal lagi, hindari minum teh saat menyantap asupan berzat besi. Itu karena zat tanin dalam teh justru mengikat zat besi.

Itu dia penjelasan seputar manfaat buah murbei dalam mengatasi masalah anemia. Bila Anda masih punya pertanyaan tentang buah-buahan, makanan sehat, atau penyakit lainnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Risiko Anemia Akibat Cara Diet yang Salah

Info Sehat
08 Jun

Mengungkap Fakta Medis seputar Penyakit Thalasemia

Info Sehat
03 Jun

Mengenal Anemia Sel Sabit Lebih Dekat

Info Sehat
12 Mei

Alasan Mengapa Pria Rentan Lemas dan Kehabisan Energi

Info Sehat
14 Apr

Berat Badan Bayi Susah Naik, Jangan-Jangan karena Anemia?

Info Sehat
18 Feb

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk