Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Rayakan Ultah Anak Saat Pandemi COVID-19

Ulang tahun anak di masa pandemi kerap kali dilewatkan di masa pandemi Covid-19 ini. Tapi ternyata, merayakan ulang tahun si Kecil tetap penting!
Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Rayakan Ultah Anak Saat Pandemi COVID-19

Klikdokter.com, Jakarta Putri (bukan nama sebenarnya) sudah menantikan hari ulang tahunnya yang ke-6. Sejak lama, dia sudah berpesan pada orang tuanya untuk membuat perayaan di hari lahirnya itu. Namun, situasi pandemi COVID-19 dan physical distancing membuat orang tua Putri galau.

Mereka pun memutuskan untuk tidak menggelar perayaan ulang tahun Putri. Padahal, meski terdengar sepele, merayakan ulang tahun anak ternyata penting, lho! Apa alasannya?

Mengapa Ultah Anak Penting untuk Dirayakan?

Tak sedikit memang orang tua yang berpikir kalau tak mengapa ulang tahun anak tidak dirayakan.

Selain terkait physical distancing, hal yang sering jadi alasan antara lain biaya, waktu sudah mepet, dan ogah repot.

Padahal, apa pun alasannya, menurut psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi, merayakan ulang tahun anak adalah penting.

Manfaat merayakan ulang tahun anak bisa membuat mereka merasa betapa berharganya mereka. Dengan begini, anak-anak merasa bahwa dirinya sangat spesial karena ada yang menyayanginya.

"Anak akan merasa betapa berharganya dirinya atau keberadaannya karena dirayakan atau dihadiri oleh orang-orang terdekat, seperti kakek, nenek, paman, tante, sepupu, dan juga teman-temannya. Anak merasa jadi spesial karena merasakan bahwa orang sekitar menyayanginya," ujar Ikhsan saat dihubungi KlikDokter.

Memang semua kembali terhalang karena adanya pembatasan physical distancing. Perayaan ulang tahun saat pandemi akhirnya tidak bisa digelar lagi secara beramai-ramai.

Artikel Lainnya: Wajib Dipatuhi, Jangan Bawa Anak ke Mal saat New Normal!

1 dari 3

Ultah di Tengah Pandemi Virus Corona, Bagaimana Jelaskan ke Anak?

Ilustrasi Ultah Anak di Tengah Pandemi Virus Corona
loading

Kebanyakan anak mungkin sedih karena hari spesialnya tidak bisa dirayakan akibat physical distancing. Inilah tugas Anda sebagai orang tua untuk menjelaskannya kepada si Kecil.

Menurut Ikhsan, berilah pengertian pada anak-anak secara pelan-pelan. Jelaskan bahwa dalam masa COVID-19 ini, semua orang dilarang untuk kumpul-kumpul karena berbahaya.

"Jelaskan kepada anak sama seperti ketika jelaskan bahaya dari COVID-19. Beri pengertian kalau kali ini ulang tahun akan dirayakan oleh orang terdekat saja, yaitu keluarga. Jelaskan juga dampaknya jika terlalu ramai orang berkumpul dalam satu tempat dalam kondisi pandemi ini," saran Ikhsan.

Anak mungkin sedih dan kesal saat tahu teman-temannya tidak datang ke perayaan ulang tahunnya.

Nah, peran orang tua sangat besar untuk mengatasi kondisi ini agar mereka tidak berlarut-larut dalam kesedihan tersebut.

Ikhsan menjelaskan Anda sebaiknya temani dan menghibur mereka. Jelaskan bahwa ulang tahunnya tetap akan berkesan bersama keluarga terdekat.

Ingat, reaksi kesedihan itu wajar. Jadi, jangan paksa anak Anda untuk tidak sedih, biarkan saja, tapi tetap temani dan hibur mereka.

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Era Normal Baru

2 dari 3

Cara Perayaan Ultah Anak Selama Masa Pandemi COVID-19

Perayaan Ultah Anak Menggunakan Aplikasi Pertemuan Virtual Pada Masa Pandemi COVID-19
loading

Meski tidak bisa mengundang orang banyak dan juga teman-teman si Kecil, perayaan ulang tahun tetap bisa meriah dan seru, kok. Apalagi, sekarang kemajuan teknologi sudah sangat canggih.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi pertemuan virtual jika ingin tetap merayakan ulang tahun anak bersama teman-temannya.

Bersama si Kecil, Anda bisa menyusun daftar siapa saja teman-teman yang ingin diundang dalam perayaan ultah virtual-nya.

Hal ini sekaligus membantu si Kecil melupakan rasa kecewanya tidak bisa berkumpul dengan teman-temannya. Bahkan, bukan tak mungkin, ini akan menjadi pengalaman yang sangat seru dan berbeda bagi mereka.

Anda dan si Kecil juga bisa bersama-sama membuat kue dan mendekorasi rumah dengan balon dan pita, agar perayaan ulang tahun virtual semakin meriah.

"Jadi, prosesnya ulang tahunnya tetap bisa berlangsung, kan? Anak bisa tiup lilin disaksikan teman-temannya. Si Kecil juga senang kalau-kalau ada yang mengirimkan kado," tutur Ikhsan.

Baca Juga

Jadi, jangan sampai pandemi COVID-19 menghalangi Anda merayakan ulang tahun anak. Tetap ada cara, kok, supaya ulang tahun meriah dan seru, bahkan tidak terlupakan.

Anda butuh informasi terbaru terkait COVID-19? Anda bisa cek langsung di aplikasi KlikDokter. Selain itu, Anda juga bisa mengecek gejala coronavirus dengan cek risiko virus corona online dan rapid test dari KlikDokter.

(HNS/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Ini Aturan Penyembelihan Kurban saat Pandemi COVID-19

Info Sehat
10 Jul

Jawa Barat Sumbang Ratusan Lebih Kasus Virus Corona, Apa yang Terjadi?

Info Sehat
10 Jul

Kandungan Povidone-Iodine Dalam Obat Kumur Bisa Cegah Virus Corona, Maksudnya?

Info Sehat
10 Jul

Presiden Bolivia Jeanine Añez Dinyatakan Positif Terinfeksi Virus Corona!

Info Sehat
10 Jul

Coba Ikuti, Ini Cara Menggunakan Masker saat Musim Panas Tiba

Info Sehat
09 Jul

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk