Jangan Dihindari, Konsumsi Buah Anggur saat Hamil Menyehatkan, Lho!

Sempat diisukan menjadi pantangan ibu hamil, yuk coba cek kebenarannya tentang buah anggur dan manfaat anggur untuk ibu hamil.
Ibu Hamil Konsumsi Buah Anggur

Klikdokter.com, Jakarta Sudah jadi rahasia umum bahwa ibu hamil punya segudang mitos pantangan. Mulai dari tidak boleh kebanyakan makan nanas, minum kopi terlalu sering, hingga makan buah anggur.

Bicara soal anggur, memangnya benar, ya, kalau buah tersebut tak aman buat ibu hamil? Bukannya manfaat anggur untuk ibu hamil itu justru banyak?

Amankah Ibu Hamil Mengonsumsi Buah Anggur?

Soal aman atau tidaknya buah anggur dikonsumsi oleh ibu hamil, begini penjelasan dr. Arina Heidyana.

Menurut dr. Arina, anggur termasuk buah yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka, Anda tak perlu terlalu khawatir terhadap mitos tersebut.

“Anggur justru menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Pasalnya, buah ini tinggi zat antioksidan, asam folat, zat besi, vitamin C, vitamin K, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bumil. Jadi, manfaat mengonsumsi buah anggur saat hamil memang nggak main-main,” jelas dr. Arina.

Namun, dr. Arina juga mengingatkan ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi buah anggur secara berlebihan. Terlebih lagi, jika Anda adalah ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes atau terkena diabetes gestasional.

“Ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes atau diabetes gestasional, sebaiknya mengurangi konsumsi buah anggur. Hal ini karena bisa meningkatkan kadar gula darah mereka. Begitu pula dengan yang alergi anggur, sebaiknya jauhi buah ini,” jelas dr. Arina.

Ia pun menambahkan adanya kondisi lain yang harus diperhatikan, “Satu lagi, untuk ibu hamil yang sedang mengalami konstipasi parah, sebaiknya juga hindari makan buah anggur beserta kulitnya. Hal ini karena kulit anggur bisa semakin memperparah konstipasi (sembelit).”

Selama Anda tidak memiliki berbagai kondisi medis di atas, buah anggur aman-aman saja dikonsumsi oleh ibu hamil dalam jumlah yang sewajarnya.

Jika Anda memiliki kondisi medis yang sudah disebutkan tadi, lebih baik pilih asupan buah lainnya.

Artikel Lainnya: 8 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

1 dari 3

Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Buah Anggur
loading

Sementara itu, zat besi yang terkandung dalam anggur dapat mengatasi dan mencegah anemia saat hamil. Perlu diketahui, satu dari lima wanita hamil bisa mengalami anemia.

Biasanya, ibu hamil cenderung tidak menyadari hal itu meski gejalanya adalah lemas, pucat, pusing, dan memiliki napas yang pendek-pendek.

Saat hamil, janin yang dikandung membutuhkan zat besi untuk tumbuh. Untuk mencukupinya, janin akan mengambil persediaan zat besi pada tubuh ibunya.

Apabila si ibu mengalami anemia, kebutuhan zat besi janin kemungkinan besar tidak akan tercukupi. Risikonya, bayi lahir dalam kondisi anemia juga dan prematur.

Memang, sumber zat besi yang paling baik adalah daging merah. Kendati demikian, Anda juga bisa menambah asupan mineral tersebut dengan mengonsumsi buah anggur.

“Tak cuma mengandung zat besi, anggur juga mengandung asam folat. Asam folat juga bagus untuk perkembangan otak janin dan mencegah kecacatan,” tambah dr. Arina.

Selain dua hal tadi, sebenarnya masih ada lagi manfaat anggur untuk kehamilan. Misalnya saja:

  • Anggur memiliki sifat antiinflamasi. Buah ini dapat membantu mengontrol radang sendi dan asma yang bisa memperburuk kehamilan.
  • Antioksidan dalam anggur dapat menangkal radikal bebas dan mencegah infeksi.
  • Karena mengandung magnesium, anggur dapat meringankan gejala kram selama hamil.
  • Selama kehamilan, calon ibu bisa mengalami masalah jantung. Zat polifenol yang terkandung dalam anggur dapat melancarkan aliran darah ke sistem jantung.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Buah Blueberry untuk Ibu Hamil

2 dari 3

Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsi Anggur untuk Ibu Hamil?

Ibu Hamil Mengonsumsi Anggur
loading

Meski ada kondisi medis tertentu yang mengharuskan ibu hamil untuk mengurangi asupan anggur, kabar baiknya buah ini bisa dikonsumsi kapan saja. Maksudnya, aman untuk ibu hamil setiap trimester.

Mau pagi, siang, sore, atau malam pun, buah anggur dapat dikonsumsi, asalkan ibu hamil tidak sampai mengganti makanan utamanya dengan anggur.

Intinya, manfaat buah anggur untuk ibu hamil akan terasa apabila si ibu mengonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Selain itu, imbangi juga dengan sayur dan buah lainnya. Makin beragam asupan buah, sayur, karbohidrat, serta protein nabati dan hewani yang dikonsumsi, semakin besar pula manfaat yang dirasakan oleh si ibu.

Baca Juga

Itu dia penjelasan manfaat anggur untuk ibu hamil. Meski manfaat anggur untuk kehamilan itu oke, Anda harus tetap mendapatkan asupan gizi dari berbagai asupan sehat, ya!

Apabila masih ada pertanyaan seputar kehamilan ataupun masalah kesehatan lain, langsung saja Anda konsultasikan hal tersebut kepada dokter kami lewat fitur Live Chat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Saat Idul Adha, Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Info Sehat
31 Jul

Mengungkap Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil

Info Sehat
06 Jul

Waspadai Bahaya Ibu Hamil yang Kurang Gizi

Info Sehat
03 Jul

Bolehkah Ibu Hamil Makan Satai? Ini Faktanya

Info Sehat
30 Jun

Manfaat Madu bagi Wanita Hamil

Info Sehat
23 Jun

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk